Hiburan “Murmer” Untuk Anak

mancing yuk!
mancing yuk!

Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Bagi anak yang belum sekolah meskipun sehari-harinya kegiatannya adalah bermain di rumah tetap saja membutuhkan hiburan di luar rumah. Apalagi jika anak telah bersekolah, hiburan bagi mereka adalah refresing dalam rangka mengusir penat. Setelah satu minggu memeras otak.

Jaman sekarang mall adalah tempat refresing yang populer bahkan bagi anak-anak. Di mall beragam hiburan anak mudah didapatkan. Ada arena mandi bola, gamezone dll. Namun untuk bisa menikmatinya, harus merogoh kocek lebih dalam. Jika harus setiap minggu maka siap-siap saja dengan anggaran yang lebih besar.

Anak-anak setiap minggu saya ajak refresing. Untuk ke mall, hanya ada 1 kali jadwal di awal bulan. Sementara 3 minggu sisanya, saya carikan refresing yang ramah di kantong namun tidak mengurangi tujuannya yaitu agar anak-anak bisa bersenang-senang.

berenang itu asyik  foto:dokumen pribadi
berenang itu asyik
foto:dokumen pribadi

Berenang menjadi salah satu agenda rutin. Saya bersyukur, komplek rumah kami letaknya tidak jauh dari kolam renang, cukup jalan kaki 10 menit sudah sampai di kolam renang. Cukup dengan Rp 6000 di hari biasa dan Rp 7000 di hari minggu maka anak-anak bisa puas berenang. Meskipun harga tiketnya murah, kolam renangnya bersih. Selain itu di sana juga disediakan sarana bermain seperti kolam badut, papan seluncur, arena mandi hujan dll.

Alternatif lain adalah pergi ke arena Car Free Day (CFD), disana tersedia aneka hiburan dan permainan untuk anak-anak dan dijamin murmer alias murah meriah. Tiket untuk permainan berkisar antara Rp 3000 – Rp 5000.

naik odong-odong foto:dokumen pribadi
naik odong-odong
foto:dokumen pribadi

Bagi yang memiliki balita, ada odong-odong yang siap menemaninya bermain dan membuatnya tertawa gembira. odong-odong adalah satu jenis hiburan anak yang digemari anak balita. Selain keliling di kampung-kampung, odong-odong juga bisa ditemui di arena CFD.

Komidi putar juga tersedia di CFD, bagi anak-anak yang berani dan tahan diputar-putar ini bisa jadi hiburan yang menyenangkan bagi mereka.

naik delman istimewa foto:dokumen pribadi
naik delman istimewa
foto:dokumen pribadi

Pilihan lain adalah naik delman, berkeliling di seputar arena CFD. Keberadaan delman selain sebagai sarana transportasi ternyata bisa menjadi sarana hiburan anak-anak. Selain bersenang-senang anak-anak juga bisa bertambah pengetahuannya mengenai alat transportasi. Delman sebagai sarana hiburan juga bermanfaat untuk melestarikan keberadaan delman agar tidak hilang ditelan jaman.

Ada juga sarana memancing bagi anak-anak. Hmm, ikannya tentu ikan bohongan alias mainan ikan yang terbuat dari plastik. Sepintas permainan ini terlihat sepele tapi jangan salah, ini bisa melatih konsentrasi anak lho. Agar bisa menempelkan ikan di pancingan maka anak harus bisa berkonsentrasi. Air kolam yang terus bergerak sehingga “ikan-ikan” di dalamnya ikut berputar menuntut anak untuk bisa memusatkan perhatian agar bisa tepat menempelkan magnet ke paku pinus yang terdapat pada ikan.

yuhuui, ayo ikutan! foto: dokumen pribadi
yuhuui, ayo ikutan!
foto: dokumen pribadi

Bagi anak-anak yang lebih besar bisa menyewa otopet. Berotopet diantara kerumunan orang yang berjalan dan bersepeda menjadi kegiatan seru dan menantang. Jika khawatir dengan keselamatan anak bisa memilih tempat yang lebih lega.

Jika sedang tidak ingin pergi keluar, biasanya kami main bersama. Permainan sederhana seperti ulartangga pun bisa dijadikan pilihan. Selain menyenangkan, ini bisa jadi sarana menumbuhkan sportifitas pada anak. Siapa yang dapat ular harus mau turun dan siapa yang dapat tangga akan naik. Bisa juga sebagai sarana untuk mengenalkan resiko yang harus diterima tidak hanya dalam permainan namun juga dalam kehidupan.

Memberikan anak sarana hiburan ternyata tidak harus mahal. Cukup, melihat di seputar kita, memanfaatkan apa yang ada dan terjangkau. Yang terpenting anak bisa tersenyum bahkan tertawa lepas.

 

4 thoughts on “Hiburan “Murmer” Untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *