Tips Mengemas Ide dan Kreatifitas Marketing

Veronica Ratna Ningrum foto: Indscript Creative
Veronica Ratna Ningrum
foto: Indscript Creative

Mengemas cara marketing tak ubahnya seperti mengemas kado atau sebuah sajian, harus menarik bagi konsumen. Sebab, dalam marketing penampilan memiliki pengaruh terhadap nilai jual. Sebuah produk yang bagus, jika tanpa strategi marketing yang jitu maka tidak akan memberi keuntungan maksimal bagi sebuah bisnis. Sebaliknya, sebuah produk yang biasa saja tapi dikemas dengan apik, maka akan mampu membuat konsumen jatuh hati.

Dalam dunia bisnis, pebisnis yang tidak memahami seluk-beluk bisnis yang dia geluti,  kerap menuai kegagalan atau bisnisnya tidak mampu berkembang dengan baik. Sedangkan pebisnis yang berhasil biasanya, produknya mampu menjawab kebutuhan konsumen, selain itu bisa jadi produknya memiliki ‘sesuatu’ dibandingkan dengan produk yang lain. Pada akhirnya dalam dunia bisnis, pebisnis yang mampu mencetuskan ide seperti pebisnis yang lebih dulu melakukan alias sebagai pioneer akan sukses dibanding dengan bisnis yang dibuka hanya untuk ikut-ikutan.

Berkaitan dengan eksistensi sebuah bisnis, maka keunggulan produk menjadi hal pertama, kemudian bisa ditentukan strategi marketingnya. Seperti, bagaimana menggarap customer hingga meyakinkannya untuk membeli. Dalam hal ini ide dan kreatifitas amat dibutuhkan. Seorang Marketer, biasanya jeli dalam mengolah ide dan kreatifitas dalam memasarkan produk kliennya. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas maka sebuah produk akan tampil menarik dan diminati customer.

Berikut ini adalah tips  sederhana yang bisa Anda gunakan dalam mengemas ide dan kreatifitas dalam memasarkan produk Anda maupun klien Anda :

  1. Ketahui secara tepat apa kebutuhan konsumen. Pengetahuan ini penting dalam rangka menetukan hal yang akan dilakukan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan sebuah riset pasar yang bisa dilakukan sendiri, maupun melalui lembaga riset khusus bisnis. Hasil riset kemudian dianalisa dan digunakan dalam menentukan strategi marketing.
  2. Kemas produk menjadi spesial. Spesial adalah menjadikannya berbeda dengan yang lain atau mempunyai keistimewaan dibanding dengan produk yang lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan mengembangkan celah yang ada, berdasarkan hasil observasi terhadap produk serupa yang beredar di pasaran. Sehingga produk itu bisa tampil beda dan memiliki nilai tambah.
  1. Jaga kualitas produk. Ini merupakan hal penting yang harus terus menerus dilakukan oleh perusahaan. Jangan sampai loyalitas konsumen yang sudah terbangun menjadi turun gara-gara kualitas produk tersebut turun. Menjaga kualitas produk bisa dilakukan dengan cara melakukan inovasi produk dan menambah nilai manfaat bagi produk tersebut.

Demikianlah, tiga cara untuk mengemas ide dan kreatifitas marketing dari Veronica Ratna Ningrum.

Tentukan ide produknya, bersamaan dengan itu akan ada cara untuk mengemasnya dalam sebuah strategi marketing.
(Veronica Ratna Ningrum)

Personal Branding Agency, Indscript Creative

 

 

4 Replies to “Tips Mengemas Ide dan Kreatifitas Marketing”

  1. Umi ety mau usaha atau sudah buka usaha nih… apapun itu, semoga sukses dan berkah selalu.

    Salam dari saya di http://faridwajdi.com

    1. pengin buka usaha, masih menggodog ide, semoga terlaksana. Amin

  2. saya belum punya nyali buat jualan /wirausaha mbak 🙁

    1. hehehe, keberanian memang modal yg mahal. terimakasih Mba Rina, sdh baca

Leave a Reply