Rahasia Meraih Sukses Bisnis Kuliner

Veronica Ratna Ningrum foto: Indscript Creative
Veronica Ratna Ningrum
foto: Indscript Creative

Bisnis kuliner atau makanan adalah satu bisnis yang tidak ada matinya. Bukan hanya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia, namun adanya perubahan gaya hidup yang mendorong tumbuhnya bisnis kuliner. Sekarang ini banyak wanita bekerja di luar rumah, keterbatasan waktu telah membuat mereka tidak bisa menyajikan makanan untuk keluarga. Ditambah lagi banyak perusahaan membutuhkan makanan untuk para karyawannya. Dan adanya pergeseran gaya hidup tentang makanan, dari kebutuhan pokok menjadi kebutuhan rekreatif. Banyak acara kumpul komunitas, arisan, dan wisata kuliner menjadi trend akhir-akhir ini telah mendongkrak keberadaan bisnis kuliner. Diperlukan strategi agar bisnis kuliner bisa tumbuh dan meraih sukses.

Boomingnya bisnis kuliner telah membuat persaingan ketat, diperlukan strategi agar bisnis kuliner tersebut bisa bertahan dan sukses ditengah persaingan. Hal ini membuat pelaku usaha kuliner harus pintar menerapkan strategi bisnisnya. Strategi membidik pasar, penyajian produk yang unik dan teknis pemasaran yang tepat bisa membuat suatu produk makanan diburu orang.

Veronica Ratna Ningrum, adalah seorang konsultan marketing sekaligus pelaku bisnis kuliner. Dia memadukan antara bisnis kuliner dan keahlianya dalam mengemas sebuah program marketing. Paduan ini membuat bisnis kulinernya memiliki sesuatu yang beda dibanding dengan bisnis kuliner lainnya.

Sebagai pebisnis kuliner, Veronica telah sukses mengantar Vey Catering meraih sukses dengan beberapa klien besar. Dan kini, wanita berambut panjang ini, memadukan kesuksesannya tersebut dengan kemampuannya dalam marketing sebagai konsultan bisnis bagi pelaku usaha kuliner.

Veronica memiliki banyak konsep, solusi serta eksekusi strategi marketing untuk kliennya. Wanita yang memiliki hobi menyanyi ini mengatakan jika bisnis kuliner memang menjadi primadona. Munculnya banyak pesaing tidak perlu membuat pusing. Pesaing justru di jadikan pemicu supaya produk yang diciptakan itu lebih bernilai, lebih inovatif dan lebih diburu.

Wanita penyuka warna hitam ini memiliki cara pandang yang menarik, baginya pesaing adalah pemicu sukses. Bahkan menurutnya, adanya pesaing mengeluarkan produk yang sama dengan miliknya maka ambil sisi positifnya yaitu bisa mengedukasi pasar mengenai produk tersebut. Sedangkan mengenai produk mana yang akhirnya dipilih konsumen, hal itu merupakan hak konsumen sepenuhnya.

Untuk meraih pasar yang pas, Veronica yang saat ini tergabung dalam Personal Branding Agency, Indscript Creative, membeberkan rahasianya, yaitu strategi marketing yang menarik. Konsumen dalam memilih produk kuliner biasanya karena kualitas, rasa, dan popularitas. Namun, tidak sedikit juga memilih kuliner tertentu karena lokasinya yang strategis.

Tidak ada alasan untuk kawatir ketika muncul banyak pesaing bisnis Anda. Selain rasa, kemampuan promosi dan harga yang kompetitif maka kuncinya lainnya adalah harus pandai berstrategi, begitu tutur Veronica.

 

2 Comment

  1. bisnis kuliner itu bisnis yang menjanjikan, mak. apalagi kalo udah punya cabang banyak. mantap deh 😀 bisa panen uang hehe

    1. iya Mba ila, selain menjanjiakan juga menggiurkan..

Leave a Reply