Olah Marketing untuk Melesatkan Bisnis

Pelaku bisnis akan melakukan banyak cara agar produk mereka bisa laku di pasaran. Veronica Ratna Ningrum, seorang womanmarketer menekankan pentingnya Strategi Marketing. Menurutnya, ini merupakan hal mendasar yang harus mendapat perhatian para pelaku bisnis.

Veronica Ratna Ningrum foto: Indscript Creative
Veronica Ratna Ningrum
foto: Indscript Creative

Bagian marketing atau pemasaran merupakan bagian yang penting dan vital karena turut serta menentukan keberhasilan suatu bisnis. Marketing merupakan proses mendekatkan suatu produk yang telah  dihasilkan pelaku bisnis kepada konsumen. Tujuannya adalah agar produk bisa didapatkan dengan mudah oleh konsumen atau agar produk tersebut bisa  digunakan secara tepat oleh konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

Olah marketing untuk melesatkan bisnis dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari pihak produsen dan pihak konsumen. Dari pihak produsen jika ia memproduksi barang maka ada hal yang harus menjadi perhatian yaitu, kualitas produk, harga, tempat, hingga pola promosi.

Kualitas produk yang dijual harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam menentukan harga jual produsen bisa menentukan harga berdasarkan daya beli konsumen dan sesuai dengan manfaatnya, atau menentukan harga yang kompetitif dibanding dengan harga produk sejenis di pasaran. Jika tidak bermain di harga yang kompetitif maka positioning produk harus benar-benar kuat dalam menyasar target pasar. Tempat yang strategis harus dipilih oleh pelaku bisnis karena akan memudahkan akses konsumen dalam mendapatkan produk tersebut. Dan yang terakhir adalah promosi, ini akan mendekatkan produk ke konsumen sehingga konsumen bisa mengetahui benar tentang bagaimana produk itu, manfaatnya dan keunggulannya.

Dari pihak konsumen, ada satu hal mendasar yang harus dipenuhi pelaku bisnis agar konsumen tersebut bisa menjadi pelanggan setia. Hal itu adalah rasa puas dari konsumen. Pelaku bisnis harus berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta memberikan kenyamanan pada konsumen ketika menggunakan produk tersebut. Jika konsumen puas maka ia akan menggunakan lagi produk tersebut.

Semua hal tersebut harus diolah secara tepat oleh bagian marketing. Pola marketing yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu produk. Olah marketing seperti ini bisa melesatkan bisnis yang Anda miliki, begitu tutur womanmarketer yang tergabung dalam Personal Branding Agency, dari Indscript Creative.

Leave a Reply