Kisah-Kisah Moral, Merajut Cinta Ibu dan Ananda

Judul      : Kisah-kisah Moral, Merajut Cinta Ibu dan Ananda

Penulis  : Desi Muliana

Terbit    : Januari 2010

Tebal     : 64 Halaman

Penerbit: Sygma Exaamedia Arkanleema

Buku cerita yang mengajarkan pesan moral memang telah banyak beredar. Namun, buku cerita anak yang memiliki penyajian berbeda belum banyak. Salah satu buku itu adalah buku yang berjudul Kisah-kisah Moral, Merajut Cinta Ibu dan Ananda, karangan Desi Muliana. Buku ini unik karena disajikan dengan ilustrasi gambar yang berbeda yaitu menggunakan hasil kreasi dari kain felt.Kumpulan dongeng

Tokoh-tokoh dalam cerita diilustrasikan secara cantik dengan boneka dari kain felt, tidak hanya itu ilustrasi berupa gambar juga terlihat ceria, cocok untuk menarik perhatian anak-anak. Nilai lebih dari buku ini adalah menyertakan 4 tutorial membuat kreasi dari kain felt. Rupanya Sang Penulis memiliki misi untuk buku ini yaitu sebagai sarana untuk menjalin kelekatan lebih dalam antara ibu dan anak. Tutorial tersebut dimaksudkan sebagai panduan bagi ibu untuk bisa berkreasi bersama anak-anaknya. Tentu ini akan menjadi hal yang menyenangkan bagi hubungan ibu dan anak.

Dalam buku ini terdapat empat cerita yaitu “Polki Polkadot, Sapi Pemalu” , dalam cerita ini dikisahkan seekor anak sapi yang kerap menjadi bahan olok-olok temannya karena memiliki kondisi fisik yang berbeda dengan sapi pada umumnya. Si Polki, awalnya merasa sangat sedih, namun Sang ibu dengan bijaksana bisa menjelaskan kondisi yang dialaminya dan memberi dukungan agar Polki tidak lagi malu ketika diejek teman-temannya.

Cerita kedua berkisah tentang “Si Baju Pesta Yang Sombong”, pesan moral dalam buku ini dilustrasikan menggunakan baju-baju yang terdapat dalam lemari. Ada baju sekolah, baju tidur, baju pesta, baju main dan baju memasak. Masing-masing baju memiliki peran yang berbeda, melukiskan perbedaan peran dalam kehidupan nyata. Anak-anak diajarkan untuk rendah hati karena setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Yang tak kalah menarik adalah kisah berjudul “Petualangan Si Mut-mut Semut” dan “Kisah Robi Robot Sang Pahlawan”. Menyampaikan pesan moral melalui cerita tentu tidak membosankan apalagi jika diikuti oleh teladan kita sebagai orangtua. Anak-anak saya suka sekali dengan ceritanya. Hehehe, sampai rupa bukunya tak mulus lagi, penuh dengan keriput karena sering dibuka-buka.

Buku cerita ini sesuai untuk anak-anak usia 4 sampai 7 tahun. Selain mengajarkan nilai moral kepada anak-anak dan menjalin bonding yang kuat antara orangtua dan anak, buku ini juga bermanfaat untuk memupuk kreatifitas anak. Menarik bukan?

 

 

 

 

 

 

2 Comment

  1. pingin juga menghadiahkan buku ini untuk ponakan

    1. Silakan Mba Lisa, pasti ponakan mba akan suka baca buku ini.

Leave a Reply