Acer Srikandi Blogger 2013: Aktualisasi Berawal Dari Ujung Jari

berawal dari ujung jari gambar :123fr
berawal dari ujung jari
gambar :123rf

Saya tidak menyangka sebelumnya jika tarian jemari di atas keyboard membawa saya pada satu kata, yaitu aktualisasi. Dulu, saya pikir, jika ingin mengaktualisasikan diri, seseorang itu haruslah bekerja secara formal, ataupun aktif di organisasi sosial kemasyarakatan. Jadi bagi orang seperti saya, dengan predikat ibu rumahtangga yang seharian bekerja di dalam rumah, tidak ada tempat untuk mengaktualisasikan diri. Internet, telah mengubah persepsi saya, sekaligus memberi kesempatan pada saya bisa seperti perempuan lain, mengaktualisasikan diri, sebagai perempuan blogger.

Tuhan memang Maha Baik, disaat saya mulai merasa jenuh dan membutuhkan media untuk berekspresi, maka jalan untuk ngeblog terbuka. Pertama kali ngeblog,  saya menulis seputar kegiatan menyusui. Alasannya simple, saat itu saya sedang menyusui anak kedua, berbagi tentang ASI dan menyusui adalah hal yang paling mudah dilakukan. Sementara untuk curcol, jarang saya lakukan. Saya adalah orang yang tertutup (pada awalnya) sehingga tidak mudah bercerita tentang apa yang saya rasakan. Sekarang? kadar tertutupnya mulai berkurang, ini berkah ngeblog lho.

Dulu, saya tidak berani mengungkapkan apa yang ada di pikiran, cukup dipendam dalam hati. Saya selalu takut akan penilaian orang. Saat itu saya juga merasa sebagai pecundang. Disaat orang lain, telah menggenggam separuh dunia, sementara saya, belum menggenggam dunia bahkan untuk seperempatnya saja. Tapi sekarang, semua berubah, saya tidak lagi takut berekspresi. Saya berani mengeluarkan apa yang ada di pikiran melalui tulisan. Kini, saya merasa merdeka, bisa menjelajahi dunia dengan ujung jari, seluas yang saya bisa.

menjadi emak blogger gambar: 123rf
menjadi emak blogger
gambar: 123rf

Ketika rasa percaya diri mulai tumbuh maka saya memberanikan diri untuk mengikuti berbagai kontes blog. Walaupun jika ditilik dari hasilnya, belumlah memuaskan dari sisi prestasi. Tidak mengapa, ngeblog telah membuat saya rutin menulis dan mengenal banyak blogger. Ini telah membuat saya mendapatkan banyak inspirasi, tak hanya inspirasi menulis namun juga inspirasi kehidupan. Salah satu inspirasi yang saya dapat adalah ngeblog bisa dijadikan sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang asal tahu caranya dan konsisten ngeblog.

Mereka yang telah memberi saya inspirasi diantaranya adalah perempuan-perempuan blogger di Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB). Dari mereka saya belajar bahwa wujud aktualisasi seorang blogger tidak hanya melalui tulisan namun bisa juga berkontribusi secara nyata melalui kegiatan offline seperti workshop, seminar, pelatihan dan bakti sosial. Semua ini adalah masukan positif bagi saya untuk tidak lekas puas dengan apa yang telah saya kerjakan.

Ketika KEB menyelenggarakan Pemilihan Acer Srikandi Blogger 2013, yaitu ajang apresiasi bagi perempuan blogger yang mengaktualisasikan dirinya melalui kegiatan online maupun offline, saya pun ikut meramaikan menjadi salah satu pesertanya. Meskipun, lagi-lagi saya tidak berhasil dan hanya berada di 50 besar Srikandi Blogger 2013. Jangan salah, meski kalah saya merasa beruntung telah ikut serta karena sekali lagi saya berhasil menaklukan rasa minder saya.

Ajang ini mengusung tema, Srikandi Blogger: Aktualisasi Perempuan Blogger Di Era Digital. Setuju banget sama temanya, di era digital sekarang ini memang media aktualisasi menjadi bertambah luas. Cukup duduk di  depan komputer, laptop atau tablet, menulis apapun yang kita ingin tulis maka dunia pun terasa  dalam genggaman. Ibaratnya, bagi ibu rumahtangga seperti saya, kaki boleh terpancang di rumah tapi jiwa bisa berkelana melalui internet bahkan bisa pula menebar manfaat melalui tulisan.

Pemilihan nama Srikandi sebagai gelar dalam ajang ini bukan tanpa alasan. Srikandi adalah tokoh perempuan dalam dunia pewayangan Jawa, yang dikenal sebagai pejuang namun berhati lembut. Sebagai seorang pejuang Srikandi bersenjatakan panah dan busur. Nah, senjata para perempuan blogger tentu saja, komputer, laptop atau tablet. Jadi, gelar Srikandi tepat untuk menggambarkan sosok perempuan blogger.

salah satu senjata Srikandi Blogger gambar:123rf
salah satu senjata Srikandi Blogger
gambar:123rf

Ajang ini diikuti 150 peserta, setelah melalui seleksi administrasi maka di peroleh 50 besar Calon Srikandi Blogger 2013. Di tahap selanjutnya ke 50 peserta ini diberi tugas untuk menulis esai mengenai dirinya dan ajang Srikandi Blogger 2013.  Selain itu berpromosi di Facebook dan Twitter juga wajib dilakukan. Setelah melalui proses penilaian maka dipilihlah 10 orang peserta yang berhak menjadi Finalis Srikandi Blogger 2013. Kesepuluh finalis tersebut adalah Alaika Abdulah, Anazkia, Dina Begum, Diadjeng Laraswati, Eka Mayya, Nchie Hani, Myra Anastasia, Octaviani Nur Hasanah, Shinta Ries dan Winda Krisnadefa. Meraka adalah perempuan blogger dengan beragam profesi. Masing-masing eksis di dunia blogger membawa ciri khas masing-masing pada setiap tulisan di blognya. Tahap penjurian akhir diisi dengan sesi tanya jawab, dari sesi  ini dipilihlah siapa yang layak mendapatkan selempang Srikandi Blogger 2013.

10 finalis Srikandi Blogger 2013 gambar: kekenaima
10 finalis Srikandi Blogger 2013
gambar: kekenaima

Puncak acaranya adalah pada tanggal 28 April 2013, dimana gelar bergengsi tersebut akhirnya disematkan. Acara ini berlangsung meriah. Menurut salah satu Founder KEB, Mak Mira Sahid, acara Penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013 dirancang dari emak untuk emak dan oleh emak anggota komunitas ini. Jadi dari panitia dan pengisi acara, semuanya adalah emak dan atau putra-putrinya. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti monolog, drama, fashion emak, fashion anak emak,  dan menyanyi.

foto: Bpk. Dian Kelana
foto: Bpk. Dian Kelana

 

 Para Pemenang Srikandi Blogger Gambar : Mak Mira
Para Pemenang Srikandi Blogger
Gambar : Mak Mira
ini dia Acer Srikandi Blogger 2013 foto:Bpk Dian Kelana
ini dia Acer Srikandi Blogger 2013
foto:Bpk Dian Kelana

Dan akhirnya terpilihlah Mak Alaika Abdulah sebagai Acer Srikandi Blogger 2013, berhak membawa pulang 1 unit Acer Aspire F5-471PG, Paket Rinso dan kosmetika Wardah serta mendapat mandat sebagai Duta KEB di ajang ASEAN Blogger Festival 2013 di kota Solo. Untuk gelar Acer Srikandi Blogger kategori persahabatan jatuh kepada Mak Myra Anastasia, Mak Myra mendapat 1 unit Acer Aspire E1-471, Paket Rinso dan Kosmetika Wardah. Sementara Anazkia, mendapat gelar Acer Srikandi Blogger kategori Terfavorit mendapat hadiah berupa 1 unit Acer Aspire E1-471, Paket Rinso dan Kosmetika Wardah.

Selain itu ada kategori Life Time Achivement yang diberikan kepada Bunda Yati Rachmat, bunda yang satu ini masih aktif ngeblog meskipun usianya sudah sepuh (74 tahun), dan satu lagi gelar lainnya yaitu Blogger Inspiratif jatuh kepada Mak Haya Aliya Zaki. Bunda Yati dan Mak Haya mendapatkan hadiah 1 unit TV Samsung, Paket Rinso dan Kosmetika Wardah. Selamat kepada para pemenang, semoga bisa mengemban amanah dengan baik dan bisa terus memberi inspirasi bagi perempuan Indonesia lainnya.

Apa yang telah dilakukan oleh para  Srikandi Blogger 2013 berawal dari hal yang sama. Ya, semua memulai dari ujung jari mereka. Mengetik kata demi kata, menuliskan kalimat demi kalimat menjadi awal dari aktualisasi mereka di era digital. Sudahkah Anda memulainya? Siapa tahu Anda akan menjadi Srikandi Blogger berikutnya.

 

 

 

 

 

 

12 thoughts on “Acer Srikandi Blogger 2013: Aktualisasi Berawal Dari Ujung Jari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *