Optimalkan Perlindungan Kulitmu dengan SPF 15

Saya dan Matahari

Hubungan saya dan matahari, ibarat teman sekaligus musuh. Matahari buat saya dibutuhkan sekaligus dijuga dihindari, dibenci tapi dirindukan, begitulah kenyataannya. Sebagai ibu rumahtangga, saya amat membutuhkan matahari untuk menjemur baju, menjemur kasur juga bantal dan guling. Jika matahari bersinar, senyum saya pun mengembang karena baju-baju di jemuran bakal kering. Kasur, bantal dan guling hangat dan terasa lebih empuk ketika ditiduri. Sebaliknya jika matahari tak muncul, maka kegalauan melanda seisi rumah, karena baju-baju basah bakal menumpuk di jemuran. Aksi menyetrika baju yang masih setengah kering menjadi pilihan ketika stok baju bersih habis. Saat seperti ini saya jadi merindu matahari supaya kegalauan segera sirna.

Ketika matahari bersinar dengan riangnya dan saya harus beraktifitas di luar rumah, maka ini jadi permusuhan saya dengan matahari. Bagaimana tidak, panasnya sinar matahari terasa sampai ke kulit. Kalau sudah begini inginnya cepat-cepat bisa ngadem di dalam rumah. Yang membuat saya sebal karena sinar matahari mudah sekali membuat kulit saya kemerah-merahan. Jika terus menerus terkena sinar matahari maka bagian yang kemerah-merahan itu lama-lama jadi lebih gelap dari sebelumnya. Jika dilihat, warna kulit saya jadi belang, yang biasa terpapar sinar matahari menjadi gelap sedangkan yang biasa tertutup baju berwarna putih. Ih, jadi kaya lapis surabaya deh, bedanya kalau lapis surabaya itu enak, nah kalau belang kulit itu bikin ill feel.

Padahal setiap hari saya harus menjemput anak saya di sekolah. Pulang dari sekolah di atas jam 10.00, saat matahari mulai terik. Selain terik yang membuat kepanasan, sinar matahari di atas jam sepuluh juga mengandung Sinar UV. Sinar UV atau ultraviolet ini ternyata memberi sederet dampak buruk bagi kulit. Dampak yang paling ringan jika kulit terkena paparan sinar UV adalah kulit menghitam. Ini nih yang sering saya alami, kulit jadi belang (uneven skin tone).

Selain itu paparan Sinar UV yang mengenai kulit bisa terbakar (sunburn), ini menimbulkan rasa perih. Jika rasa perih ini tidak segera diatasi maka bisa menimbulkan ganggungan pada kulit lainnya seperti gatal bahkan bengkak. Kulit keriput dan penuaan dini (photoageing), noda hitam (freckles) juga disebabkan karena paparan Sinar UV. Bahkan, paparan Sinar UV dikabarkan menjadi penyebab kanker kulit. Hm, dampak buruk yang tidak boleh dianggap remeh bukan?.

Mengenal Musuh Bersama

Sinar UV adalah radiasi matahari dengan panjang gelombang bervariasi. Sinar UV dikenal ada beberapa macam diantaranya yaitu Sinar UV A dan Sinar UV B.

diagram 4

 

Nah, kedua sinar UV tersebut memang biang keladi berbagai masalah yang kerap menimpa kulit kita. Siapa sih yang ingin kulit jadi gelap, kusam, kemerahan-merahan, dan iritasi?. Pastinya, tidak ada yang mau, apalagi buat kita perempuan, dimana penampilan menjadi amat penting dalam bersosialisasi.

Harus ditangkal dong, akibat buruk sinar UV tadi. Lalu pakai apa menangkalnya? pakai payung? bisa sih, tapi kan kurang praktis, jika harus bawa payung kemana-mana. Lalu pakai  apa dong, yang bisa memberikan perlindungan optimal bagi kulit kita supaya tidak terkena dampak buruk dari Sinar UV tadi. Lazimnya kulit membutuhkan tabir surya. Dimana tabir surya yang bagus adalah yang berbentuk lotion, selain mudah diserap kulit, lotion tidak mudah hilang jika terkena air.

gambar : medicastore diolah by etyabdoel.com
gambar : medicastore
diolah by etyabdoel.com

Tabir surya itu mengandung SPF (Sun Protector Factor). SPF ini merupakan daya lindung tabir surya sebelum kulit menjadi kemerahan ketika terkena sinar matahari. Besaran SPF ditunjukan dengan angka, dimana angka ini bukan menunjukkan besaran radiasi yang bisa ditahan melainkan berapa lama lotion bisa menahan radiasi sinar UV.  Sekarang ini dikenal tabir surya dengan SPF 15, SPF 30, SPF 40 dan SPF 50.

Misalnya, kulit saya akan kemerahan ketika terkena sinar matahari selama 15 menit, dengan memakai SPF 15 makan efek kemerahan pada kulit saya bisa dicegah hingga 15×15 menit, sekitar 225 menit. Jadi, setelah 225 menit agar kulit tetap mendapat proteksi, lotion harus dioleskan kembali. Oh ya, daya perlindungan SPF 15 ini mencapai 94 persen.

Jika demikian, semakin besar angka SPF nya akan semakin bagus dong daya perlindungannya. Hmm, ternyata hal tersebut tidak berbanding lurus dengan angkanya lho. Jika SPF 15 mampu memberi perlindungan kulit hingga 94 persen bukan berarti SPF diatasnya bisa memberikan perlindungan dua kali lipatnya. Ternyata  daya perlindungan SPF diatas 40 hanya naik 1 persen saja. Ini berarti menggunakan lotion dengan SPF 15 saja sudah bisa memberikan perlindungan optimal bagi kulit kita. Nah, sekarang ketahuan deh, pentingnya SPF 15 bagi kulit kita.

Perlindungan Optimal dengan SPF 15

Beruntung, saat ini ada Marina Hand Body Lotion UV White extra SPF 15 yang bisa memberikan perlindungan optimal pada kulit. Manfaat Marina Hand Body Lotion UV White extra SPF 15 yang optimal melindungi kulit dari 94 persen sinar UV ini telah teruji secara klinis. Nah, dalam Marina Hand Body Lotion UV White extra SPF 15 ini mengandung:

extra spf 15 2

  • SPF 15, yang berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV B, sehingga kulit aman dari kemerahan, iritasi dan terbakar. Besaran SPF yang tepat itu tergantung lokasi serta aktifitas. Untuk orang Indonesia SPF 15 bisa optimal memberikan proteksi pada kulit dari Sinar UV B.
  • PA+ (Protection Grade of UV A), yang memiliki fungsi melindungi kulit dari dampak buruk paparan Sinar UV A sehingga kulit terhindar dari kerutan, penuaan dini, kusam dan gelap. Nah, besaran PA ini dilambangkan dengan tanda +. Semakin banyak tanda + nya berarti semakin lama bisa melindungi kulit dari radiasi sinar UV
  • Biowhitening Complex dari Yogurt dan Vitamin B3 dan Vitamin E. Yogurt dikenal kaya nutrisi yang mampu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit kenyal dan bersinar. Vitamin B3 mampu memperlambat pigmentasi kulit (perubahan warna kulit). Sedangkan Vitamin E merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan diri dan menjaga keremajaan kulit.

Cara agar kulit mendapat proteksi optimal dari dampak buruk Sinar UV:

  • Gunakan lotion dengan SPF 15, duapuluh menit sebelum beraktifitas.
  • Ulangi lagi penggunaan lotion setelah minimal 225 menit.
  • Lakukan setiap hari.

Saya pun lega, jika harus beraktifitas di luar rumah, seperti saat menjemput anak saya. Tak perlu kuatir lagi dengan belang di kulit. Kan sudah ada Marina Hand Body Lotion UV White extra SPF 15 yang akan melindungi kulit saya setiap hari. Ini bisa jadi pilihan siapa saja yang menginginkan bisa memiliki kulit putih, cerah dan tentu saja sehat. So, dapatkan perlindungan optimal kulitmu dengan SPF 15 sekarang juga.

 

Disclaimer: Isi tulisan di luar tanggungjawab PT. Barclay Tempo Scan Pacific dan Marina dengan semua asetnya

 

Sumber:
Marina UV White Extra SPF 15
Syarat.Memilih.Tabir.Surya
Aman Di Bawah Sinar Mentari
Beda UV Adan UV B
Tips Kulit Sehat:Kiat Jitu Memilih Tabir Surya
Sunblock Atau Sunscreen
Penyebab Kanker Kulit
Top 10 Makanan Yang banyak Mengandung Vitamin B3 (Niasin)
Sayuran Dan Buah Yang Banyak Mengandung Vitamin E

 

 

6 Replies to “Optimalkan Perlindungan Kulitmu dengan SPF 15”

  1. ..Hihi..aku banget Mak Ety..takut matahari..kalau jalan siang pasti pakai payung..^^

    1. Sayang Mak Didi, payungku ndak pernah awet..cepet banget rusaknya..eh payung yang awet mereknya apa?

  2. Wah jadi tau angka2 SPF.

    1. Yoi mba Arin, ikutan kah?

  3. Lama tak berkunjung di blog ini…

    #goodluck 😀

    1. Aih, kangen juga dikunjungi mba rahmah, makasih dah mampir.

Leave a Reply