Menulis Profil 2

cerita sampul Nakita
cerita sampul Nakita

Belajar menulis profil lagi nih, materi yang kemarin masih ada lanjutannya. Jika kemarin dibahas mengenai apa saja yang harus diperhatikan sebelum menulis profil maka sekarang dibahas tentang bagaimana menulis profil yang menarik. Tulisan yang menarik akan membangkitkan rasa ingin tahu pembaca sehingga pembaca tertarik untuk membaca sampai kalimat terakhir. Wuih, seru nih materinya. Lalu apa saja ya langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menulis profil?. Cekidot, langkah-langkah di bawah ini.

Menurut Rika Tjahyani, seorang freelance editor, dalam menulis profil, seorang penulis harus mampu meramu bahan yang dimiliki untuk menghasilkan sebuah tulisan yang enak dibaca. Ya, seperti makanan, jika enak kita tentu akan dengan senang hati menghabiskannya hingga gigitan terakhir. Begitu pula sebuah tulisan jika awalnya menarik maka pembaca tertarik membaca hingga akhir. Nah, agar sebuah tulisan profil itu menarik dan enak dibaca maka harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Buatlah Judul yang menarik (eye cathcing), judul yang menarik akan mampu mencuri perhatian pembaca. Jadi judul memegang peranan penting, karena judul inilah yang dibaca pertama kali. Contoh : Tina Talisa : Sempat Tak Tahan Aroma Tubuh Suami (diambil dari cerita sampul tabloid Nakita No.731/TH.XIV/1-7 april 2013) atau Si Pemalu dan Beringas dari Brooklyn (diambil dari Majalah Kartini No.2300/14-28 Juli 2011). Oh ya dalam membuat judul, ambilah sisi unik, khas dari sosok itu yang hanya beliau yang punya. Unik dan khas yang berasal dari dalam diri sosok tersebut. Mungkin di luar sana banyak sosok yang lebih hebat. Menariknya sebuah artikel profil itu tidak melulu soal kehebatan seseorang namun juga keunikan dan kekhasan orang tersebut.
  • Buatlah cacther, yaitu tulisan singkat di awal artikel biasanya 2-3 baris, yang menarik pembaca untuk membaca profil secara keseluruhan. Contoh : “Cantik, modern, dan berkelas. Siapa sangka dengan imej metropolitan yang disematkan kepadanya, keinginan dan impiannya dimasa mendatang terbilang sederhana, menjadi ibu rumah tangga yang dapat mengurus anak dengan baik” (diambil dari cover story Majalah Kartini No.2300/14-28 Juli 2011).
  • Buatlah intro pendek saja. Tujuan juga agar orang mau membaca tulisan yang kita buat, hingga selesai. Mba Rika mengingatkan bahwa menulis itu bukan untuk diri sendiri melainkan untuk dibaca orang lain jadi buat yang menarik. Bahan tulisan yang dijadikan intro bisa dipilih yang paling menonjol/menarik dari sosok yang akan ditulis. Contoh: Ketika melihat wajahnya yang menggoda di selembar kartu pos yang dikeluarkan Look Model Agency, sutradara Sentot Syahid langsung tertarik mengajak Endhita, bermain di film garapannya, Titik Hitam. Wajah wanita 27 tahun ini rupanya sangat cocok dengan karakter Riyanti, dst. (diambil dari cerita sampul Femina No.2/XXXI/9-15 Januari 2003).
  • Buatlah Sub judul pertama, isinya mengenai daya tarik dari sosok yang diangkat. Daya tarik yang berbeda, lain daripada yang lain. Apa kehebatan sosok tersebut, inilah yang diangkat di sub judul pertama. Mba Rika mengingatkan agar isinya jangan dangkal, agar orang tidak berkomentar negatif, misalnya: ya, segitu saja kok ditampilkan di profil. Nah, ini adalah tugas penulis untuk mengangkat sisi yang berbeda, menarik dan hebat dari sosok tersebut.
  • Buat sub judul kedua, isinya tentang sisi lain dari prestasi, tampilkan sisi manusiawi si tokoh, misal: bagaimana carnya membagi waktu untuk pekerjaan dan keluarga. Dengan mengangkat sisi manusiawi dari sosok tersebut, akan ada emosi atau jiwa dalam tulisan sehingga tulisan menjadi lebih hidup.
  • Jika dibutuhkan bisa dibuat sub judul tiga dst, tapi biasanya dua sub judul saja sudah cukup.
rubrik eksklusif majalah Kartini
rubrik eksklusif majalah Kartini

Nah, menulis profil sebaiknya ambil sisi yang paling menarik/menonjol saja ya, supaya tidak kepanjangan ataupun melebar kemana-mana. Kalau terlalu luas cakupannya bisa jadi kurang greget atau bahkan jadi seperti biografi. Asyik kan ilmunya? asyik deh pokoknya. Jadi tambah semangat belajar menulisnya. Ayo, sama-sama belajar menulis profil nih, siapa tahu bisa tembus media cetak, lumayan lho, nambah pemasukkan dan pengalaman.

 

10 Comments

  1. cputriarty

    June 11, 2013 at 10:51 pm

    Artikelnya benar-benar informatif khususnya pemula seperti daku ya Mak…sukses slalu 🙂

    1. Ety Abdoel

      June 11, 2013 at 10:53 pm

      Sama-sama Mba putri, saya juga baru belajar nih, menulis profil yang menarik.

  2. alaika

    June 11, 2013 at 11:04 pm

    Wah, ilmunya bermanfaat banget nih, Mak Ety. Trims for share yaaaa. Pengen belajar nulis profile yang menarik ah!

    1. Ety Abdoel

      June 11, 2013 at 11:09 pm

      You’rewelcome Mak Alaika, ayo sama-sama belajar.

  3. Sumarti Saelan

    June 12, 2013 at 12:50 am

    wah…aq bercita-cita profil q yg ditulis, minimal oleh anak q sendiri suatu saat mak…hahahaha #narsis

    1. Ety Abdoel

      June 12, 2013 at 6:08 am

      hahaha, cita-cita keren Mak Sumarti, semoga tercapai..

  4. rina susanti

    June 12, 2013 at 2:41 am

    info menarik mak ety, ngomong2 media mana yang menerima rubrik untuk profil :)) hehehe

    1. Ety Abdoel

      June 12, 2013 at 6:08 am

      menurut info, kompas dan harian analisa medan mba Rina. Eh, siapa tahu ada yang meng-hire untuk menulis profil di media karena tulisan kita bagus. ngarep.com hehehe

  5. Arifah Abdul Majid

    February 4, 2014 at 3:19 pm

    trims yaa mak bagi2 ilmunya ^^ mudah2an mak Ety semakin bagus n bermanfaat tulisannya..

    1. Ety Abdoel

      February 5, 2014 at 4:15 am

      Sama-sama Mba Arifah..semogabisa bermanfaat..Amin

Leave a Reply