Holiday Project 3 : Donat

taraaaa ini hasilnya
taraaaa ini hasilnya

Wah, teman-teman sudah mulai berpuasa kah?. Selamat menjalankan puasa ya, kalau saya baru berpuasa esok hari. Melanjutkan proyek memasak dalam rangka mengisi liburan anak-anak, maka hari ini saya akan mengupdate kegiatan mereka.

Sesuai dengan permintaan mereka tempo hari, bahwa mereka ingin membuat donat maka kegiatan selanjutnya adalah membuat donat. Tadinya saya sempat kawatir bakalan repot nih. Menguleni adonan donat kan membutuhkan waktu dan tenaga.

Sementara saya hanya punya mikser skala rumahtangga, jadi menguleni adonan donatnya ya memakai tangan. Untuk bagian ini anak-anak pastilah belum mampu.

Saya sempat menawarkan opsi lain tapi mereka tetap ingin membuat donat. Okelah, akhirnya saya kabulkan juga. Agar kegiatan membuat donat ini sukses, saya pun berbagi tugas dengan anak-anak.

Kegiatan menimbang bahan dilakukan anak-anak, tentunya dengan pengawasan dari saya karena anak-anak belum pintar membaca timbangan. Seperti biasa kedua anak saya pun harus bergantian menaruh bahan ke timbangan. Senangnya bisa melihat kedua anak saya kompak melakukannya.

Selesai ditimbang, bahan pun siap diuleni, nah ini bagian saya. Untuk menguleni adonan donat saya membutuhkan waktu 30 menit dengan tenaga yang penuh. Hehehe, sampai keringetan tapi tenang, dijamin tak ada keringat yang menetes ke adonan kok. Sebetulnya jika membuat donat adonan diuleni sampai kalis dan elastis.

Tapi selama ini saya belum berhasil membuat adonan hingga elastis, cukup sampai kalis saja. Walaupun tidak sampai elastis, donatnya tetap empuk kok. Selesai diuleni, ini waktunya untuk diistirahatkan adonannya selama 15 menit.

Selanjutnya setelah adonan mengembang adalah menimbang dan membentuk adonan menjadi bulatan. Saya yang menimbang adonan dan anak-anak bertugas membulatkan adonan dan menaruhnya di atas loyang dan diamkan lagi selama 10 menit.

Setelah mengembang adonan dibentuk seperti cincin dan letakkan kembali di atas loyang. Nah, ini tugasnya anak-anak. Selain bentuk cincin mereka juga membuat donat bulat yang diisi dengan coklat masak rasa strawbery.

Sebelum digoreng, adonan tadi masih harus menunggu beberapa menit lagi agar mengembang lagi gitu. Setelah siap, adonan pun digoreng, nah ini menjadi tugas saya. Sementara anak-anak mendapat tugas terakhir, yaitu menghias donat dengat coklat masak.

Horee, sudah jadi nih donatnya…….

jadi satu piring nih...
jadi satu piring nih, yang sempat kefoto, sebagian dah ludes

Kalau mau lebih simpel, kegiatan memasak yang ada disini atau disana bisa lho dijadikan alternatif.

 

 

17 thoughts on “Holiday Project 3 : Donat

  1. Wow..membuat kue bersama buah hati tentu asyik dan mendapatkan manfaat ganda ya jeng.
    Jika ditekuni tentu bisa menjadi lahan bisnis yang menggiurkan sekaligus memberi lapangan kerja bagi tetangga sekitar
    Terima kasih artikelnya
    Salam hangat dari Surabaya

  2. Paling nimat dan indah meilihat keakarban bersama buah hati dalam aktifitas bersama di rumah. Mereka bisa belajar berkreasi dalam membentuk bolu sebagai pembelajaran ya Mba.

    Salam wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *