Resensi di Koran Jakarta, 26 Juli 2013

Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada Pakde Abdul Cholik, yang telah memberi tali asih berupa buku berjudul “Blog Mini Penghasilan Maksimal. Bukunya bermanfaat banget buat saya yang sedang belajar ngeblog dan ingin bisa menghasilkan uang dari blog seperti yang dilakukan Pakde dan kawan-kawan blogger lainnya.

Beruntung, bukunya masih baru, terbit pada bulan Juni 2013 bo, langsung kepikiran untuk meresensi buku ini. Awalnya sih mau di publish di blog pribadi saja, tapi niat itu berubah. Saya pikir kenapa tidak kirim ke media massa saja, siapa tahu saya beruntung bisa dimuat. Kalau dimuat kan saya dapat honor, hehehe. Maaf, kalau pikirannya duit, sudah mau lebaran, jadi cari sangu buat mudik, wkwkwk.

Bukan semata karena honor sih, selama ini tulisan resensi saya belum pernah tembus di rubrik Perada Koran Jakarta, jadi penasaran gitu, ingin mencoba lagi. Dan akhirnya, tulisan yang dikirim tanggal 23 Juli 2013 itu dimuat hari ini, Jumat 26 Juli 2013. Walaupun tulisan saya diganti judulnya dan banyak dipotong, tapi saya senang akhirnya bisa dimuat juga. Tulisan saya sekitar 4000 karakter itu ternyata tinggal 2000 an saja.

 photo korjak pakde.jpg

Sedangkan yang di bawah ini adalah versi asli, sekitar 600 kata. Oh ya, sayangnya gambar cover buku tidak ditampilkan, padahal saya sertakan. Mungkin kualitas gambar yang saya kirim kurang memadai, jadi tidak dipasang.

Mendulang Uang dari Blog Mini

Judul Buku                  : Blog Mini Penghasilan Maksimal

Penulis                         : Abdul Cholik

Penerbit                       : PT. Elex Media Komputindo

Cetakan                       : 1, Juni 2013

Tebal                           : 94 hal.+ix

ISBN                           : 978-602-02-1369-9

 

Aktifitas ngeblog kini tidak hanya untuk menyalurkan hobi semata namun telah berkembang menjadi aktifitas yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi pemiliknya. Menariknya, tidak hanya uang rupiah saja yang bisa  dihasilkan dari blog bahkan juga uang dolar.

Make money from blogging menjadi aktifitas yang diminati banyak blogger sebagai sumber pendapatan yang menjanjikan. Hal ini bisa dilakukan dengan menjadi publisher atau penayang iklan. Jadi, blog menyediakan space khusus untuk advertiser memasang iklan di blog tersebut. Blog yang ramai dikunjungi tentu berpeluang besar untuk bisa mendapatkan iklan.

Selain itu seorang blogger bisa mendapatkan uang dari job review suatu produk atau jasa. Untuk mendapatkan job review, seorang blogger tentu harus memiliki kinerja yang baik sehingga menarik bagi perusahaan yang membutuhkan jasanya.

Agar bisa menjadi publisher maupun job rivewer, seorang blogger tentu harus memiliki blog dengan kinerja baik, seperti rutin di update, mudah diakses, tampilan blog sederhana dan tulisan mudah dibaca dan tentunya memiliki ranking yang bagus.

Namun, ada penyakit yang kerap menghinggapi para blogger yaitu tidak rutin mengupdate isi blog, alasannya karena keterbatasan waktu dan ide. Nah, memiliki blog mini bisa menjadi solusi jika ingin menghasilkan uang dari blog namun waktu dan ide terbatas.

Menurut Abdul Cholik, penulis buku Blog Mini Penghasilan Maksimal, yang disebut blog mini adalah blog yang berisi 20 hingga 30 artikel. Ini berbeda dengan blog yang rajin diupdate sehingga jumlah artikel bisa mencapai ratusan, (hal.1)

Meskipun mini, blog ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dengan syarat tertentu. Salah satu alasan sebuah blog dikunjungi adalah artikelnya selalu up to date, bisa karena selalu ada artikel baru yang dipublikasikan atau topiknya tidak basi sehingga selalu dicari dari waktu ke waktu.

Blog mini, meskipun jumlah artikelnya terbatas, jika topiknya tetap up to date maka berpeluang ramai dikunjungi sekaligus bisa menghasilkan uang. Selain topik yang selalu up to date, blog mini juga harus memiliki niche. Artinya sebuah blog mini harus memiliki topik yang spesifik, semakin spesifik topiknya akan semakin bagus dimata search engine, (hal 2).

Pemilihan niche suatu blog berkaitan dengan target pembaca blog, apakah target pembacanya adalah ibu rumahtangga, ibu baru, eksekutif muda, mahasiswa, pelajar, wanita karir, traveller dan sebagainya, (hal.10).

Dunia blog adalah dunia yang penuh persaingan, agar bisa bersaing dengan blog yang lain, blog mini harus dipromosikan dan dioptimasi. Tujuannya agar blog semakin dikenal luas dan tentu untuk menjaring pengunjung, (hal.17-20).

Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan uang dari blog mini. Beragam cara tadi memberikan alternatif pilihan bagi yang berminat membangun blog yang berpenghasilan, (hal.21-31).

Bagi yang ingin memulai membangun blog mini tetapi belum pernah membuat blog, buku ini memberi panduan dalam membuat blog gratisan maupun yang berbayar, (hal. 33-41).

Dalam dunia blog dikenal adanya situs-situs yang bisa menghasilkan uang. Dengan bergabung dengan situs-situs tersebut maka peluang mendapat penghasilan dari blog menjadi terbuka, (hal.42-85).

Sebagai buku panduan, buku ini cukup memberikan gambaran bagaimana membangun sebuah blog mini dan memaintenance nya agar bisa menghasilkan uang. Buku ini juga memberikan solusi bagi blogger yang memiliki keterbatasan waktu dan ide namun ingin mendapatkan uang dari ngeblog.

Tips dan trik di dalamnya telah dijalankan oleh penulisnya, seorang blogger yang berpengalaman dalam dunia monetize blog. Beliau memiliki beberapa blog yang telah menghasilkan uang baik rupiah maupun dolar.

Satu hal yang penting untuk diingat, bahwa membangun sebuah blog yang bisa menghasilkan uang bukanlah sesuatu yang instant apalagi sulap. Dibutuhkan waktu dan usaha yang memadai untuk mencapainya. Jadi menulislah dan nikmati maka uang akan mengikuti.

 

10 Comment

  1. Selamat untuk Mbak Ety, resensinya dimuat di koran…
    Selamat juga untuk PakDhe, bukunya masuk koran juga

    1. Terimakasih Pak Marsudiyanto.

  2. sy belum pernah kepikiran untuk monetize blog. blogging buat sy gak buat nyari duit, walau sebenernya bisa. tapi setelah baca ini, sy tertarik. emang maksimal berapa duit seh blogger indonesia pernah dapet duit dari blogger? alamat blogger apa? salam. *pengen tahu banget neh

    1. Salam Mas Rusydi, coba klik nama Pakde Cholik dalam artikel di atas, beliau yang menulis buku dan juga sudah berhasil memonetize blognya. Bisa juga baca link ini http://danforblogg.blogspot.com/2013/03/5-blogger-sukses-dari-indonesia.html

  3. Alhamdulillaah…, ikut senang saya Mbak, selamat yaaa….

    Ohya, mohon maaf lahir dan batin yaa. Selamat Idul Fitri.

    1. Terimakasih, sama-sama Pak Akhmad

  4. Congrat n keren banget mb Ety ini…jadi ngiri pengin kirim resensi 🙂

    1. Makasih Mba Putri…coba kirim aja Mba

  5. […] tentang profil Anazkia yang dimuat di Harian Analisa dan tentang bukunya Pak De Cholik, berjudul “RESENSI DI KORAN JAKARTA”.  Menarik bukan ?  Tulisan kita tayang, kawanpun […]

  6. tulisan yang infonya sangat menarik. Saya akan senang berbagi info dengan anda. cocoknya ikut kompetisi nulis disini http://www(dot)GoIndonesia(dot)com/kontes-seo

Leave a Reply