OPPO N1: Smartphone Untuk Menunjang Hobiku

Oppo N1

Sebagai emak yang hobi ngeblog, saya ingin sekali setiap postingan dilengkapi dengan foto milik sendiri yang bagus kualitasnya. Selama ini foto-foto yang saya miliki kualitasnya kurang bagus, maklum saya hanya memakai kamera ponsel 2 megapixel. Xixixi, jadul banget deh. Selain fotonya kurang jernih, kamera ponsel ini juga tidak bisa untuk memotret obyek yang bergerak. Jika dipaksakan, hasilnya gambarnya pun kabur. Pokoknya terbatas banget.

Mengutip kalimat yang pernah ditulis seorang kawan blogger, bahwa postingan tanpa gambar/foto itu ibarat sayur tanpa garam, hambar maka saya pun berusaha untuk menampilkan foto dalam tulisan saya.  Antara lain dengan meminjam foto/gambar dari sana sini untuk melengkapi postingan di blog. Beberapa foto bahkan saya paksakan tampil karena tak ada pilihan lain.

Coba lihat foto-foto yang akhirnya saya paksakan untuk tampil di blog saya!. Tidak jernih dan kurang tajam.

Saya pun berharap memiliki smartphone berkamera. Menurut saya smartphone berkamera lebih praktis dan fungsional untuk bisa menunjang hobi ngeblog. Smartphone bisa untuk sms,telepon, browsing, chatting dan memotret sekaligus.

Maka dari itu saya pun ingin sekali memiliki smartphone dengan kamera yang bagus kualitasnya supaya hobi ngeblog saya lancar jaya. Saya pun bisa semakin pede, karena foto yang dipakai itu milik sendiri dan keren punya.

Nah, bicara mengenai smartphone berkamera itu kan sudah bak jamur di musim hujan, banyak ragamnya. Masing-masing vendor ponsel berlomba-lomba mengeluarkan produk smartphone terbarunya. Duh, kalau sudah begini bakal pusing kan memilihnya. Diantara banyak pilihan ada smartphone dengan inovasi unik yang mencuri perhatianku.

Dialah Oppo N1, smartphone produksi Oppo Mobile, sebuah vendor ponsel dari negeri tirai bambu. Oppo Mobile sendiri merupakan bagian dari Oppo Elektronic Corp.Ltd yang berdiri tahun 2004. Oppo Electronic Corp Ltd. merupakan produsen berbagai peralatan elektronik seperti MP3 Player, Portable Media Player, LCD TV, Ebook, DVD dan Disc Player. Pada tahun 2008, perusahaan yang berbasis di Dongguan, Ghuangdong, Cina ini mulai merambah dunia smartphone.

Oppo Mobile memang rajin melakukan inovasi. Sesuai dengan tagline nya kali ini yaitu Return to Innovation maka Oppo Mobile meluncurkan  Oppo N1 sebagai smartphone pertama yang memiliki kamera yang bisa berotasi 206 derajat. Di Indonesia, Oppo N1 telah diluncurkan secara resmi pada tanggal 16 Oktober 2013.

Oppo N1 memiliki spesifikasi sebagai berikut:

2G Network  GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network  HSDPA 1900 / 2100
SIM  Micro-SIM
Dimensi  170.7 x 82.6 x 9 mm (6.72 x 3.25 x 0.35 in)
Berat  213 g (7.51 oz)
Type  IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran  1080 x 1920 pixels, 5.9 inches (~373 ppi pixel density)
Multitouch  Touch-sensitive area at the back (O-Touch, supports     long press, sliding and double tap)
Internal  16/32 GB, 2 GB RAM
Eksternal  Tidak
GPRS  Ya
EDGE  Ya
Speed  HSDPA; HSUPA
WLAN  Wi-Fi 802.11 ac/a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA,   Wi-Fi hotspot
Bluetooth  v4.0
NFC  Ya
USB  microUSB v2.0, USB OTG
Primary  13 MP, 4128×3096 pixels, autofocus, dual-LED flash
Feature  Rotating lens, geo-tagging, touch focus, face detection,   panorama, HDR, long exposure (up to 8s)
Video  1080p@30fps
Scondary  13 MP, 4128×3096 pixels, autofocus, dual-LED flash
OS  Color OS based on Android OS, v4.2 (Jelly Bean)
Chipset  Qualcomm Snapdragon 600
CPU  Quad-core 1.7 GHz Krait 300
GPU  Adreno 320
Messaging  SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser  HTML 5
GPS  with A-GPS support
Java  via Java MIDP emulator
Color  White
Battery  Li-Ion 3160 mAh battery

********************************

Yuk kita intip keunggulan dari Oppo N1 ini!

Smartphone yang satu ini memiliki keunggulan pada kamera yang bisa berotasi hingga 206 derajat. Kameranya bisa berputar ke depan, ke belakang, maupun ke atas. Berbeda dengan kamera smartphone lainnya yang hanya statis saja. Kemampuan rotasi tersebut tentu akan membuat pengambilan gambar akan semakin mudah dan hasilnya pun bagus.

kamera oppo n1

Tapi ada pertanyaan nih, jika kameranya sanggup berputar-putar seperti itu, apakah tidak mudah rusak?. Logikanya, jika sering berputar kan potensi untuk mudah aus itu menjadi besar. Ternyata hal ini telah diantisipasi, dengan dipasangnya penahan kamera untuk berputar yang telah diuji hingga 100.000 kali dengan berbagai posisi. Hasilnya, penahan kamera berputar ini awet hingga 7 tahun dengan putaran perharinya sebanyak 40 kali.

Beginilah kamera berotasi Oppo N1 dibuat

Lensa dari kamera rotasi ini terdiri dari 6 lensa yang disebut sebagai N Lens. Ini diklaim sebagai produk smartphone pertama yang menggunakan teknologi N Lens. Kamera ini memiliki kekuatan 13 Megapixel dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash yang mampu membuat hasil gambar jernih dan tajam. Selain itu aperture yang lebar yaitu sebesar f/2.0 yang memungkinkan untuk bisa memotret dalam kondisi sedikit cahaya atau bahkan dalam kegelapan dengan hasil prima.

Coba bandingkan, foto dengan kamera Oppo N1 dengan foto yang di atas tadi!. Jauh kan bedanya.

Menurut teman saya yang hobi fotografi, memotret itu adalah aktifitas menangkap momen yang sulit terulang. Jadi harus cepat, karena bisa jadi momen yang akan diabadikan itu terjadi hanya dalam hitungan detik. Untuk itu dibutuhkan kamera yang siap memotret dengan cepat. Jika harus ribet dulu dengan cara mengoperasikan kamera, bisa-bisa kehilangan momen itu. Nah, kamera rotasi ini memiliki kecepatan bidikan 0,6 detik. Rotasi kamera pun bisa menjadi mudah dengan 120 derajat sehingga bisa siap dengan cepat untuk memotret. Mengabadikan momen pun menjadi lebih mudah bukan?.

Hal lain yang menarik adalah desainnya yang simple namun elegan. Body nya dibuat berlapis dengan warna putih yang cantik dan bagian belakang dibuat melengkung membuatnya nyaman untuk digenggam. Meskipun berwarna putih bodynya tidak mudah kotor dan tidak akan meninggalkan bekas sidik jari. Ini berkat cat yang digunakan adalah cat silky texture. Smartphone ini memiliki layar berukuran 5,9 inci dengan tipe IPS LCD. Sedangkan bodynya memiliki ukuran 170.7x 82.6x 9 mm dengan berat 213 gram.

body oppo n1

Inovasi lainnya adalah fitur O-Touch panel yang membuat pengguna bisa mengoperasikan smartphone ini hanya dengan sentuhan jari. Bisa untuk mengatur volume, menscroll layar bahkan mengambil foto. Dengan fitur touchpad seperti ini layar bisa disentuh dengan menggunakan jari. Bisa dengan satu, dua bahkan tiga jari. Sensitivitas dari layarnya juga baik, dengan sentuhan lembut fitur sudah bisa diaktifkan.

Selain layarnya yang bisa dioperasikan dengan sentuhan jari, bagian punggungnya juga bisa digunakan untuk mengambil foto. Dengan sekali sentuhan maka kita bisa menangkap obyek yang akan difoto.

o- touch panel
o-touch panel

Tidak kalah menariknya adalah smartphone ini dilengkapi dengan O-Click, alat kecil  yang berfungsi sebagai remote control. Dengan alat ini maka memungkinkan untuk mengambil foto dengan jarak 15 meter. Yang terpenting hasil fotonya tetap tajam dan jernih.

O-Click juga berfungsi sebagai alarm yang akan membantu kita untuk menemukan Oppo N1. Kadang kan kita suka lupa menaruh smartphone, nah dengan O-Click ini kita tidak perlu repot mencarinya, tinggal tekan O-Click nya. Tidak perlu juga miscall untuk menemukan smartphone yang ketlingsut alias nyelip entah dimana.

Dengan sederet inovasi yang menarik, membuat saya pun tertarik memiliki Oppo N1. Ada tiga alasan yang membuat saya memerlukannya untuk menunjang hobi ngeblog.

Pertama, fungsinya yang mendukung aktifitas ngeblog. Browsing, dan kadang chatting dibutuhkan ketika saya harus mencari materi untuk tulisan. Nah smartphone Oppo N1 telah mengkover kebutuhan saya akan hal tersebut. Bentuknya yang lebih kecil dari laptop membuat aktifitas browsing bisa dilakukan dimana saja, bahkan dilakukan sambil berdiri.

Kedua, kamera berotasi dengan kekuatan yang mumpuni mampu menghasilkan foto yang tajam dan jernih. Ini akan membantu saya dalam mengambil foto untuk keperluan tulisan saya. Kemampuan fotografi yang minim akan terbantu dengan kemampuan kamera berotasi sehingga sayapun bisa mengambil foto dalam berbagai angle. Dan yang menyenangkan, foto yang dihasilkan tajam dan jernih, beda deh dengan foto-foto saya selama ini.

Ketiga, panel O-Click yang bisa membantu saya dalam mengambil gambar dalam jarak 15 meter. Kebutuhan ini muncul saat saya harus memotret namun tidak bisa dekat dengan obyek, misalnya saat harus memotret namun membelakangi tamu undangan. Ini yang membuat saya seringkali sungkan untuk memotret. Jika memakai Oppo N1 maka saya bisa leluasa memotret tanpa harus merasa risih dan sungkan.

Jadi, bagiku Oppo N1 adalah smartphone yang membuat hobi ngeblog jadi asyik. Postinganku akan dihiasi foto-foto berkualitas bagus. Hal ini tentu akan membuat tampilan blogku menarik.

Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Blog Aku dan Oppo N1

14 thoughts on “OPPO N1: Smartphone Untuk Menunjang Hobiku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *