Menikmati Keindahan Masjid H Bayumi Wahab

bayumiBerkunjung ke sebuah masjid pada umumnya untuk melakukan ibadah sholat semata. Tidak demikian halnya ketika mengunjungi Masjid H Bayumi Wahab. Sebuah masjid yang terletak di jalur lintas timur sumatera ini memiliki pesona yang memikat. Tidak hanya dari arsitektur bangunan masjid namun juga landscape yang indah dan tertata rapi serta kebersihan lingkungan masjid terutama toilet yang jempolan.

Masjid H Bayumi Wahab dibangun diatas tanah seluas 1 hektare. Masjid ini merupakan wakaf pribadi dari keluarga pengusaha Palembang. Nama Bayumi Wahab merupakan salah satu pengusaha besar di kota Pempek. Ia mewasiatkan kepada putra-putrinya untuk membangun sebuah masjid di kampung halaman istrinya di desa Tanjung Sejaro, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

nyata megahnya, rapi halamannya
nyata megahnya, rapi halamannya

Jika dilihat dari segi arsitekturnya, Masjid H Bayumi Wahab merupakan perpaduan antara seni arsitektur tradisional dan moderen.  Hal ini bisa dilihat dari bentuk atap masjid ini yang mengadopsi bentuk atap rumah tradisional Palembang yang berbentuk limas, lengkap dengan ukirannya. Sedangkan sisi moderennya bisa dilihat dari material yang digunakan berupa keramik dan tehel yang berwarna putih serta adanya taman yang tertata rapi, mengelilingi masjid.

Masjid H Bayumi Wahab juga dilengkapi dengan menara setinggi 28 meter. Tak mengherankan jika masjid ini nampak megah. Dana yang dihabiskan untuk membangun masjid ini mencapai 10 miliar rupiah.

menara yang menjulang
menara yang menjulang

Letaknya yang tepat di jalur lintas timur sumatera membuat masjid ini sebagai tempat singgah yang nyaman. Selain bisa melaksanakan sholat, pengunjung juga bisa menikmati keindahan di sekitar masjid. Seringkali pengunjung menghabiskan waktu untuk berfoto-foto. Bahkan ada pula yang memanfaatkan halaman masjid yang indah ini untuk foto pre wedding.

Tak salah memang taman di sekeliling masjid didesain begitu cantik. Rumput dan tanaman terawat dengan baik. Di beberapa sudut taman terdapat pula pohon kurma menambah kental nuansa keindahannya.

banyak momen dilewatkan di sini
banyak momen dilewatkan di sini

Hal lain yang menarik adalah toilet yang bersih. Tak ada aroma yang mengganggu penciuman. Mungkin karena masjid ini milik pribadi ya, jadi telah ada petugas kebersihan yang selalu siaga membersihkan toilet. Tak hanya itu,  petugas keamanan juga ada di sini, jadi tak perlu kawatir dengan kendaraan yang di parkir. Kelebihan lain adalah tempat parkir yang luas, bisa menampung banyak mobil dan motor.

Aku sendiri merasa beruntung, pernah tinggal di Indralaya, sebuah kota kecil ibukota dari Kabupaten Ogan Ilir. Jarak rumah dan masjid yang tidak jauh membuat aku sekeluarga sering menghabiskan waktu bersama di masjid ini. Di sini anak-anak biasa bermain, berkejaran, menikmati senja dan tak lupa berfoto ria.

viewnya cakep buat foto-foto
viewnya cakep buat foto-foto

Kebersamaan aku dan keluarga di masjid ini adalah momen yang ingin selalu dikenang. Ada tawa dan keceriaan kami. Kebahagiaan yang didapat dari hal-hal sederhana. Berkumpul dan bercengkerama di hamparan rumput hijau sambil mengagumii kebesaran Illahi atas ciptaannya yang begitu sempurna.

Jika maghrib tiba maka aku sekeluarga menunaikan sholat maghrib bersama pengunjung yang lain. Ini wisata sekaligus penanaman kebiasaan beribadah. Mengenalkan Alloh melalui keindahan ciptaannya amat mudah dilakukan di masjid ini.

Jika anda melakukan perjalanan darat melalui jalur lintas timur sumatera melewati Indralaya dan butuh tempat singgah maka Masjid H Bayumi Wahab bisa dijadikan pilihan yang tepat. Masjid ini tepat berada di pinggir jalan raya km 38, jika dari arah Lampung masjid ini berada di sebelah kiri Anda. Tidak susah untuk menemukannya.

indah bukan?
indah bukan?

Perjalanan boleh saja jauh namun ibadah sholat juga harus tetap dijalankan. Selamat singgah dan menikmati keindahan Masjid H Bayumi Wahab.

11 thoughts on “Menikmati Keindahan Masjid H Bayumi Wahab

      1. Subhanalah..saya sangat betah berlama lama
        di rumah Allah yang sangat menawan
        ini apalagi saat bulan ramadhan…semoga berkah
        untuk semuanya termasuk yg meramaikan masjid ini amin..

  1. Assalam. Saya dari Malaysia. Adakah puan ini dari keluarga Arwah Pak Bayumi Wahab. Saya ingin berhubung dengan anak anak keluarga allahyarham Pak Bayumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *