Rubrik Perada Koran Jakarta, Rabu 6 November 2013

Alhamdulilah, untuk kedua kalinya resensiku di muat di Koran Jakarta edisi Rabu 6 November 2013. Buku yang kuresensi kali ini adalah buku karya Jonih Rahmat yang berjudul “Buku Tentang Kebaikan”. Buku ini berisi kisah inspiratif tentang perbuatan baik yang bisa diwujudkan dalam banyak hal. Kisah yang diceritakan dalam buku ini adalah cerita keseharian.

Dalam banyak cerita, kejadiaan amat akrab di lingkungan kita. Seperti merelakan tempat duduk di commuter line untuk orang yang lebih membutuhkan. Menolong tetangga yang kesusahan. Berprasangka baik pada orang lain dan menghindari merasa paling benar, dan masih banyak kisah lainnya.

Kita mungkin sering merasa berat berbuat baik pada orang lain. Padahal, berbuat baik itu tidak selalu membutuhkan energi yang besar. Ada banyak hal sederhana bisa kita lakukan. Dalam buku ini disebutkan pula, bahwa memasukkan rasa bahagia pada hati orang lain itu sudah termasuk perbuatan baik.

 photo 1209265_733428603348187_675933775_n-151x300.jpg

Begitu juga ketika kita menyingkirkan duri  yang ada di jalan. Bukankah hal yang tidak memberatkan jika kita menyingkirkan duri dari jalan agar orang lain tidak terganggu perjalanannya?. Hal kecil bukan?. Meski kecil hal ini sungguh bermanfaat bagi orang lain.

Pernahkah dalam kehidupan kita, memilih-milih dalam berbuat kebaikan. Si A itu nyebelin, nggak mau ah berbuat baik sama dia. Atau juga dia kan nggak seagama sama aku, jadi ngapain juga berbuat baik sama dia. Dalam Buku Tentang Kebaikan ini kita disadarkan bahwa berbuat baik itu bisa melintasi perbedaan yang ada seperti perbedaan suku, status sosial, usia dan juga agama.

Buku ini enak dibaca, bahasanya sederhana sehingga mudah dipahami. Selain itu buku ini juga ditulis dengan santun, tidak menggurui atau bahkan menghakimi. Ada beberapa kisah yang menyoroti peristiwa yang terjadi di negeri ini namun bisa ditulis secara halus dan tidak nyinyir. Tepatlah jika buku ini diberi judul Buku Tentang Kebaikan karena isi dan cara penyampaiannya sangat mencerminkan judulnya.

 photo 208db4e3-f52a-4152-a4b5-8b8c0edfdee7.png

5 Replies to “Rubrik Perada Koran Jakarta, Rabu 6 November 2013”

  1. selamat Mak.. aku kenal mak ety juga dari twitter yang suka share kalau tulisannya sering dimuat di media 🙂

    1. Makasih Mak Sari, semoga bermanfaat. Memanfaatkan socmed Mak untuk promo blog..

  2. Sebaiknya kita memperbanyak berbuat baik ya jeng. Kebaikan itu Insya Allah akan kembali kepada kita.
    Salut atas kerajinannya menulis resensi buku di media
    Semoga saya bisa menyusul jejaknya

    Salam hangat dari Surabaya

    1. Betul Pakde, berbuat baik itu tak pernah merugi. Pertolongan yang kita dapat kadang karena kebaikan kita di masa lalu.Soal rajin masih harus ditingkatkan Pak de..Semangat kadang turun naik. Semoga bisa semakin produktif. Salam hangat dari Karanganyar.

  3. Jonih Rahmat says: Reply

    Trm ksh ya, telah berkenan meresensi buku saya. itu adalah buku ke-2. Buku pertama MALAIKAT CINTA, ketiga BAHAGIAKAN DIRIMU DENGAN MEMBAHAGIAKAN ORANG LAIN, keempat SAYANGI YANG DI BUMI, ENGKAU AKAN DIKASIHI OLEH YANG DI LANGIT. Semuanya diterbitkan Gramedia.
    Salam,
    jr

Leave a Reply