Holiday Project 4: Berkreasi dengan Playdough Buatan Sendiri

liburLiburan sekolah telah datang. Anak-anakku pun senang. Mereka sih liburan ini ingin berenang di kolam renang belakang komplek. Tapi, cuaca beberapa hari ini tidak mendukung untuk berenang. Seharian bawaannya mendung terus, sebentar gerimis, sebentar hujan, begitu terus. Daripada bete karena nggak bisa kemana-mana akhirnya aku pilihkan aktifitas buat mereka. Aktifitas indoor tentunya, hitung-hitung bermain sambil belajar gitu. Nah, pilihanku jatuh pada playdough. Kalau bermain playdough sebenarnya sih sudah biasa tapi kalau playdoughnya dibuat sendiri, ini belum pernah dilakukan anak-anakku. Sebelum kuutarakan ideku sama anak-anak, aku telah lebih dulu mencari informasi tentang bahan yang diperlukan untuk membuat playdough berikut cara membuatnya. Bagaimana reaksi anak-anakku dengan ide membuat playdough sendiri? asyeek, mereka antusias bahkan tak sabar ingin segera melakukannya. Setelah mencari kesana kemari akhirnya pilihan resep playdough jatuh pada resep di blog ini. Alasannya sih, dari penampakkannya tekstur playdoughnya bagus. Selain itu, si pemilik blog memiliki kreasi playdough yang keren. Bagi teman-teman yang ingin mencoba berkreasi dengan membuat playdough sendiri, resep berikut bisa dicoba. Bahan:

  • 2 gelas tepung terigu
  • 1 gelas garam halus
  • 1 gelas air
  • 2-3 sdm minyak
  • 2 sdm maizena
  • pewarna makanan sesuai kebutuhan

Cara Membuat:

  • Campur terigu, garam, dan tepung maizena. Beri air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan lembut.
  • Beri minyak sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga kalis
  • Bagi beberapa bagian dan beri pewarna
  • Masukkan kedalam kantong plastik dan simpan di tempat sejuk.

Kalau ingin mendapat inspirasi kreasi playdough yang lain, bisa dikunjungi blog berikut ini. Kreasinya kece abis deh. Anak-anakku tertarik membuat Shaun The Sheep, seperti yang ada di blog itu. Idenya boleh saja sama tapi hasilnya beda lho qiqiqi. Inilah momen-momen kerjasama kedua putriku.

saatnya belepotan
saatnya belepotan

Jika sudah kalis, playdough bisa diberi warna sesuai kebutuhan.

untuk membuat rumput
untuk membuat rumput

Anak-anakku mulai mengaplikasikan playdough sesuai dengan tema yang mereka ingin buat yaitu Shaun The Sheep.

menanam rumput
menanam rumput

Badan-badan Sheep mulai dibuat, juga tanahnya.

seruuu lho
seruuu lho

Ini dia hasil kerja kedua putriku..

taraaa
taraaa
ayo, berkreasi dengan palydough
ayo, berkreasi dengan palydough

Dengan aktifitas seperti ini, liburan di rumah jadi menyenangkan. Oh ya sebagai alternatif, ada juga aktifitas mengisi liburan lainnya seperti memasak bersama. Silahkan bisa dipilih, mau yang ini, yang itu, atau yang terakhir.

Tunggu aktifitas kami selanjutnya ya..

13 Comment

  1. wahh… kreatif banget… Kalo kayak gini, anak2 jadi ga bosen ya.. 🙂

    1. Alternatif liburan murmer Mba Riski….

  2. cara agar anak betah di rumah 😀

    1. Betul Mba Dwi, bermain sambil belajar..

  3. […] pun terus berlanjut. Setelah kemarin berkreasi dengan playdough buatan sendiri yang bisa dibaca disini maka hari ini anak-anak kuajak untuk melakukan percobaan ilmiah […]

  4. […] Kegiatan mengisi liburan ini telah dilakukan beberapa kali, bisa dilihat selengkapnya disini, atau disini, atau yang satu […]

  5. Aku gak bisa menemani liburan seperti ini..hiks…jadi pas hari minggu aja atao tanggal merah, paling ngajarin berkebun..atau apa yang gak membutuhkan waktu lama.. 🙁

    1. Nggak papa Mba Lies, yang penting bisa bersama anak-anak. Soal kegiatan yang dilakukan itu sih dipilih dan disesuaikan saja dengan kondisi.

  6. Izin menyimak saja dulu, salam wisata pulau tidung.

  7. […] Kegiatan mengisi liburan ini telah dilakukan beberapa kali, bisa dilihat selengkapnya disini, atau disini, atau yang satu […]

  8. Belajar Kreatif emang jaman sekarang, Salam.

  9. Kepulauan Tidung says: Reply

    Salam Wisata Indonesia.

  10. […] akhirnya ketemu juga idenya. Setelah kemarin membuat kartu pop up, membuat gunung meletus, berkreasi dengan playdough, membuat donat, puding dan pisang selimut coklat maka sekarang anak-anakku akan membuat hiasan […]

Leave a Reply