Ngebaso di Bakso Kadipolo

bakso kadipoo1Bakso memang disukai banyak orang. Dimana-mana, mudah menemui makanan yang satu ini. Mulai dari pinggir jalan hingga mall, pasti ada penjual bakso. Solo memang terkenal sebagai kota bakso. Mau bukti?

Dulu waktu SMP punya teman, ayahnya seorang penjual bakso dan beliau itu asalnya dari Solo. Ternyata nggak cuma ayah temanku saja. Penjual bakso yang terkenal enak di tempatku baik yang mangkal maupun keliling itu orang Solo. Eh, waktu tinggal di Palembang ketemu lagi sama penjual bakso yang laris manis juga orang Solo.

Nah, sudah tinggal di dekat Solo mosok nggak nyobain bakso yang sudah kondang itu! makanya akupun ingin mencobanya. Pertama kali tahu tentang Bakso Kadipolo tuh karena melihat tayangan kuliner di tv.

Siang itu kami berkunjung ke Bakso Kadipolo yang ada di Jalan Ronggowarsito tepat didepan RSU PKU Muhammadiyah Solo. Letaknya persis di pinggir jalan, jadi nggak susah nyarinya. Hanya saja, tempat parkirnya sempit sehingga jika jam-jam tertentu seperti saat makan siang itu penuh.

bakso kadipolo2

Tempatnya bersih dan nyaman. Ada taman air yang menyejukkan mata ditambah kolam ikan di tengah-tengah ruangan menjadi hiburan tersendiri. Untuk tempat duduk bisa dipilih mau pakai meja kursi atau lesehan.

Ternyata meskipun namanya Bakso Kadipolo, di sana juga menyediakan aneka masakan jawa. Jika tak menghendaki makan bakso kita bisa memilih menu sesuai selera dan mengambilnya secara prasmanan.

bakso4

Ada aneka sambal goreng, aneka sayur bersantan, tumis-tumisan, sate, udang goreng tempe goreng dan bacem dll. Pokoknya masakan jawa deh. Bagi yang lapar berat , dijamin bisa kenyang kalau makan di sini, soalnya kan semua bisa diambil sendiri.

Kalau aku karena penasaran sama rasa baksonya, aku dan suamiku pun memilih untuk memesan semangkok bakso. Sementara anak-anak makan nasi karena terpikat dengan tampilan sambal goreng kentang kesukaan mereka.

Ketika pesanan bakso datang, yang aku lihat pertama tuh kuah baksonya, ternyata kuahnya bening nggak terlalu berlemak. Langsung deh aku cicipi kuahnya, hmm, gurihnya halus nggak nendang kayak gurihnya msg. Langsung deh kuputuskan untuk menyantap bakso tanpa kecap dan saos cukup sambal saja.

bakso5

Kebiasaanku kalau makan bakso kuahnya sudah sedap maka tak perlu tambahan kecap dan saos. Jika aku makan bakso dengan kecap dan saos itu tanda jika kuahnya kurang sedap jadi perlu tambahan rasa.

Untuk semangkok bakso tanpa mie harganya Rp. 12.000,00 sementara untuk nasi dan lauknya tergantung jenis lauknya. Menurutku harganya relatif murah dan sebanding dengan rasanya. Sambal goreng kentang dan udang gorengnya juga enak. Anak-anakku suka dan habis makannya.

Bakso Kadipolo memang telah memiliki banyak cabang di beberapa kota. Bagi teman-teman yang belum pernah mencobanya, Bakso Kadipolo di kota Solo ini bisa jadi pilihan.

 

 

 

16 Comment

  1. klo baksonya blas belum pernah bu, tapi klo makanan prasmanannya sering :D, coba bu bakso alex juga rekomended tuh

    1. Wah, dimana tuh Bakso Alex Pak Adi?..pengen juga nyobain, hehehe doyan bakso soalnya.

  2. itu mahal mbak, di Kesesi separo harganya juga enak 🙂 hahahaha

    1. Hahaha, kesesi emang keren ya..semoga nggak enak karena msg..

  3. kalau ke solo, saya mau mapir ahhh.

    1. Silahkan Hikmah UA..jangan lupa traktir saya hehehe..

  4. waaah aku pernah tiga tahun di solo belum pernah nyobaiiiinn…. kpan kapan aaaah kalo mampir solo beliiii hehehhe

    1. Sekolah di mana Mba Icha? Monggo mampir, sekalian kopdar yuk..

  5. Waah tempatnya bagus ya… Kayaknya beda sama kadipolo yg pernah saya makan waktu 9 th yg lalu tinggal di Solo. Atau sama ya?

    1. Iya Mba Inna, enak banget tempatnya..hehehe, wah sudah lama ya..hmm beda atau sama ya? xixixi, coba mba kesini deh supaya tahu beda atau sama.

  6. Di Parongpong tempatku juga sama, penjual baso kebanyakan orang Solo.

    1. Iya Mba Dey, mereka sudah merambah kemana-mana.. wah mba dey di parongpong ternyata ya..dulu saya sempat di cimahi mba..

  7. Klo aku jarang bu makan bakso kadipolo, saking jarangnya sampe lupa rasanya hehehe.. Seringnya kalo mau bakso yg enak aku makannya di bakso alex, bu. Karena itu bakso juga udah terkenal sejak aku kecil. Udah cobain bakso alex belum? Rekomended juga

    1. Kapan-kapan deh nyobain bakso alex..

  8. Wah….ga sengaja mampir ke blognya mbak ety. Dah lama gak main ke grup iidn, jd kangen 🙂
    Mksh reviewnya (y)

    1. Main-main lagi mba. Makasih kunjungannya.

Leave a Reply