Kopdar III IIDN Solo

bergaya dulu sebelum ke kebun
bergaya dulu sebelum ke kebun

Sebenarnya nih badanku masih pegal-pegal, setelah seharian mengikuti acara Kopdar III IIDN Solo di rumah Mba Noer Ima Kaltsum, hehehe. Tapi, demi menyajikan laporan kegiatan kopdar tersebut untuk anggota yang nggak bisa hadir maka tulisan ini ada. Tsaah, berasa kayak reporter aja nih, nyaingin Mba Zakiah Wulandari.

Kopdar III ini sungguh berbeda, selain agenda belajar membuat outline, kopdar kali ini juga diisi dengan acara panen raya di kebunnya Mba Ima sebagai tuan rumah. Rumah Mba Ima memang “mewah”. Mewahnya bukan hanya karena mepet sawah tapi pemandangan di sekitar rumah beliau itu menenteramkan jiwa.

Depan, belakang, samping kanan dan kiri itu sawah. Bayangkan jika musim tanam tiba, sawah-sawah itu akan berubah menjadi berwarna hijau bak permadani. Lambat laun warna hijau akan berubah menjadi kuning keemasan karena padi siap dipanen. Weh, ini mau ngomongin hasil kopdar atau  rumah Mba Ima sih?, qeqeqe, ini buat pemanasan.

view depan rumah Mba Ima
view depan rumah Mba Ima

Agenda belajar membuat outline kali ini menghadirkan nara sumber Mba Candra Nila Murti Dewojati, Ibu Pembina yang telah menelorkan banyak buku. Menurut beliau outline itu adalah kerangka naskah. Outline berguna sebagai gambaran bagaimana isi buku yang akan kita tulis.

Mengapa outline menjadi penting?. Outline akan memandu dan memberi batasan tulisan kita, begitu kata wanita berparas ayu ini. Sederhananya, supaya tulisan kita sesuai tema yang diinginkan dan nggak nggrambyang. Nggrambyang itu maksudnya nggak melebar kemana-mana gitu.

Nah, outline itu terdiri dari :

  • Judul, buatlah judul yang semenarik mungkin, kalau perlu kontroversial sekalian untuk menarik perhatian.
  • Tema, bisa dipilih tema-tema yang sudah ada, bisa sesuai minat atau kapasitas keilmuan.
  • Target Pembaca, buku yang ditulis apakah untuk pembaca anak-anak, remaja, wanita atau yang lainnya.
  • Kelebihan Naskah, ini penting untuk menjadi nilai lebih buku kita dibanding buku lain yang sejenis/setema.
  • Sinopsis, merupakan gambaran isi buku yang ditulis.
  • Daftar isi.
  • Referensi untuk buku-buku non fiksi.

Ada tambahan juga bahwa aturan membuat outline dari satu agensi naskah satu dengan yang lain bisa berbeda. Menurut pengalaman beliau ada yang meminta contoh tulisan per bab dan ada agensi naskah yang tidak memintanya.

Tadi Mba Candra membawa contoh outline milik beliau, berhubung belum diperbanyak maka bagi anggota yang memerlukannya bisa menginbox alamat email pada Mba Candra. Nanti akan dikirimi contoh outline via email.

Oh ya, kopdar kali ini juga menghasilkan kesepakatan untuk membuat proyek buku keroyokan anggota IIDN Solo. Untuk tema dan judul, rahasiaaa ya!. Semoga keinginan kami bisa terkabul. Amin.

Selesai agenda utama maka acara dilanjutkan dengan panen di kebun Mba Ima setelah sebelumnya ishoma. Ada apa aja ya di kebun Mba Ima?. Wuih, macem-macem deh, ada timun, kacang panjang, gambas, kangkung, jambu air dan jambu biji.

Tuan rumah memang baik hati, kami semua dijinkan memanen sendiri hasil kebunnya. Qiqiqi, lain yang nanam, lain pula yang manen. Makasih banyak lho Mba Ima. Dirimu memang luar biasa, disela-sela kesibukkannya mengajar masih sempat pula berkebun dan dikerjakan sendiri lho, nggak ngupah orang.

Lihatlah keceriaan kami semua di kebun Mba Ima.

Kami berbagi hasil panen. Hm, kebersamaan yang indah. Selain itu kami juga dioleh-olehi bibit aneka tanaman lho, ada bibit kacang panjang, timun, gambas, kangkung dan bayam. Berhubung diriku pulang paling akhir, jadi deh dapat tambahan tanaman seledri. Makasih, makasih, makasih, Mba Ima.

 

ayo mba ambil lagi, jangan malu-malu..
ayo mba ambil lagi, jangan malu-malu..

Seru kan kopdar kami kali ini?. Pokoknya buat kami, para ibu, belajar tak lagi harus di bangku kuliah. Belajar kapan saja, di mana saja, dengan siapapun bisa dilakukan, asal niat dan semangat.

 

8 Comment

  1. Kopdar yang bagus karea ada ilmu yang di share
    Kapan2 kopdar yuk di Solo
    Salam hangat dari Surabaya

    1. Betul Pakde, dapat ilmu itu membahagiakan, Alhamdulilah.
      Ayo Pakde, kapan-kapan kopdar di Solo..
      Salam saya Pakde

  2. kopdar kali ini juga diisi dengan acara panen raya di kebunnya Mba Ima

    Waaahhh ini pasti mengasyikkan nih …
    bisa untuk selingan … sekaligus rekreasi yang bermanfaat

    salam saya Mbak Ety

    (26/3 : 12)

    1. Hehehe, asyik banget Om..anak-anak saya juga seneng bisa main di kebun,jalan disela-sela tanaman yang rimbun sambil bersenda gurau. Nggak cuma ibunya yang refreshing..
      Salam saya Om Nh

  3. klo kopdar di solo mbok ya ngajak2 bu :),lm gak berkunjung k blog jenengan.pdhl tetanggaan

    1. Pak Adi, kapan-kapan kalau ada kopdar blogger di solo dikabari..kalau grup ini mah ibu-ibu semua anggotanya, begitu Pak.

  4. iya klo ini ibu ibu kagak mungkin lah saya ikut :p,ntar cakep sendiri. bu no saya ini ya.kabar kabar klo ada kopdar 08112639269, klo berkenan di smske no jenengan..heheh

    1. hahaha,betul-betul. Baik Pak Adi, saya save nomernya

Leave a Reply