Yuk, Siapkan Dana Pensiun Sejak Muda!

 

source : melindahospital.com
source : melindahospital.com

Sore itu…

“Nduk, apa kamu ndak kepengen jadi PNS?”, tanya Ibuku.

“Ya, saya sih mau saja Bu tapi gimana, wong belum rezeki!”, jawabku tak enak hati.

Sepenggal percakapan suatu sore dengan Ibu, benar-benar membekas dalam ingatanku. Sejak itu pula kubulatkan tekad untuk mewujudkan keinginan Ibu sampai kesempatan terakhir. Maklum, menjadi PNS kan ada usia maksimalnya.

Aku tahu alasan Ibu menginginkanku untuk menjadi PNS, tak lain karena menjadi PNS akan mendapat dana pensiun nantinya. Terlebih menurut Ibu, suamiku kan pegawai swasta yang tidak memiliki dana pensiun jadi kalau aku jadi PNS minimal aku dan suami telah memiliki jaminan di masa tua nanti.

Pemikiran Ibu didasarkan pada pengalaman Ayahku yang seorang PNS. Menurut beliau, uang pensiun Ayahku memang tak seberapa tapi lumayan bisa buat makan apalagi saat warung Ibu sepi pembeli.

Pokoknya, kalau menjadi PNS, minimal ada pemasukan tetap setiap bulannya. Soal uang pensiun yang tak seberapa, menurut Ibu harus pandai-pandai mencari sumber pendapatan lain, salah satunya dengan berdagang seperti yang dilakukan Ibuku.

Pemikiran yang masuk akal sebetulnya. Namun, bukan nasibku menjadi PNS, hingga kesempatan terakhir, ternyata aku tak mampu mewujudkan keinginan Ibu. Lalu bagaimana dengan masa tuaku nanti? akankah suram, tanpa jaminan dana pensiun?. Sesaat, aku pasrah saja, terima nasib tak memiliki dana pensiun.

Belajar dari pengalaman orangtuaku, bahwa memiliki dana pensiun itu penting untuk hari tua nanti. Disisi lain dana pensiun ternyata tak selalu bisa mengkover kebutuhan hidup dimasa tua kelak.

Duh, yang PNS dan punya dana pensiun seperti Ayahku saja belum tentu terjamin masa tuanya. Untuk bertahan hidup, Ibuku harus ikut membantunya dengan berdagang apalagi aku dan banyak orang lain yang bukan PNS.

Ditengah kepasrahanku, ternyata BNI Simponi memberikan solusi bagiku dan suamiku yang bukan berprofesi sebagai PNS. BNI Simponi merupakan layanan program penyelenggaraan dana pensiun dari BNI 46 yang ditujukan bagi siapa saja.

Oh ya?. Iya, siapapun Anda dan apapun profesinya bisa menjadi peserta BNI Simponi. Anda yang PNS, jika menghendaki boleh juga turut serta. Profesi lain seperti pegawai swasta, pegawai BUMN/BUMD, notaris, pengacara, konsultan, arsitek, pedagang, buruh bahkan mahasiswa pun bisa menjadi pesertanya.

Siap Dana Pensiun Sejak Muda

Bisa memiliki dana pensiun tentu satu kelegaan buat namun memiliki dana pensiun saja belum cukup. Kita harus mempersiapkan agar dana pensiun yang ada akan menjamin masa tua yang sejahtera.

Oleh karena itu kitapun harus berhitung berapa besar dana pensiun yang dibutuhkan kelak dan bagaimana cara mengumpulkannya. Melalui BNI Simponi, kita dibantu untuk bisa menghitung dana pensiun yang dibutuhkan dan menentukan besarnya setoran agar dana pensiun yang direncanakan bisa tercapai.

Berikut tabel simulasi untuk membantu kita dalam merencanakan dana pensiun yang diinginkan :

Zemanta Related Posts Thumbnail

 

Jika sudah mengetahui besarnya dana pensiun yang kita inginkan, lebih baik segera diupayakan melalui program dana pensiun BNI Simponi. Menunda menyiapkan dana pensiun bisa jadi beban kita bertambah untuk mencapai dana pensiun yang diinginkan. Semakin panjang waktu menyiapkan dana pensiun tentu akan meringankan kita dalam membayar setoran perbulannya. 

Selain itu bersiap dana pensiun sejak muda memberi peluang kita untuk mengumpulkan dana pensiun yang sebesar-besarnya untuk masa tua yang sejahtera.

Nah,dalam hal ini bisa dikatakan bahwa siap lebih dini lebih baik. Lebih dini itu kapan ya?. Lebih dini itu ya sejak muda bahkan di BNI Simponi ketika kita masih menjadi mahasiswa pun sudah bisa mengikuti program BNI Simponi.

Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa usia masih muda, masa pensiun masih lama atau merasa pendapatannya sangat bagus jadi merasa tidak perlu menyiapkan dana pensiun sejak dini.

Eits, tunggu dulu!

Kita juga harus mengantisipasi kondisi ekonomi kita yang tiba-tiba bisa berubah. Ada ancaman PHK, bangkrut atau meskipun pendapatan kita bagus tapi ada pengeluaran mendesak yang amat besar sehingga membuat kita tak bisa menabung lagi.

Masih ragu untuk menyiapkan dana pensiun saat muda?. Jangan lah ya, apalagi sekarang kan ada BNI Simponi yang memberi kesempatan kita untuk menyiapkan dana pensiun sedini mungkin, semuda mungkin.

Syarat Menjadi peserta BNI Simponi Itu Mudah Lho!

Bagi siapapun yang ingin menjadi peserta BNI Simponi, syarat yang mudah dan tidak memberatkan tentu melegakan. Siapa sih yang ingin diribetkan dengan syarat-syarat administrasi dan setoran yang tak terjangkau.

Berkaitan dengan syarat administrasi, kita hanya diminta fotocopy KTP dan mengisi aplikasi sesuai dengan identitas diri.

Sedangkan dengan syarat setoran yang diminta adalah minimal Rp.250.000,00 untuk setoran awal dan setoran selanjutnya minimal Rp.50.000,00.

Ringan dan mudah bukan?.

Keuntungan Menjadi Peserta BNI Simponi

  1. Bisa menjadi peserta sejak muda (mahasiswa).
  2. Bebas menentukan usia pensiun, dimulai dari usia 45 tahun
  3. Iuran per bulan fleksibel
  4. Bebas pajak selama dalam masa kepesertaan.
  5. Fleksibel dalam menentukan arah investasi dan pengembangan dana.
  6. Hasil pengembangan dana dihitung secara harian
  7. Fleksibel dalam membayar setoran bisa melalui autodebet, phonebanking, tunai maupun transfer bank.

Dengan berbagai kemudahan dan keuntungan yang bisa didapat tidak ada alasan lagi bukan untuk tidak menyiapkan dana pensiun sejak muda bersama BNI Simponi. Untuk keterangan lebih lanjut bisa dibaca di sini ya  http://bit.ly/BNI_Simponi

Yuk, siapkan dana pensiun sejak muda agar masa tua nanti bisa hidup sejahtera!

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog BNI Simponi

 

6 thoughts on “Yuk, Siapkan Dana Pensiun Sejak Muda!

  1. Waaahh.. PNS kaya saya juga butuh nih. Besok coba-coba tanya ke BNI samping kantor aahhh..

    Nice post Mba.. moga menang yaaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *