Tips Memilih Internet Services Provider Yang Baik

dok: hypernet
dok: hypernet

Pengguna internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Perkembangan ini telah memunculkan banyaknya perusahaan jasa dibidang internet service provider (ISP). Perusahaan ISP adalah penyedia jaringan internet, komunikasi data dan solusi jaringan. Perlu kejelian dalam memilih ISP agar jaringan internet yang didapat cepat dan reliable.

Sebagai pengguna internet, kita tentu kecewa jika koneksi yang tersedia lambat. Akibatnya aktifitas bisnis, ngeblog dan hobi bisa terhambat. Agar kita bisa mendapatkan koneksi internet yang cepat ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Menurut Sudianto Oei, dari HyperNet, salah satu ISP ternama, menyebutkan bahwa dalam memilih ISP harus diperhatikan after salesnya atau layanan yang diberikan sepanjang waktu. Terutama jika terjadi gangguan koneksi. ISP yang baik tentu akan memiliki support system yang bekerja selama 24 jam. Jika terjadi gangguan koneksi maka akan cepat dicarikan solusinya.

Kedua, menurut pria lulusan Universitas Bina Nusantara (BINUS), dalam memilih ISP harus memperhatikan lokasi. Lokasi ISP yang jauh berakibat pada kecepatan koneksi dan kecepatan respon layanan ketika terjadi gangguan. Sebagai rujukan, kita bisa bertanya pada penduduk di lokasi itu, ISP mana yang memiliki koneksi cepat.

Meneliti latar belakang perusahaan ISP juga perlu dilakukan guna memperoleh layanan prima dan profesional. Caranya bisa dengan meminta testimoni dari pelanggan ISP yang bersangkutan. Jika para pelanggan menyatakan puas dengan layanannya maka ISP itu bisa jadi pilihan.

Selanjutnya, cek spesifikasi teknisnya. Spesifikasi ini meliputi kecepatan akses, quota dan lain-lain. Hal ini penting dalam menentukan paket internet yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan beserta biaya yang dikenakan.

Sudianto Oei adalah sosok dibalik suksesnya HyperNet menjaring pelanggan terkemuka, seperti Hotel Santika, Ossela, Mall Of Indonesia, Thamrin Residence, PMI, Kia Motors, Sanyo, Dyandra Entertainment dan lain-lain. Pesannya, ditengah banyaknya ISP yang ada, pintar-pintarlah memilih. Pastikan bahwa ISP tersebut memiliki track record yang baik dalam layanan, memiliki referensi pelanggan yang bisa dipercaya dan support systemnya bekerja selama 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *