Pendidikan Tepat Lejitkan Bakat Anak

Foto-Siera1-150x150Biasanya menjelang tahun ajaran baru, orangtua yang memiliki anak usia sekolah disibukkan dengan aktifitas mencari sekolah. Semua orangtua pasti bermaksud menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan yang terbaik. Tapi, apakah pilihannya itu adalah lembaga pendidikan yang tepat untuk anaknya?.

Sebelum menentukan lembaga pendidikan, orangtua sebaiknya memahami bakat yang dimiliki anaknya. Alasannya, karena setiap anak itu unik. Mereka memiliki bakat yang tidak sama. Perlu kepekaan dan kejelian orangtua dalam melihat bakat anak. Selanjutnya, bakat tersebut membutuhkan ruang untuk tumbuh. Lembaga pendidikan yang tepat akan membantu melejitkan bakat anak.

Menurut praktisi pendidikan dari Stefie’s House Of Creativity, Stefie Siera Ngangi, ada dua hal penting yang harus dipertimbangkan para orangtua dalam memilih lembaga pendidikan. Pertama, lingkungan tempat belajar itu aman dan membuat anak bebas memuaskan rasa ingin tahunya. Kedua, sarana belajar yang disediakan sesuai dengan usia anak (age appropriate) sehingga anak terbiasa untuk mengeksplor lingkungan serta mampu menyerap pengetahuan.

Dalam kaitannya dengan pendidikan anak usia dini, perempuan yang akrab dipanggil Stefi ini menyebutkan bahwa sejak dini anak perlu untuk diperkenalkan dengan aneka aktifitas yang bisa menstimulasi munculnya bakat. Harapannya adalah akan timbul dari dalam diri anak mengenai sesuatu yang diminatinya.

Dalam memberikan stimulasi hendaknya mempertimbangkan keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan. Anak tidak boleh hanya dijejali stimulasi untuk otak kiri yang meliputi logika, kemampuan membaca dan menulis. Stimulasi juga harus diberikan untuk otak kanannya agar kreatifitas, kemampuan berfikir abstrak dan daya imajinasinya bisa berkembang dengan baik.

Stefie telah lama bergelut dengan pendidikan anak usia dini. Perempuan yang hobi menari ballet ini sedang mengelola tiga sekolah. Antara lain Kiwikids Preschool And Kindergarten, Kiwi School dan Stefie House Of Creatifity yang semuanya berlokasi di Bekasi. Untuk memperkaya ilmunya, perempuan yang pernah mengecap pendidikan di New Zeland ini mengambil kuliah bidang Montessori Education dengan fokus anak pada usia 0-6 tahun.

Memilih lembaga pendidikan adalah pilihan individu. Masing-masing orangtua memiliki prioritas yang berbeda. Namun secara garis besar, Stefi memberikan panduan dalam memilih lembaga pendidikan yang tepat. Pertama, perhatikanlah kualitas pendidiknya, media pembelajaran, kualitas lulusan dan memiliki tempat belajar yang bersih dan nyaman.

Kedua, perhatikan program pengajaran, jenjang pendidikan yang harus ditempuh dan jenis ujiannya. Selanjutnya, pilihlah lembaga pendidikan yang memiliki free trial class. Dengan begitu orangtua berkesempatan melihat proses belajar mengajar. Anak juga diberi kesempatan untuk mengenal proses belajarnya.

Yang tak kalah penting menurut Stefie adalah perasaan anak. Suka atau tidak masuk di lembaga pendidikan tersebut. Orangtua hendaknya bisa bertindak bijaksana karena fokus dari pendidikan ini adalah anak.

Memilih lembaga pendidikan yang tepat adalah keharusan. Salah memilih bisa membuat bakat anak tidak muncul apalagi bisa berkembang. Lembaga pendidikan yang tepat akan mampu mengasah bakat anak agar melejit dan bersinar seperti bintang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *