Manajemen Waktu Ala Indari Mastuti

foto : dokumen Indari Mastuti
foto : dokumen Indari Mastuti

Setiap orang diberi jatah waktu yang sama yaitu 24 jam sehari. Yang membedakannya adalah cara memanfaatkan jatah waktu tersebut. Ada yang rapi memanfaatkan waktu sehingga bisa produktif. Sebagian lagi ada yang merasa jatah 24 jam sehari itu kurang. Apa yang terjadi sebenarnya?. Jawabannya adalah manajemen waktu.

Kali ini Indari Mastuti, seorang penulis dan pebisnis akan membagikan rahasia manajemen waktunya. Tanpa memiliki asisten rumahtangga, beliau bisa menyelesaikan pekerjaan rumahtangga dan bekerja sebagai penulis sekaligus pebisnis.

Ditambah lagi, perempuan yang biasa disapa Indari ini menjadi pendiri dan pengasuh dari IIDN Interaktif (Ibu-ibu Doyan Nulis Interaktif), sebuah komunitas kepenulisan dengan mayoritas anggota adalah ibu rumahtangga serta IIDB (Ibu-ibu Doyan Bisnis), komunitas ibu-ibu pebisnis.

Indari mengatakan jika alasannya tidak memiliki asisten rumahtangga adalah karena ia ingin fokus untuk mengurus keluarga dan pekerjaan. Ini soal pilihan, begitu tutur perempuan bernama lengkap Indari Mastuti Rezki Resmiyati Soleh Addy. Bekerja sebagai penulis dan pebisnis memang memberikannya keleluasaan dalam mengatur waktu.

Indari menuturkan, selama ini ia menerapkan to do list management dalam mengatur waktunya. Ia akan mencatat semua aktifitas yang akan dilakukannya setiap hari. Tak tanggung – tanggung to do list nya berisi 185 aktifitas yang harus diselesaikan setiap harinya. Sebagian besar waktunya adalah untuk menyelesaikan pekerjaan rumahtangga dan mengurus keluarga. Sementara waktu untuk bekerja porsinya lebih sedikit.

Dalam mengeksekusi to do list nya Ibu beranak dua ini selalu fleksibel. Situasi setiap hari kadang tidak sama. Ini membuat dirinya harus pandai-pandai membuat prioritas. Apa yang bukan merupakan prioritasnya bisa dilewati jika memang ia menginginkannya.

Menerapkan konsep to do list, sempat membuat alumnus Universitas Pasundan itu dikatakan seperti robot oleh Suaminya. Lama kelamaan Suami pun bisa memahami caranya dalam mengatur waktu. Indari merasa enjoy dengan cara ini. Baginya dengan to do list, ia merasa terbantu karena jelas mana yang harus dikerjakan.

Menjadi penulis dan pebisnis kerap membuat Indari bepergian keluar kota. Dalam situasi seperti ini Sang Mertua tercinta akan membantunya. Baginya ini adalah berkah dari hubungannya yang harmonis dengan Ibu Mertua.

Diakhir perbincangan Indari Mastuti yang saat ini sedang menulis buku tentang bisnis, membagi tips agar to do list bisa berjalan sukses. Kuncinya adalah disiplin dan konsisten. Tanpa kedua hal tersebut to do list hanyalah sebuah rencana belaka. Butuh pembiasaan memang untuk bisa disiplin dan konsisten. Agar bersemangat mengerjakan to do list jangan lupa sertakan target pencapaian.

 

 

2 thoughts on “Manajemen Waktu Ala Indari Mastuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *