Berbisnis Karena Cinta Batik

Pamor batik kini semakin naik. Desainnya tak lagi kaku dan berpatok pada motif-motif tradisional. Warnanya juga tidak lagi didominasi warna-warna gelap. Batik dengan warna ceria semakin banyak ditemukan. Sehingga batik pun tak hanya lekat dengan orangtua, anak muda pun kini suka memakai batik. Tak hanya itu, anak muda kini mau berbisnis batik seperti yang dilakukan oleh Andena Hirma Putri.

Kecintaannya pada batik telah membuat Andena memiliki tekad kuat. Ia ingin agar batik Indonesia bisa disukai masyarakat dunia. Apalagi Andena memiliki saudara yang merupakan pengrajin batik. Kesempatan ini tak disia-siakannya. Ia pun mantap berbisnis batik dengan label Andena Batik.

Saat ini sudah banyak pebisnis yang terjun di bidang batik. Kenyataan yang tak membuat nyali Andena ciut. Perempuan kelahiran 25 April 1991 ini membuat kreasi yang berbeda dengan produk batik lainnya. “Membuat sebuah perbedaan” memang mutlak dilakukan agar bisa merebut hati konsumen.

Andena Batik mengusung tema Batik Fancy, batik dengan warna eyecathing. Ia menghadirkan desain batik dengan warna ceria seperti warna-warna permen, sehingga menarik untuk dilihat. Warna merah, hijau, kuning, pink, orange dan warna ceria lainnya mendominasi disetiap produknya. Tak hanya baju, Andena batik juga memproduksi scarf, sandal, sepatu, pashmina, tas dan aksessoris.

Uniknya untuk beberapa tema desain batiknya, Andena mengambil dari cerita rakyat Indonesia yang disajikan dalam bentuk komik. Salah satunya adalah Batik Komik Sangkuriang, yang mengangkat cerita legenda terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu.

Untuk saat ini, Andena Batik dipasarkan secara online melalui media sosial seperti Fanspage Andena Batik. Tersedia juga di Instagram dengan akun andenabatik, di pinterest andenabatik atau di twitter @andenabatik.

Berbisnis sesuatu yang telah dikenal banyak orang bukannya bebas hambatan. Seperti pebisnis lainnya, Andena juga sempat mengalami saat-saat sulit. Ia menjadi korban penipuan. Meski sempat putus asa Andena mampu bangkit dan membangun Andena Batik.

Mental yang kuat ini tak lepas dari pengalamannya berbisnis. Semenjak kuliah Andena sering mengikuti bazar. Ia pun bergabung dengan komunitas wirausaha di kampusnya. Tak heran jika sederet penghargaan berhasil disabetnya. Seperti menjadi Finalis Nasional Pekan Produk Kreatif 2011, Finalis Startup Icon Honda Wirausaha 2011, dan Finalis Nasional Wirausaha Mandiri Kreatif 2012.

Andena menuturkan bahwa perempuan sekarang memiliki kesempatan luas untuk berbisnis. Selain kesempatan mengembangkan hobinya, munculnya komunitas bisnis perempuan juga membantu pebisnis perempuan semakin eksis. Terus melakukan inovasi, jangan patah semangat, dan jangan pernah berhenti berkarya, saran yang diberikan Andena buat perempuan yang tertarik menjadi pebisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *