Peran Mentor Dalam Bisnis Startup

Sukses seorang pebisnis, tak lepas dari peran mentor. Pebisnis bisa belajar dari pengalaman para mentornya dalam berbisnis. Andreas Christiadi, pelaku bisnis startup, berbagi pengalaman, bagaimana peran mentor memberi pengaruh terhadap bisnis yang dijalaninya.

Menjalani bisnis startup, acapkali menghadapi kendala yang bisa berujung pada kegagalan. Andreas, pemilik Talkmen.com menuturkan, dia juga pernah mengalami kegagalan. Bahkan mengalaminya beberapakali, antara lain Dia kalah dalam memenangkan project, kegagalan hiring  dan casflow yang berantakan.

Saat ada kendala bisnis, Andreas berdiskusi dengan mentornya. Pria kelahiran Lombok ini percaya, jika masalah dipikirkan dua otak itu lebih baik dari pada dipikirkan oleh satu otak. Mentor yang kenyang akan pengalaman bisnis akan memberi saran yang tepat.

Kegagalan bisa membuat mental pebisnis menjadi down. Saat seperti ini mentor akan memberi motivasi untuk terus bertahan.”Kadang, butuh seseorang untuk memotivasi diri, karena berbisnis startup itu tidak gampang”, tegasnya.

Talkmen.com berkembang menjadi portal berita untuk pria modern. Menghadirkan content yang orisinal dan memberi wawasan bagi pria untuk eksis dalam bisnis dan kehidupan sosialnya. Sejak mengusung tagline male expert lifestyle, Talkmen.com menjadi rujukan banyak pria untuk tampil sesuai karakternya.

Ketika ditanya siapa saja yang menjadi mentor bisnisnya, Andreas menyebut sosok-sosok yang dikenal sukses dibidangnya masing-masing. Sebut saja Wempy Dyokta Koto CEO Wardour & Oxford, Nicko Widjaja CEO Sytecgroup, dan Susana Tsui CEO Asia Pacific at PHD.

Andreas berpesan, suatu saat pebisnis akan menghadapi kesulitan, kegagalan bahkan kekalahan. Mental yang kuat mutlak dibutuhkan untuk mampu bertahan. Tetaplah fokus pada peluang. “Create, Learn, And Grow”, itu kuncinya tutur Andreas Christiadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *