Batik Komik Dari Andena Batik

Selama ini kita biasa mengenal komik yang dituangkan di media kertas. Melalui kreatifitas Andena Hirma Putri, komik diekspresikan melalui selembar kain. Tersebutlah sebagai batik komik.  Motif batik komik diambil dari cerita rakyat. Owner dari Andena Batik ini memiliki obsesi melestarikan warisan budaya Indonesia.

Tahun 2011 lalu, Andena bersama timnya mengikuti Pekan Produk Kreatif. Dalam event ini, karya Andena dan tim berhasil meraih juara. Dari sini ide awal batik komik muncul dan akhirnya serius untuk digarap. Dalam menuangkan idenya untuk batik komik, Andena dibantu oleh designer.

Perempuan, lulusan Unpad ini berminat untuk mengangkat cerita rakyat maupun ikon sejarah dan budaya di Indonesia. Untuk batik komik, telah mengangkat cerita Sangkuriang dan Malin Kundang. Cerita rakyat ini dituangkan di atas selembar kain berwarna cerah. Saat ini batik komik tersedia dalam bentuk kain maupun baju.

Andena Batik dikenal sebagai produsen batik dengan motif unik dan warna yang ceria. Andena menyebutnya sebagai warna-warna permen. Berbeda dengan batik dengan motif klasik yang didominasi dengan warna-warna gelap. Tak hanya kain dan baju, Andena Batik juga memproduksi scarf, sepatu, sandal dan tas batik.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2010 ini mendapat respon yang baik dari pasar. Andena Batik telah menjangkau konsumen hingga seluruh Indonesia, Singapore, Taiwan, Mesir, dan Malaysia. Sebagian besar dari mereka membeli secara online. Sementara itu, untuk penjualan secara offline, ada di Bali Heaven, Bandung.

Lahir di keluarga yang berprofesi sebagai pegawai negeri, sempat membuat perempuan penyuka traveling dan menyanyi ini sulit untuk meyakinkan kedua orangtuanya tentang pilihannya menjadi seorang pebisnis. Sekarang, orangtua sudah mendukungnya meskipun belum sepenuhnya yakin akan pilihan Andena.

Kendala lain yang dihadapi Andena adalah mengenalkan batik tulis yang berharga mahal supaya bisa diterima pasar. Ia terus melakukan edukasi bahwa membeli batik tulis tak sekadar membeli selembar kain namun ada warisan budaya yang harus dilestarikan.

Dihadapkan pada banyak kendala, tak membuat Andena surut langkah. Ia terus melakukan inovasi dan berkarya. Batik komik menjadi bukti inovasinya.

 

2 thoughts on “Batik Komik Dari Andena Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *