Kembalikan Senyum Mereka

“Senyum itu tiba-tiba hilang, berganti dengan kesedihan dan kemurungan saat tubuh mungilnya mulai terserang demam, muntah dan diare.”

Saya sedih melihat Zahira harus terbaring lemah, wajahnya pucat, dengan infus yang tertancap di tangannya. Duh, rasanya menyesal sekali Saya kurang berhati-hati dalam menjaga kesehatannya. Ingin rasanya menggantikan posisinya, biar Saya saja yang sakit.

Beruntung, suami mengingatkan Saya, Zahira butuh dukungan dari Saya karena tak hanya obat yang diperlukan untuk kesembuhannya. Zahira membutuhkan kehangatan dan  kekuatan untuk melawan rasa sakit. Saya pun menguatkan diri untuk tidak sedih lagi. Saya percaya jika Saya kuat maka Zahira pun akan kuat. Saya ingin Zahira lekas sehat dan bisa kembali tersenyum.

Peristiwa ini terjadi dua tahun lalu, saat kami baru beberapa hari pindah rumah. Kesibukan kami membereskan rumah, membuat Saya abai akan kesehatan Zahira. Saya memilih untuk merawat inap Zahira mengingat kondisi rumah yang masih berantakan. Zahira harus diberi cairan melalui infus karena muntah dan diare sementara itu dia tidak mau makan dan minum oralit.

Terbaring terus di tempat tidur membuat dia merasa bosan. Zahira pun rewel, mainan, buku bacaan dan film kartun tak lagi mampu menghiburnya. Jalan-jalan di sepanjang selasar rumah sakit menjadi pilihan. Namun, apa yang dilihatnya ternyata anak-anak dalam kondisi serupa dengannya. Sakit, dengan selang infus di tangan, beberapa dari mereka rewel bahkan menangis. Pemandangan yang tak membuatnya terhibur.

Kesehatan memang nikmat yang tak ternilai. Sudah seharusnya, kesehatan menjadi prioritas yang harus dijaga. Akan banyak materi dan energi terkuras ketika sakit. Apalagi ketika menderita sakit parah seperti kanker. Pengobatannya memerlukan waktu yang panjang dan biaya yang tidak sedikit. Tak semua anak lahir di keluarga yang mampu.

Disamping itu, proses penyembuhan tak hanya memerlukan obat namun juga dukungan psikologis bagi anak-anak dan keluarganya. Jika begini adanya, uluran bantuan dari siapapun tentu amat berarti dalam mencapai kesembuhan.

Ronald McDonald House Charities (RMHC) adalah satu organisasi nirlaba yang memiliki kepedulian terhadap anak-anak. RMHC, memiliki program yang secara langsung mampu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia. Organisasi yang didirikan tahun 1984 ini telah memiliki cabang di 57 negara.

RMHC memiliki program utama yaitu Ronald McDonald House, Ronald McDonald Family Room dan Ronald McDonald Care Mobile. Di Indonesia RMHC telah menjalankan program yang memberi dampak positif secara langsung pada pasien anak, diantaranya:

Ronald McDonald Care Mobile

care-mbile
sumber: www.rmhc.or.id

Bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan menyelenggarakan klinik berjalan. Klinik ini memberikan pelayanan kesehatan berupa imunisasi, konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan dasar serta pemantauan dan konsultasi gizi.

Seperti diketahui akses terhadap layanan kesehatan masih menjadi kendala di negara kita. Wilayah yang luas membuat belum semua warga bisa mengakses layanan kesehatan secara layak. Bahkan, meskipun tinggal di kota besar seperti Jakarta, tak menjamin setiap warga mampu mengakses layanan kesehatan. Kondisi ekonomi yang sulit telah membatasi akses tersebut.

Selain itu kesadaran untuk menjaga kesehatan juga masih memerlukan penyadaran terus menerus. Adanya Ronald McDonald Care Mobile diharapkan bisa menjadi solusi atas kendala itu.

Ronald McDonald Family Room

family-room
sumber: www.rmhc.or.id

Merupakan ruang khusus yang disediakan bagi pasien rawat inap. Di ruangan ini disediakan berbagai macam mainan anak seperti puzzle, buku-buku, boneka, gambar seperti layaknya taman bermain. Suasana nyaman memang sengaja diciptakan agar anak-anak yang sakit bisa terhibur.

Wah, ini persis yang Zahira alami dulu, dia membutuhkan sesuatu yang bisa menghibur hatinya namun tak bisa didapat karena suasananya tidak mendukung. Jika ada ruangan khusus seperti ini tentu pasien anak-anak bisa terhibur dan bersemangat kembali.

Selain itu, bagi orangtua pasien, ruang ini bisa menjadi ruang tunggu yang mampu mengusir kejenuhan dan kepenatan selama merawat anak mereka. Ini juga Saya rasakan dulu, energi dan emosi yang terkuras tentu membuat badan lelah. Keberadaan family room seperti ini tentu membuat orangtua bisa melepas penat dan kembali membangun optimisme.

Saat ini family room tersedia di Departemen Radioterapi RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Ronald McDonald House

rumah-singgah
sumber: www.rmhc.or.id

Merupakan rumah singgah yang ditujukan bagi pasien anak dengan penyakit kritis yang sedang melakukan perawatan di RSUP Fatmawati. Mengobati penyakit kritis memerlukan waktu yang panjang.

Rumah singgah ini diharapkan mampu menghadirkan kehangatan bagi pasien anak dan orangtuanya seperti kehangatan yang mereka dapat di rumah sendiri. Saat ini rumah singgah tersebut masih dalam proses pembangunan dan direncanakan bisa beroperasi pada akhir tahun 2014

Ingin tahu lebih lanjut tentang pencapain program-program Yayasan RMHC, bisa kunjungi www.rmhc.or.id. Di sana kita bisa melihat tumbuhnya harapan para pasien anak-anak dan juga partisipasi masyarakat dalam menjaga kesehatan.

testimoni2

testimoni3

RMHC memahami bahwa pasien anak tak hanya membutuhkan obat untuk sembuh. Mereka juga membutuhkan dukungan psikologis agar proses penyembuhan berlangsung lebih cepat.

Ya, dukungan psikologis, RMHC membuka mata pada kita semua, bahwa dukungan psikologis bisa diberikan oleh siapa saja meskipun kita tak mengenal anak-anak yang sakit. Baru-baru ini RMHC meluncurkan program Stripes for Love.

Pengobatan yang harus dilalui oleh anak-anak kadang membuat kehidupan mereka menjadi tak lengkap. Stripe for Love hadir melengkapi hidup pasien anak dengan cinta (love) dan kebahagiaan (joy) agar harapan (hope) untuk sembuh bisa tumbuh dan akhirnya senyum (smile) bisa tersungging di wajah polosnya.

Saya, Anda dan siapapun yang ingin terlibat dalam program ini bisa melakukannya dengan beberapa cara. Diantaranya, yang paling sederhana adalah menuliskan pesan motivasi bagi pasien anak di microsite Stripes for Love, http://www.stripesforlove.com/, bisa juga dengan membeli tshirt  Stripe for Love atau boneka Stripes for Love Bear  yang hasilnya akan disumbangkan ke Yayasan Ronald McDonald House Charities.

Langkah ini memang sederhana namun bisa bermakna luar biasa bagi pasien anak dan orangtuanya karena mereka membutuhkan dukungan untuk sembuh.

Merasa ditemani tentu akan membuat mereka lebih kuat dalam menjalani proses pengobatan. Jika cinta dan kebahagiaan meliputi maka harapan untuk sembuh pun semakin besar. Mari kembalikan senyum mereka, senyuman manis anak-anak Indonesia.

http-signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

Sumber

www.rmhc.or.id

www.stripesforlove.com

16 Comment

  1. Programnya bagus banget ya mbak Ety ^^

    1. Iya Mbak Ika, membantu pasien anak meraih kesembuhan

  2. Ini untuk lomba ya mbak. Semoga menang ya.Ulasannya lengkap.

    1. Hihihi, iya Mbak Tatit, amin, terimakasih doanya

  3. Waaahh.. baru tau saya kalau McD punya program CSR yang langsung menyentuh anak.
    Gutlak Mbaaa…

    1. betul. programnya memang dirancang agar bisa langsung bersentuhan dengan anak-anak.
      Terimakasih Master Lomba.

  4. Senangnya berbagi untuk kesembuhan mereka ya mbak

    1. Alhamdulilah Mbak Lidya, walaupun kecil, semoga bermanfaat.

  5. Program RMHC bagus sekali yaaa… semoga mereka menjadi termotivasi dan tetap semangat untuk sembuh 🙂

    1. Iya Mbak Orin, ikutan yuk..

  6. Liat anak2 senyum itu kebahagiaan tersendiri…

    1. Betul Mas Adi, kita tersenyum karena mereka tersenyum

  7. Bagus ya program ini, so simple tapi mengena langsung sesuai dengan misinya utk anak.

    1. Iya Mba Uniek, bermanfaat banget buat pasien anak

  8. kata-kata motivasi untuk mereka sangat membantu semangat mereka untuk sembuh ya mbak

Leave a Reply