Met Hari Blogger Kawan!

Baru tahu kalau Blogger memiliki hari jadi. Wah, sebagai salah seorang blogger, Saya tentu senang. Ini bentuk apresiasi terhadap keberadaan Blogger. Walaupun kalau ditanya jenis blogger seperti apakah Saya?. Hahaha, Saya bingung jawabnya.

Berkenalan dengan blog pertama kali tahun 2009. Waktu itu Saya memulainya dengan blog gratisan berplatform WordPress. Isinya, tentang dunia yang dekat dengan Saya yaitu dunia ibu dan menyusui karena saat itu Saya sedang dalam masa menyusui anak kedua.

Sekitar tahun 2011, Saya buat blog satu lagi, masih juga pakai platform yang sama, blog ini khusus untuk mengikuti berbagai lomba blog. Merasa belum sreg dengan kedua blog tadi, Saya buat satu blog berbayar, etyabdoel.com.

Alasan Saya ngeblog yang utama yaitu karena Saya suka menulis. Blog bagi Saya media yang cocok bagi Saya untuk menuangkan isi pikiran. Selain itu, Saya membutuhkan tempat relaksasi, melepas penat dan jenuh setelah seharian berjibaku dengan rutinitas. Jangan heran, kalau postingan Saya kadang berupa curcol. Nggak sering juga sih nulis curcol karena Saya kan orangnya introvert.

Blog ternyata memiliki banyak dimensi. Bisa sebagai tempat berbagi, terhubung dengan banyak kawan, dan yang lagi hits adalah bisa menghasilkan materi. Kok tahu? banyak blogwalking membuat pengetahuan tentang blog menjadi bertambah. Tadinya Saya nggak ngeh soal SEO, sekarang Saya sedikit-sedikit mulai memahami SEO, tekniknya dan mengapa SEO penting dalam dunia blogging.

Saya mengetahui jika banyak lomba blog berhadiah menarik, ini juga Saya dapat dari blogwalking. Saya pun tergiur mengikuti lomba blog walaupun seringkali kalah. Tak apa, paling tidak Saya sudah mengolahragakan otak, biar dia selalu fit, hehehe.

Hiruk pikuk dunia blogging kadang membuat Saya pusing. Sering, kalau blogwalking suka kecele. Niatnya sih ingin dapet informasi tapi kok blog yang Saya kunjungi tak memberi informasi yang Saya butuhkan padahal blognya ada dihalaman pertama Google.

Kecewa? pasti lah kecewa, dan otak Saya pun berpikir kok bisa ya blog begini ada dihalaman pertama?. Lama-kelaman Saya tahu, kalau ada blog yang memang dirancang untuk konsumsi search engine semata sehingga bahasa dan konten kadang tidak diperhatikan.

Itu hak yang punya blog kalee?. Iya, juga sih makanya Saya tidak menyalahkan mereka. Setiap orang punya tujuan berbeda dalam ngeblog. Saya sendiri lebih ingin menjadikan blog sebagai media informasi seputar parenting karena ini dekat dengan keseharian, sebagai arsip karya Saya di media cetak dan media untuk melepas penat.

Sudah setahun ini, Saya mendapat manfaat lain dari ngeblog, yaitu mendapatkan job review yang artinya Saya mendapat uang dari aktifitas yang awalnya adalah hobi semata. Belum sering sih tapi ini telah membuat Saya bersemangat untuk terus ngeblog dan menyajikan konten yang bermanfaat.

Bicara soal honor yang diterima, Saya pernah mendapat honor terendah berupa pulsa hingga uang yang besarnya membuat Saya senyum-senyum. Ternyata, negoblog bisa juga menghasilkan uang. Ah, jadi punya keinginan bisa menjadi blogger profesional deh, bisa nggak ya?

Ribut-ribut soal honor, Saya termasuk yang memilih untuk merdeka dalam memutuskan menerima atau menolak suatu job. Jika Saya keberatan dengan honornya maka Saya tawar. Jika mereka menolak Saya pun tak memaksa.

Semua ada prosesnya, begitupun dapat job dari ngeblog berikut besarnya honor akan mengikuti. Honor yang layak Saya pikir jadi impian semua Blogger. Bukan mau kisruh ataupun matre nih tapi sebagai bentuk apresiasi terhadap sebuah pekerjaan.

Mau ngeblog untuk berekspresi boleh, ngeblog buat berbagi, bagus. Ngeblog dengan tujuan eksis sah saja. Ngeblog untuk cari duit, nggak dilarang. Apapun itu, yang utama adalah Saya ngeblog karena Saya suka. Selamat Hari Blogger Kawan….

http-signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

 

 

 

 

21 Comment

  1. selamat hari blogger juga mak ^^
    sering kena jebakan betmen ya mak qiqiqi

    1. Sama-sama Mak Shinta.
      Hehehe, iya Mak, hadeeeh, capek deh.

  2. iya, saya ngeblog karena saya suka. Kalau dapat jobreview, itu sampingan ya mak 😀

    selamat hari blogger.

    1. Yup, benar sekali Mak Sari..sampingan yang menyenangkan qiqiqi

  3. Ngeblog… saya suka… saya suka… #gayamemetemennyaupinipin

    1. Betul, betul, betul…#pinjemgayanyaupinipin

  4. met hari blogger nasional juga mbak

    1. Sama-sama Mak Lidya

  5. Baru tauu..ternyata ada hari Blogger ya..hi..hi… selamat hari blogger teman-teman semua.. Saya seneng sekali ngeblog, kadang sampai lupa waktu ..hadooh…

    1. Samaaaaa, hehehe.
      Asal jangan lupa sama anak-anak dan suami, nanti malah gak manfaat ngeblognya..

  6. terima honor yang sesuai ya mak…sesuai hati maksudnya, hehehhe

    1. Hahaha, tahu aja Mba Rina.

  7. Mari kita terus ngeblog dengan iat untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat agar bernilai ibadah
    Salam hangat dari Surabaya

    1. Wah, betuul Pakde. Terimakasih nasehatnya..Salam kembali..

  8. Blogito, Ergo Sum. Itu judul postingan yang saya bikin pas Hari Blog Nasional, mak. “Aku ngeblog, maka aku ada” –> diplintir dari Descarter :))

  9. Sekarang sibuk ya, Mbak? Ciee. . .
    Met menikmati HBN, Mbak. Telat, ya. 😀

    1. Kalau soal sibuk itu mah dari duluuu kali Idah. Sibuk beres-beres rumah, masak, nyuci baju, nyetrika, antar jemput anak, nulis..hahaha

  10. selamat hari blogger. Ada gak ada job review yang penting terus menulis dnegan konten positif. ^_^

    1. Ada Mak, job dari diri sendiri.Bayarannya kepuasan batin

  11. Tadi saya baru membaca artikel blogger luar. Konsep mendapatkan jobnya beda dg blogger Indonesia. Kalau blogger Indonesia menunggu tawaran dr brand. Katanya sampingan, bonus, dll tapi kalau nggak cocok harganya protes di socmed. Kalau blogger luar seperti melamar pekerjaan ke perusahaan2, sekalipun untuk sekedar minta produk gratis untuk direview di blog. Mungkin itu yang membuat mereka lebih maju, yaitu fokus, profesional dan proaktif.

    1. Wah, menarik cara kerjanya.
      Menunggu itu bikin H2C.
      Hehehe, mungkin masih belum yakin kalau blogger itu profesi menjanjikan

Leave a Reply