Sedang Rindu

Hari ini hujan tak turun seperti biasa. Hanya mendung menggelayut diangkasa membuat suasana jadi sedikit melow. Tiba-tiba, merindukan suasana dulu sekali, saat aku masih sekolah. Suara kami bertiga riuh rendah di meja makan. Ada yang minta sendok, minta diambilkan lauk kadang ada yang ngambek tak mau sarapan pagi.

Sambil menggendong adik paling kecil, Ibuku telaten meladeni kami satu persatu. Itu sudah lamaaaa sekali dan sepertinya sulit untuk mengumpulkan kami semeja makan lagi. Tiba-tiba saja kangen kalian, kangen suasana kala itu, huft.

Dulu, suasana riuh di meja makan kerap membuat pusing. Benar-benar perusak moodku. Pagi yang seharusnya penuh semangat seringkali sukses membuatku cemberut. Memang tidak setiap hari, kadang kami ini bisa jadi anak manis kok. Berbagi lauk tanpa berebut dan tak ada protes karena tidak suka sama lauk yang dimasak Ibu.

Hidangan yang ada di meja makan adalah hasil kerja keras Ibu kami. Bangun dini hari, mulai memasak. Setiap pagi semangkok sayuran dan sepiring lauk siap disantap. Begitu terus, Ibu selalu masak setiap hari. Tak pernah beli sayur matang. Kebiasaan yang sekarang coba aku lakukan secara konsisten. Ya, karena kadang tergoda untuk tak mau berpayah-payah memasak, toh sayur matang banyak yang  jual.

Bangun sebelum subuh untuk memasak itu melawan malas dan mengalahkan letih badan yang belum sepenuhnya terobati dengan tidur malam.  Ibuku dengan 4 anak yang masih kecil dan mengelola warung kelontong ternyata sanggup melakukannya. Entah bagaimana cara Ibuku mengalihkan segala keletihan yang dialami. Nyatanya, hingga anaknya bertambah satu lagi, kebiasaan ini terus berlangsung bahkan hingga kini.

Ah, setiap Ibu memang tangguh bukan?.

Langit masih saja mendung dan pikiranku terus melayang ke masa itu. Saat bermain bersama adik-adikku, saat bertengkar, saat bercanda, ah waktu begitu cepat berlalu. Tak mungkin kembali ke masa itu juga. Tapi ingin sekali kembali semeja bersama kalian. Aku bukan Kakak yang hebat tapi aku sayang kalian.

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Sedang Rindu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *