Aneka Aktifitas Pengisi Liburan Sekolah

 

renangWaktu liburan sekolah menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu. Setelah satu semester bergelut dengan pelajaran dan tugas-tugas sekolah, liburan adalah waktunya bersantai. Berkunjung ke tempat-tempat wisata menjadi pilihan yang paling  umum. Namun, aktifitas ini tak semua keluarga bisa melakukannya. Jangan berkecil hati, ada beragam aktifitas pengisi liburan bisa dipilih sehingga waktu libur tak berlalu dengan membosankan.

Anak-anak biasanya suka menghabiskan waktu libur dengan bermain bersama teman-temannya. Tak ada salahnya, berikan alternatif aktifitas agar liburan tak hanya diisi dengan main game atau menonton televisi. Beberapa aktifitas yang bisa dipilih adalah:

  1. Bersepeda, bisa dilakukan beramai-ramai bersama teman-teman atau keluarga. Jika sudah terbiasa bersepeda bisa memilih rute yang berbeda sehingga ada suasana baru.
  2. Mengunjungi Car Free Day. Di banyak kota telah banyak yang menyelenggarakan Car Free Day setiap hari Minggu. Tak hanya bisa berjalan-jalan, di sana anak-anak bisa menjajal aneka permainan. Tarifnya relatif murah membuat siapapun bisa menikmatinya.
  3. Membuat prakarya. Tak selalu harus prakarya yang rumit. Aneka prakarya sederhana bisa dibuat untuk menghabiskan waktu  liburan. Bahannya bisa dipilih, botol bekas, piring kertas, pita aneka warna, kardus bekas, cup kue dan lainnya. Untuk mendapatkan ide prakarya, bisa searching di google.
  4. Memasak. Bagi anak-anak kegiatan memasak barangkali sedikit menakutkan karena harus berhubungan dengan pisau dan api. Tak perlu kawatir, jika didampingi orangtua, kegiatan memasak bisa dilakukan. Oh ya bisa juga dipilih kegiatan memasak tanpa api, seperti menyajikan es krim dengan aneka topping, menghias cupcake atau menyajikan minuman dingin.
  5. Berenang. Untuk yang satu ini anak-anak biasanya akan antusias. Jika di hari biasa, berenang dibatasi waktu maka kala liburan anak-anak bisa berenang sepuasnya.
  6. Melukis dengan cat. Melukis bisa dengan media bermacam-macam. Jika selama ini melukis di atas kertas maka saatnya mencoba media lain untuk melukis seperti kaos, toples maupun kaleng. Pasti lebih seru dan menyenangkan buat anak-anak.
  7. Berkebun. Bagi yang menyukai tanaman, berkebun bisa dipilih. Tak harus memiliki lahan kosong lho. Berkebun bisa dilakukan dengan memanfaatkan botol-botol bekas dan digantung di tembok.
  8. Melakukan percobaan ilmiah sederhana. Anak dikenalkan dengan berbagai macam fenomena alam atau hubungan sebab akibat suatu peristiwa. Percobaan ilmiah tak selalu rumit seperti melakukan percobaan gunung meletus, membuat dry ice bubbles, percobaan es meleleh dan masih banyak percobaan ilmiah lainnya bisa dipilih.

bentuk-gunung

Menghabiskan waktu libur dengan aneka aktifitas tentu akan menyenangkan. Waktu libur pun menjadi tidak membosankan karena tidak bisa pergi ke tempat wisata.

http-signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

2 Comment

  1. bikin anak senang mengisi waktu libur tapi bermanfaat dan kreatif ya mbak

    1. Hihihi, iya Mba Lidya…prinsip liburan keluargaku, murmer.

Leave a Reply