Dari WordPress Untuk My Journal

jetpackBerawal dari sebuah tutorial membuat blog yang ada di komputer sekend yang saya beli, akhirnya kenal sama yang namanya wordpress. Waktu itu belum tahu jika selain wordpress ada platform lainnya. Sejak saat itu mulailah saya ngeblog bersama wordpress. Tak terasa kini sudah 5 tahun wordpress menemani hari-hari ngeblog saya.

Buat saya, yang tak banyak paham seluk beluk teknis blog, platform wordpress pas banget. Cara memenejnya mudah, semua tinggal klik saja. Tidak perlu pusing dengan segala macam kode, tampilan blog pasti rapi dan enak dilihat.

Eh, beberapa hari lalu wordpress memberi hadiah berupa annual report blog My Journal. Rasanya senang sekali, saya merasa diperhatikan gitu. Saya kan nggak terlalu paham jika harus menilai perfoma blog. Jadi, kalau ada yang membuat reviewnya, saya merasa beruntung.

cruchy

Selama ini katanya wordpress rutin memberikan annual report, tapi kok saya baru tahu sekarang ya? hahaha. Selama ini kemana saja?. Terus terang, saya selama tidak detil memperhatikan site stats.

Maklum selama ini saya tuh suka nggak ngeh dengan statistik blog dan segala macam istilahnya. Serius, istilah-istilah page view, organic search, page session, bounce rate, user  sampai sekarang belum saya pahami dengan baik. Wajar ya kalau annual report sebelumnya selalu terlewat begitu saja.

WordPress memberi tahu tentang postingan yang paling populer di blog, komentator terbanyak, memberi evaluasi tentang aktifitas ngeblog selama ini dan memberi masukkan supaya blog ini lebih kuat lagi perfomanya.

postingpat

Dalam reportnya wordpress juga memberi tahu dari mana saja asal pembaca blog saya dan bagaimana mereka menemukan blog My Journal.  Selama ini bab itu mana pernah saya perhatikan. Biasanya selesai posting tulisan, lalu menshare nya ke media sosial,  ngecek komentar yang masuk dan membalasnya, sudah deh.

Sesekali saja melihat stats, yang mentok di angka itu terus, seringnya malah di bawah angka tersebut, hehehe. Jadi, annual report nya wordpress bermanfaat sekali buat langkah saya kedepan dalam mengelola blog ini.

thank

Oh ya, dalam annual report kan disebutkan komentator terbanyak. Sekalian deh, pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih untuk mereka. Siapa saja ya mereka?.  Ada blogger dari Banjarnegara Idah Ceris, foodblogger asal Jogya Mba Ika Koentjoro. Selanjutnya ada Mba Nurul Fitri Fathkani dan yang terakhir Mba Lidya Fitrian.

Duh, senangnya saya. Sekali lagi terimakasih sudah setia memberi komentar pada tulisan-tulisan saya. Tak lupa terimakasih juga untuk mereka yang telah mengunjungi blog saya meskipun tidak pernah berkomentar.

Sampai jumpa di annual report 2015. Semoga perfoma My Journal lebih baik lagi. See you and thank you Mr. Jetpack.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA 

8 thoughts on “Dari WordPress Untuk My Journal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *