Emak Belajar Bahasa Inggris di Duolingo

duolingo1Semingguan ini lagi hits banget postingan berbahasa Inggris. Mereka yang menulis tergabung dalam sebuah grup. Baik blog grup maupun WA. Maksud hati sih pengin ikut tapi apa daya kemampuan Bahasa Inggris belum memadai. Jangankan menulis satu halaman,satu kalimat aja mikirnya lamaaa, qeqeqe.

Nyerah? ya nggak lah. Dalam hati Saya sudah bertekad, bahwa saya harus bergabung, nanti. Kok? ya iyalah, saya merasa harus mempersiapkan diri dulu. Ceritanya pemanasan gitu. Pengin ambil kursus privat, waktunya susah. Sementara saya belajar lewat online saja.

Saya memilih belajar Bahasa Inggris melalui aplikasi bernama Duolingo. Aplikasi berikon burung hantu hijau ini menyediakan materi pelajaran bahasa yang cukup banyak. Tak hanya Bahasa Inggris, ada Spanyol, Jepang, Jerman dan lain-lain.

duolingo3

Cara daftarnya mudah bisa memakai akun media sosial seperti G+, Facebook dan Twitter. Setelah daftar kita memiliki aku di Duolingo. Jika ingin melengkai profil, bisa edit profilnya dan pasang foto yang diinginkan. Mudahkan caranya? seperti membuat akun media sosial lain.

Disana kita bisa mengikuti berbagai macam tes berdasarkan tingkatan. Biasanya sebelum memulai tes akan ada plecement tes terlebih dulu. Hasil placement itulah yang dijadikan dasar kita bisa memulai tes di level tertentu.

Tes nya meliputi, menerjemahkan tulisan, melengkapi kalimat, maupun mendengarkan dan menuliskan apa yang didengar tersebut. Dalam setiap tes kita dimodali 3 hati. Jika kita salah menjawab pertanyaan maka hati tersebut akan hilang. Jika tiga-tiganya hilang maka kita harus mulai tes dari awal lagi.

update terbaru, sekarang menggunakan batang indikator bukan hati
update terbaru, sekarang menggunakan batang indikator bukan hati

Sebaliknya, jika kita berhasil menjawab semua pertanyaan dengan benar, akan mendapat bonus 1 lingot. Ini bisa berguna ketika ditukar di toko lingot. Kita bisa mendapat bonus tambah hati, runtunan berturut-turut dan lain-lain.

Menurut Saya, Duolingo nggak cuma cocok buat emak-emak seperti saya,  aplikasi ini bisa juga dipakai  oleh anak usia SD. Anak pertama saya, juga memakai aplikasi ini untuk belajar Bahasa  Inggris

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan dipasang di smartphone juga. Ini sangat membantu Saya dalam belajar di manapun dan kapanpun saya mau. Nah, belajar Bahasa Inggris jadi lebih mudah buat emak-emak seperti saya.

Ini hasil belajar Saya, baru sampai pada level 8.

baru sampai level ini dan masih banyak tes nya
baru sampai level ini dan masih banyak tes nya

Oh, ya biar tambah seru, bisa juga mengundang teman-teman lain untuk belajar di Duolingo. Tes di Duolingo juga bisa diulang-ulang berdasarkan kebutuhan. Jika kita merasa masih lemah di satu tema, kita bisa mengulangnya hingga menguasai benar.

Semoga nih, kalau sudah selesai tes nya saya jadi pede untuk bergabung dengan blog Bahasa Inggris. Bisa membuat satu postingan Bahasa Inggris dan bertema pula. Amin.

http-signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

14 thoughts on “Emak Belajar Bahasa Inggris di Duolingo

  1. Mba Ety ini postingan bagus sekali dan sangat bermanfaat buat mereka yang ingin belajar bahasa Inggris dan ngga bosenan. Nanti saya coba ikutan masuk deh dan ikut menginduhnya.. besok kalau kopdar boleh tuh disosialisaikan ke ibu ibu yang lain
    Sukses bbuat mba Ety deh

    1. Ada Bahasa Jepang mba Tya. Tapi saya nggak tahu berbayar atau tidak krn blm pernah cb. Kalau yg english sih gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *