Memahami Aturan Food Combining

fcSejak dikenalnya pola makan Food Combining di Indonesia pada tahun 1999, semakin banyak orang tertarik untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun tak jarang, mereka yang menerapkan Food Combining justru tidak mendapat manfaat seperti yang mereka harapkan. Timbul berbagai permasalahan seputar kesehatan seperti kurang gizi , pusing, lemas dan sebagainya. Kontroversi pun muncul mengkritisi pola makan ini. Lalu adakah yang salah dari Food Combining?.

Telah banyak buku mengupas mengenai Food Combining, salah satunya adalah buku “Food Combining, Pola Makan Sehat, Enak dan Mudah, karya Widyanti Yuliandari, seorang pelaku Food Combining yang telah merasakan manfaatnya bagi kesehatan. Buku ini menjawab banyak persoalan seputar penerapan pola makan Food Combining, seperti mengapa bagi sebagian orang efek Food Combining justru tidak baik bagi tubuh mereka.

Dalam buku ini penulis memaparkan tentang Food Combining dari mulai sejarahnya, apa itu Food Combining, mengenalkan system percernaan manusia, alasan mengapa Food Combining itu penting, aturannya dan maanfaat dari Food Combining

Food Combining bagi banyak orang dikenal sebagai pola makan yang beda sekali dengan pola makan yang sudah umum dijalani. Contohnya bagi orang Indonesia, makan itu ya ada nasi, sayur dan lauk-pauk jadi satu. Sementara itu Food Combining memadukan bahan makanan berdasarkan sifat makanan itu dan pengaruhnya terhadap tubuh (hal.11).

Untuk dapat memahami apa yang terjadi didalam tubuh kita, penting terlebih dahulu mengenal sistem perncernaan dan cara kerjanya. Tubuh kita memiliki tiga fase dalam mengolah makanan yaitu fase cerna, fase serap dan fase buang. Selain itu tubuh kita juga memiliki konsep asam basa. Mengenal apa yang terjadi didalam tubuh akan membantu dalam memahami Food Combining (hal.15-22).

Lalu bagaimana aturan ber-Food Combining itu?. Buku ini secara secara lengkap mengupas apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan, seberapa besar porsi makannya, dan kapan boleh memakannya (hal.23-46). Buku ini juga memberi panduan bagi Anda yang tertarik memulai pola makan ini. Bagaimana memulainya, memberikan contoh menu makanan yang bisa disantap termasuk tips sukses menjalani Food Combining (hal 47-56). Tak hanya itu buku ini juga meluruskan atas banyaknya salah kaprah yang terjadi dalam ber-Food Combining.

Sebelum memutuskan menjalani Food Combining sudah seharusnya memahami dulu aturannya. Jangan sampai salah paham sehingga membuat salah dalam menerapkan dan akhirnya menimbulkan efek negatif pada tubuh kita.

Buku ini cukup lengkap sebagai panduan bagi yang ingin ber-Food Combining. Dengan dilengkapi tanya jawab dengan dokter dan juga resep masakan, tentu akan memperkaya pengetahuan tentang Food Combining.

Judul Buku                              : Food Combining, Pola Makan Sehat, Enak & Mudah

Penulis                                     : Widyanti Yuliandari, S.T.

Penerbit                                   : Kawan Pustaka

Jumlah Halaman                      : 176 halaman

ISBN                                       : 979-757-586-1

 

10 thoughts on “Memahami Aturan Food Combining

  1. waktu bulan puasa kemaren sukses ber-food combining 🙂 dan disiplin banget.. alhasil dalam sebulan turun 5kg.. ehhhh begitu masuk lebaran dan setelah lebaran, balik ke kebiasaan buruk awal.. dan sekarang udah naik lagi doooong.. nyaris ke BB semula..

    huhuhuhuh…

    gimana ya biar tetap tahan banting tahan godaan ber-food combining??

    1. Nyari teman mba Pipiet..emang konsisten itu nggak mudah, tapi banyak kok yang bisa bertahan. Coba deh baca buku ini, ada tips sukses berfc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *