Menjajal Jaringan 4G LTE Advance Smartfren di Kota Solo

foto di Soga Resto
foto di Soga Resto

Sebagai seorang Blogger, kebutuhan akan internet itu adalah kebutuhan primer. Tanpa internet manalah mungkin kegiatan blogging bisa berjalan. Sayangnya kendala klasik yang saya alami adalah koneksi lelet yang tak kunjung usai terutama jika ingin posting video makanya selama ini saya menghindari untuk memasang video dalam postingan.

Beberapa hari yang lalu saya mendapat undangan dari Smartfren untuk mengikuti network drive test 4G LTE Advance di kota Solo. Kabarnya, teknologi ini lebih baik perfomanya dari generasi ketiga. Klaimnya, lebih cepat dan stabil dalam koneksi serta lebih luas jangkauannya apalagi jika digunakan untuk menonton video ataupun melakukan video call.

wartawan dan blogger yang melakukan speedtest
wartawan dan blogger yang melakukan speedtest

Teknologi G memang terus mengalami evolusi. Jika pada awalnya kita hanya bisa menerima pesan suara saja, teknologi G membuat kita bisa membuat pesan teks bahkan kemudian bisa berinternetan dengan handphone. Generasi ke 4 ini menyempurnakan kehadiran generasi G sebelumnya yaitu pada kecepatan data.

wpid-1440811456377.jpg

Smartfren menjadi operator penyelenggara 4G LTE Advance pertama di Indonesia tentu merasa perlu untuk menguji kesiapan jaringan yang mereka miliki demi kepuasan para pelanggan. Setelah Grand Launching pada tanggal 19 Agustus 2015, Smartfren mengadakan tur ke 22 kota untuk melakukan network drive test. Solo menjadi salah satu kota tempat dilakukannya network drive test tersebut.

Saya pun merasa beruntung ketika pada tanggal 27 Agustus 2015 (bukan karena menjadi satu-satunya blogger perempuan lho ya 😉 hehehe) bisa mengikuti rangkaian network drive test 4G LTE Advance dari Smartfren. Acara ini diikuti oleh awak media baik lokal maupun nasional dan blogger Solo dari berbagai komunitas seperti Blogger Bengawan, Kompasiana, dan KEB (Kumpulan Emak Blogger).

Berangkat dari rumah jam 10.00 Wib ternyata sempat membuat dan,dig,dug, kawatir telat. Ditengah perjalanan Mas Seno (Markom Smartfren) menelepon menanyakan keberadaan saya, ya saya bilang kalau dalam perjalanan. Alhamdulillah, jam 11 lebih WIB akhirnya sampai juga di Hotel Novotel. Mas Seno segera menyambut saya dan di sana saya akhirnya bisa bertemu dengan teman-teman blogger kota Solo seperti Pak Danang Adi Sukmana,Mas Very, Mas Dimas, dan Mas Guntur.

Bersama Pak Danang langsungtes henpon baru
Bersama Pak Danang langsungtes henpon baru

Inti dari acara ini adalah menguji ketangguhan teknologi 4G LTE Advance dan memantau kesiapan jaringan 4G yang dimiliki Smartfren di kota Solo. Sebagai informasi saat ini telah ada lebih1200 macrosite Smartfren 4G LTE Advance yang tersebar di 42 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY. Dalam network drive test kami dibekali dengan device terbaru dari Smartfren yang dirancang untuk teknologi 4G yaitu Andromax Q.

Andromax Q
Andromax Q

Mas Seno mempersilahkan kami untuk segera menyiapkan device berikut aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan network drive test seperti Ookla, Open Signal, Youtube dan aplikasi lainnya untuk membuktikan kecepatan jaringan 4G LTE Advance. Setelah masing-masing device siap maka rangkaian network drive test pun dimulai, tes, tes, tes.

Mas Very dari Solo Update lagi asyik speedtest
Mas Very dari Solo Update lagi asyik speedtest
Sst lagi khusyu speedtest
Sst lagi khusyu speedtest

Sebelum memulai perjalanan keliling kota Solo, kami semua diajak lunch bareng Smartfren di restonya Hotel Novotel. Sembari menikmati makan siang, beberapa dari kami tetap asyik melakukan speedtest. Perjalanan keliling kota Solo diawali dengan mengunjungi SMAN 2 Solo. Di dalam bis, Pak Munir Syahda P (Head Of Network Smartfren), memberikan penjelasan mengenai 4G LTE Advance, kesiapan jaringan 4G di kota Solo dan meminta para blogger untuk menguji kecepatan dan kemudahan layanan yang diberikan oleh Smartfren.

Selain menyelenggarakan Workshop Internet Cerdas yang diikuti beberapa sekolah di kota Solo, Smartfren juga menyerahkan bantuan kepada sekolah- sekolah tersebut. Ini adalah bagian dari program CSR Smartfren. Smartfren mengajak para kalangan pendidikan dan pelaku ekonomi kreatif untuk memanfaatkan internet dalam kegiatan mereka. Dihadapan para peserta workshop, Smartfren juga sempat melakukan demo video call.

video call lancar
video call lancar
Penyerahan secara simbolis CSR kepada sekolah
Penyerahan secara simbolis CSR kepada sekolah

Dari sini perjalanan keliling kota Solo pun berlanjut dengan menyusuri beberapa jalan seperti Jl Kapten Mulyadi, Jln Veteran, Jalan Oerip Sumohardjo dan berakhir di Jln. Slamet Riyadi. Nah, bagaimana hasil speedtest jaringan 4G LTE Advance nya Smartfren? Berikut ini hasil speedtest yang saya lakukan:

hasil speedtest di SMAN 2, Solo
hasil speedtest di SMAN 2, Solo
Hasil speedtest di Jln. Kapt.Mulyadi, Solo
Hasil speedtest di Jln. Kapt.Mulyadi, Solo
Hasil speedtest di Jln Urip Soemohardjo, Solo
Hasil speedtest di Jln Urip Soemohardjo, Solo

Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan ketika melakukan speedtest, internetan menggunakan jaringan 4G memang beda. Bedanya lebih cepat dan stabil. Download aplikasi cepat, wus,wus,wus. Bisa dilihat kecepatan download diatas 10 mbps, bahkan di smartphone blogger lain ada yang jauh lebih cepat.

Nonton video di Youtube juga tanpa buffering, asyik pokoknya. Hanya saja untuk kecepatan upload yang terekam di smartphone saya masih dibawah 3 mbps. Jika bisa lebih cepat tentu lebih baik lagi (bisa dilihat pada screenshoot diatas).

Ini hasil speedtest kami,, punyamu gimana? foto: Danang Adi Sukmana
Ini hasil speedtest kami,, punyamu gimana? foto: Danang Adi Sukmana

Rangkaian network drive test berakhir di Soga Resto. Disini Pak Munir , Head of Network Smartfren mempresentasikan hasil speedtest hari itu. Kesimpulannya, 80-90% jaringan 4G kota Solo telah siap melayani pelanggan. Beliau juga menekankan bahwa Smartfren tidak hanya menekankan pada kecepatan saja namun juga pada layanan yang prima seperti pelanggan dapat secara nyaman menikmati layanan video call dan aplikasi lainnya.

Pak Munir mempresentasikan hasil speedtest kota Solo foto: Very Kurniawan
Pak Munir mempresentasikan hasil speedtest kota Solo
foto: Very Kurniawan

Bagaimana dengan teman-teman, ingin bermigrasi ke teknologi 4G?. Agar dapat menikmati layanan 4G LTE Advance, device dan sim card yang digunakan harus kompatibel dan pastikan teman berada di area coverage 4G LTE Advance ya.

Oh ya, Smartfren juga memberikan promo menarik yaitu Smartplan Limitless. Teman-teman bisa berinternetan tanpa perlu kawatir. Meskipun kuota habis, kalian bisa tetap terhubung dengan internet. Bagi teman-teman yang sudah memakai kartu smartfren bisa diupgrade lho supaya bisa bermigrasi ke 4G. Keterangan lengkapnya bisa dicek di smartfren

generasi 4G kota Solo
generasi 4G kota Solo foto: Seno Pramuadji

Oke, selamat menikmati era baru berinternetan teman. Terimakasih untuk @smartfrenworld atas kesempatannya bisa menikmati kecepatan 4G LTE Advance.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

 

 

 

4 Comment

  1. Waa..mesti lapor pak suami nih, utk bahan pertimbangan. Modem sy rusak dan mmg ingin ganti yg lbh baik lagi.

    1. Monggo mba arinta…selamat bermigrasi ke 4G

  2. Wah. Baru berkunjung di rumah mayamu Mak. Cantik sendiri ni diantara cowok2..

    1. qeqeqe, begitulah Mba Diba. Soulmateku lagi di Manado.

Leave a Reply