Internet Cepat #GoForIt, Sahabat Emak Digital

wpid-1444208838759.pngMenyandang predikat emak memang tidak bisa lepas dari imej dapur dan sumur. Urusan memasak, cuci mencuci dan beberes ibarat makanan wajib bagi emak tanpa asisten seperti saya. Pisau, wajan, sutil, panci, mesin cuci, sapu dan kain pel menjadi senjata sehari-hari. Nah, di era internet cepat ini senjata emak bukan hanya seperangkat alat masak dan alat mencuci serta alat bersih-bersih saja tapi ada tambahan satu alat lagi yaitu gadget. 

Kehadiran internet cepat memang menjanjikan kemudahan dalam mendapatkan informasi bagi siapapun termasuk saya sebagai ibu rumahtangga. Internet berikut perangkatnya yang semakin canggih dan simpel telah sukses membuat saya sebagai user aktif. Tiada hari tanpa internet deh. Bagi saya internet sudah merupakan kebutuhan. Jadi ada dalam daftar pengeluaran bulanan.

senjata emak

emak digital

Pernah suatu hari saya dipusingkan dengan tingkah anak-anak yang mogok makan. Selidik punya selidik, ternyata mereka sedang bosan dengan masakan saya yang itu-itu saja. Sempat beberapa saat beli makan di luar tapi dihitung-hitung jadi boros. Saya putuskan kembali memasak sendiri. Disinilah internet cepat membantu saya.

Saya ambil gadget dan cari resep masakan. Tinggal tulis kata kunci di mesin pencari maka aneka resep masakan tersaji. Lalu pilih deh resep masakan yang diinginkan. Biasanya saya memilih resep masakan di blog para foodie blogger. Lebih percaya aja, karena resepnya teruji. Saya sudah sering mencari inspirasi resep dari blog Diah Didi Kitchen dan Just Try & Taste. Cari resep secara digital begini nggak pakai repot dan nggak pakai lama, saya pun bisa segera memasak.

Tak hanya masakan yang resepnya saya dapat dari searching di internet. Resep aneka camilan dan es juga saya dapat dari internet.

Internet cepat juga telah membuat saya betah ngeblog selama 6 tahun. Bahkan sekarang semakin eksis ngeblog. Telah ratusan tulisan saya hasilkan, dan beberapa diantaranya memberikan keuntungan secara materi. Aktifitas blogging dengan internet cepat itu seperti bepergian dengan mobil sport di jalan tol, bisa kenceng dan bebas hambatan. Urusan posting tulisan, upload foto dan video, sharing ke berbagai media sosial bakal lancar.

blogging
blogging asyik dengan internet cepat

Mendapat inspirasi kegiatan untuk anak juga kerap saya dapatkan dari hasil surfing, lho. Beberapa diantaranya adalah melakukan percobaan ilmiah sederhana, membuat simulasi gunung meletus, membuat prakarya dan kegiatan memasak. Sebagian sudah saya dokumentasikan di blog ini.

sedang membuat gunung
sedang membuat gunung

Lebih dari itu internet cepat juga telah berjasa mempertemukan saya dengan teman-teman semasa SMP dalam grup chat. Bukan sekedar nostalgia, kami ingin menjalin kembali silahturahmi yang terputus dan mewariskan silahturahmi pada anak-anak kami.

grup chat alumni smp
grup chat alumni smp
mengunjungi bayi baru lahir, anak dari salah satu alumni
mengunjungi bayi baru lahir, anak dari salah satu alumni dok: Hery Prasetyo

Bagaimana dengan jaringan internet cepatnya Smartfren?

Smartfren yang telah mengukuhkan diri sebagai salah satu operator yang menyediakan layanan Smartfren 4G. Bahkan dengan inovasinya Smartfren telah mengembang teknologi 4G LTE menjadi Smartfren 4G LTE Advance. Disini Smartfren menggunakan teknologi LTE Radio yaitu Time Division Duplex (TDD) pada frekuensi 2300 MHz dan Frequency Division Duplex (FDD) pada frekuensi 850 MHz. 4G LTE Andvance diyakini mampu memberikan kecepatan data hingga 100 Mbps.

smartfren 4g lte advance

Dengan teknologi tersebut Smartfren menjanjikan akses data lebih cepat, lebih stabil dan dengan jangkauan yang luas. Teknologi LTE Advance didukung oleh fasilitas VoLTE (Voice Over LTE). Ini merupakan layanan percakapan suara dengan menggunakan jaringan LTE. Contohnya melakukan video call, menelepon melalui What’s up maupun BBM, kualitas suara yang didapat lebih jelas dan tanpa terputus.

Hanya saja sistem penagihan untuk layanan suara tidak dihitung permenit melainkan per volume. Jadi semakin besar data yang dipakai, bayarnya juga semakin mahal. Wah bisa bikin kantong jebol ya kalau memakai layanan 4G LTE Advance.

Untuk masalah satu ini, Smartfren memahami benar kebutuhan pelanggannya, dengan meluncurkan paket data berupa Smartplan Limitless. Kelebihan yang ditawarkan paket data ini adalah tetap terhubung internet meskipun kuota utama sudah habis tanpa dikenakan biaya tambahan.smartplan limitless

Selain itu, Smartplan Limitless juga menyerahkan kendali pemakaian data seperti kuota internet, SMS, dan telepon kepada pelanggan. Tersedia fitur untuk mengatur besarnya pemakaian data yaitu fitur Smart Slider. Nah fitur pengaturan ini bisa dapat dengan mengakses www.smartfren.com atau melalui aplikasi MySmartfren pada Android.Dengan fitur ini, kantong jebol karena internetan tak lagi ada di tangan operator namun tergantung pada pelanggan, hehehe.

Untuk bisa menikmati layanan 4G LTE Advance maka pelanggan harus menggunakan USIM, perangkat yang kompatibel dan berada di wilayah yang terkover jaringan 4G LTE Advance. Jika perangkat belum mendukung maka pelanggan bisa mengupgrade ke Andromax 4G LTE.

upgrade perangkatInternet Cepat dan Saya

Bagi saya kehadiran internet cepat memang mengubah pola hidup. Saya merasa menjadi lebih digital dari sebelumnya. Contohnya dalam mendapatkan informasi, dulu jika ingin tahu sesuatu itu harus membaca baik media cetak maupun buku. Sekarang bisa dilakukan secara digital, tinggal buka gadget, segala macam informasi bisa didapat, mudah bukan?. Menyalurkan hobi menulis  menjadi mudah dan mengasyikan dengan adanya blog. Pengin ngobrol dengan sahabat yang tinggal nun jauh di sana dengan video call juga terlaksana berkat internet cepat. Hm, rasa-rasanya julukan Emak Digital tepat disematkan pada saya, xixixi.

Saya sendiri sudah mencoba menikmati 4G LTE Advance, untuk aktifitas seperti searching nggak masalah, untuk aktifitas ngeblog juga lancar. Nah, ketika dipakai untuk streaming video ternyata juga lancar, nggak buffering. Kemarin sempat menelepon melalui What’s Up, suaranya terdengar jelas.

nonton you tube tanpa buffering
nonton you tube tanpa buffering

Internet cepat bagi saya seperti sahabat. Kata orang, sahabat itu selalu ada disaat kita butuhkan dan selalu memahami apa yang kita perlukan. Begitu juga internet cepat, selalu ada dan selalu memahami kebutuhan saya dalam berinternetan.

 

18 Comment

  1. serba ada ya di Internet, mau apa pun jadi bisa

    1. Iya mba, bikin betah ngeblog nih

  2. Bener banget..emak jaman sekarang selalu ada gadget di tangannya

    1. Samaa ya Mak? hihihi..kita emang emak digital.

  3. pokoke dengan internet emak2 sekarang bisa jadi mak supeeer deh…apa aja yg ga diketahui…nyari inet 🙂

    1. Terbantu banget ya Mak..tos lah

  4. di dalam internet terdapat berbagai macam info ya mbak, saya pun nyari bahan menyuluh dari internet, kalo soal searching masakan apalagi, nyontekin resep orang2 deh hehe

    1. Iya mba evri, sudah kebutuhan deh.

  5. emak sekarang akrab dengan internet, sangat membantu sekali untuk sehari2…

    1. Yuhuui, mba Dewi, secara emak-emak jd ya makai internet sepanjang ada manfaatnya bagi keluarga

  6. dengan adanya internet cepat, segala kemudahan bisa di dapat ya mba…

    1. Betul mba Susanti. Makasih kunjungannya

  7. aku masih punya smartfren tapi modem. belakangan sering ada notif buat disuruh upgrade 4G LTE. huhu. tapi hp nya udah ga dipake. makenya modem aja. :3

    1. Sayang mba, kalau area nya ada jaringan 4G.

  8. era internet membuat efisien dan mudah ya dan irit, kalau dulu unt dapat infoharus beli majalah atau koran sekarang bisa buka webnya gratis

    1. Iya mba rina, Makasih sudah berkunjung

  9. gak sempet ikutan iniii.. Goodluck ya mbaak, semoga menaang 😀

    1. Hihihi, kalah Mak

Leave a Reply