Naik Ojek Bersama OJESY

OJESY (1)Naik ojek tidak ada dalam daftar pilihan moda transportasi yang saya pakai. Kenapa? Saya nggak nyaman aja harus mbonceng sama yang bukan muhrim. Sementara naik motor sendiri saya nggak berani. Kalau pas ada suami sih, beliau setia mengantar jemput saya tapi kalau lagi kerja ya nggak bisa dong. Nah, untungnya sekarang sudah hadir Ojek Syari Indonesia atau populer disebut dengan OJESY. 

Pertama mengetahui adanya OJESY itu dari tayangan sebuah stasiun televisi. Waktu itu sayapun langsung tertarik mengetahui lebih jauh tentang OJESY ini. Ternyata si empunya ide itu masih mahasiswa yaitu Evilita Andriani (19 tahun). Awal munculnya ide OJESY ini adalah adanya kebutuhan para wanita muslimah akan ojek. Masalahnya sebagian besar pengemudi ojek kan laki-laki, sehingga membuat para muslimah enggan naik ojek padahal mereka amat membutuhkan transportasi itu.

Peluang itulah yang ditangkap oleh Evi dan rekannya Reza Amir dengan mendirikan layanan ojek wanita OJESY pada 10 Maret 2015. Awalnya OJESY ini bernama Ojek Syari Surabaya. Baru pada 8 Agustus 2015 berubah menjadi Ojek Syari Indonesia. Dengan menggandeng rekan baru yaitu Agus Edi (32 tahun), OJESY mengembangkan usahanya dengan menjangkau lebih banyak kota di Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Semarang, Solo, Depok, Bekasi, Sidoarjo, Gresik, Malang, Madiun, dan Jogya.

ojesy
ojesy

Wah, ini kabar baik buat saya karena Kota Solo sudah dijangkau oleh layanan OJESY. Kemarin saya berkesempatan untuk mencoba memakai layanan OJESY. Berbekal nomor layanan yang saya dapat dari Facebook OJESY sayapun memesan ojek untuk keberangkatan jam 9.30 WIB ke BTC. Ternyata ada antrian membuat saya baru bisa dijemput pukul 10.00. It’s okay, saya dengar peminat OJESY memang banyak.

isi form orderan dulu
isi form orderan dulu

Buat teman-teman wanita dan membutuhkan jasa OJESY bisa memesan lewat telepon, SMS maupun WA. Kemarin sih, saya pesan lewat nomor WA, langkahnya mudah kok, seperti berikut ini:

  1. Kirim pemesanan OJESY
  2. Kita Isi data singkat seperti nama, no hape/wa,tanggal jemput, jam jemput, kota, alamat tempat, dan alamat tujuan. Serta keterangan mengenai besarnya tarif yang dikenakan.
  3. Selanjutnya pihak OJESY akan mengirimkan nama sahabat pengendara OJESY dan nomer hapenya.
  4. Kalau sudah tinggal duduk cantik sambil menunggu sahabat pengendara OJESY datang.

Jam 10 kurang sedikit, Mba Iyut, sahabat pengendara OJESY datang menjemput. Naik OJESY dijamin helm disediakan jadi kita nggak perlu repot bawa helm sendiri. Mba Iyut, orangnya ramah. Sepanjang jalan kamipun ngobrol tentang OJESY dan aktifitas beliau. Dari Mba Iyut saya tahu kalau OJESY Solo baru ada sekitar 3 bulan lalu. Beliau ini sahabat pengendara OJESY angkatan pertama. Sekarang jumlahnya ada sekitar 10 orang.

Mba Iyut OJESY
Mba Iyut OJESY

Menurutnya, penghasilan yang dia dapat dari OJESY termasuk bagus apalagi jika dalam sehari bisa narik lebih dari 3 orang penumpang. Dari sini Mba Iyut mendapatkan 70 persen sedangkan pihak manajemen mendapatkan bagi hasil 30 persen. Ketika saya tanya, gimana perasaannya bergabung dengan OJESY, ternyata Mba Iyut merasa senang dan cocok. Terutama dari segi waktu, karena diberi kebebasan mau ambil atau tidak ordernya. Sehingga aktifitas yang sebelumnya sudah dijalaninya tidak terganggu.

Sedangkan bagi konsumen seperti saya, lebih efisien dari segi waktu, karena naik ojek itu bisa lewat jalan tikus, hehehe, jadi lebih cepat nyampe. Kemarin juga begitu, Mba Iyut membawa saya melalui jalan-jalan yang saya belum pernah lalui. Selain itu naik ojek bersama OJESY itu membuat saya merasa aman dan nyaman karena sesama wanita.

OJESY memang melayani wanita dan anak-anak. Namun untuk anak laki-laki dibatasi usianya hanya sampai SD saja. Yang menarik adalah pada waktu mau berangkat atau sampai tujuan Mba Iyut ini laporan dulu sama pusat. Kata beliau “ini bisnis amanah mba, saya harus selalu laporan”. Termasuk ketika beliau mendapat job langsung ke nomor hapenya.

Wah, saya bakal jadi pelanggan tetap OJESY nih. Apalagi beberapa minggu kedepan ada acara yang harus saya hadiri dan saya tidak paham alamatnya. Hm, sudah ada rencana pakai OJESY lagi.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

14 thoughts on “Naik Ojek Bersama OJESY

  1. waaahh horee ada ojek perempuan ya mbak.. Seneeeng, ntar insya allah kalo udah balik gak perlu rempong tra lala nunggu suami atau takut macet dan telat ke mana-mana, ada ojek bagus gini.. semoga armada mereka bisa terus nambah..

    1. Betul..kita kan samaaan ya. Tergantung banget sama misua. Eits, tapi sekarang berkurang banyak kok. Dah berani naik turun BST nyampe Kartosuro, hahaha. Semoga mba, aku terbantu banget soalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *