Membuat Hasta Karya Dari Rotan

hasta karya rotan

Cerita Saya kali ini masih ada hubungannya dengan postingan kemarin yaitu tentang upaya mencegah kecanduan game pada anak. Bicara mengenai hal tersebut, kemarin juga disinggung tentang perlunya anak diberi banyak pilihan aktifitas. Nah, salah satu aktifitas yang bisa dipilih adalah membuat hasta karya. Jika anak memiliki minat terhadap aktifitas ini ada beberapa hasta karya yang bisa dipilih. Salah satunya adalah membuat hasta karya dari rotan.ย 

Mba bilang, dia mau beli rotan untuk membuat hasta karya. Saya pikir rotan itu ukurannya besar seperti yang digunakan untuk membuat furniture. Ternyata bukan, rotan yang dibeli Mba di koperasi sekolah itu kecil bentuknya, panjangnya sekitar dua meteran. Dalam satu kemasan isinya ada 4 gulung rotan dengan warna berbeda. Harganya juga murah, hanya Rp.4000,00.

Selain rotan dalam bentuk gulungan, dalam satu kemasan tersebut terdiri dari potongan rotan sepanjang 20 cm sebanyak 10 biji. Kesepuluh batang rotan ini berfungsi sebagai kerangka dari hasta karya yang akan dibuat. Untuk alasnya, memakai karton berbentuk lingkaran dengan diameter bebas. Disesuaikan dengan jenis hasta karya yang akan dibuat. Pinggiran karton ini diberi lubang sebanyak batang rotan yang dijadikan kerangka.

bahan-bahannya
bahan-bahannya

Sebelum digunakan, sebaiknya rotan direndam sebentar, kira-kira 5 menit. Fungsi perendaman adalah untuk melenturkan rotan. Rotan yang kaku dan keras akan mudah patah ketika sedang dirangkai. Jika sudah tidak kaku lagi maka rotan bisa segera dibuat hasta karya.

Mba, mencoba membuat dua buah hasta karya, yang satu berbentuk keranjang mini dan sebuah vas bunga. ย Yang membedakan bentuk keranjang kecil dan vas bunga adalah kerangkanya.

Berikut ini cara membuat hasta karya bentuk vas bunga:

  1. Ambil alas berbentuk lingkaran yang pinggirannya sudah diberi lubang sebanyak 10 buah.
  2. Masukkan batang rotan untuk kerangka, sisakan satu lubang. Nantinya lubang ini diisi ujung rotan gulungan.
  3. Ujung rotan dimasukkan ke dalam lubang yang tersisa.
  4. Jika sudah langkah selanjutnya adalah melilitkan rotan gulungan pada rangka secara selang-seling, seperti anyaman gitu.
  5. Lakukan sampai rotan habis, setelah itu ganti dengan warna yang berbeda. Begitu terus, hingga kerangka tertutup rotan semuanya.
lubang yang kosong diisi ujung rotan yang akan dianyam
lubang yang kosong diisi ujung rotan yang akan dianyam

Jika ingin membuat hasta karya keranjang kecil, maka kerangka rotan setelah dipasang kemudian ditarik ke arah luar , sehingga bentuknya akan melebar. Sedangkan ujung ditekuk ke arah samping. langkah selanjutnya, rotan gulungan dianyam pada kerangka yang telah dibuat.

Untuk anak-anak yang masih belajar, hendaknya kita jangan menuntut hasil yang bagus, hehehe. Kalau rapi dan bagus itu perajin rotan namanya. Yang penting adalah proses membuatnya, karena di sini tidak hanya melatih kemahiran jari-jemari, namun juga mengasah ketelatenan dan kesabaran anak-anak.

Membuat hasta karya memberikan manfaat juga dalam merangsang kreatifitas anak. Selain dilatih untuk mampu menyelesaikan sebuah karya, anak juga dilatih mengatasi kesulitan selama pembuatannya. Manfaat lainnya anak dilatih untuk taat pada instruksi karena dalam membuat hasta karya kan ada aturan membuatnya. Jika sesuai instruksi, hasil yang didapat pasti sesuai dengan pola.

Manfaat lain aktifitas ini akan melatih kemampuan motorik anak. Jari-jemari anak dilatih untuk bisa luwes bergerak. Yang tak kalah penting adalah membangun rasa percaya dirinya. Jika berhasil membuat suatu karya, anak-anak biasanya dengan bangga menunjukkan karyanya pada orang lain terutama orangtuanya. Nah, ini bisa jadi modal tumbuhnya kepercayaan diri pada anak.

hasta karya dari rotan
hasta karya dari rotan buatan mba nisrina

Aktifitas membuat hasta karya dari rotan ini sekadar memberikan alternatif pilihan pengisi waktu bagi anak-anak. Tentu saja penerapannya disesuaikan dengan minat dan kemampuan mereka. Jika anak tidak memiliki minat terhadap aktifitas ini, tidak masalah, pilihkan saja aktifitas lainnya.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

22 Comment

  1. keren hasta karya dari rotannya…

    anak2 memang gampang sekali kecanduan game ya bu

    1. Makasih Ibu Dzaky, lumayanlah untuk pemula

    1. Makasih Mak Titis..

  2. bagus banget jadinya ya mbak…kalo dari rotan kadang harga jualnya lebih tinggi..hehehe…kreatip deh ๐Ÿ™‚

    1. Hihihi, iya ya mba dwi. Makasih

  3. Wah saya setuju banget sama orang tua yang mengupayakan anaknya menghindari kecanduan game atau gadget, Mba Nisrina telaten banget anyam rotannya hasilnya bagus.

    1. Masih belum rapi kok Umi. Dia mau dengan sendirinya, saya support aja.

  4. Wah bagus sekali hasilnya. Keren!
    Itu kalo keranjangnya agak besaran dikit, bisa buat tempat buah-buahan lho ๐Ÿ™‚

    1. Iya ya mba liany. Kemasan rotannya ukuran kecil soalnya.

  5. wah… keren hasilnya.. bisa dicoba di rumah ini..

    1. Silakan Mba Eda.

  6. Hmmm di sekolahku ada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, waktu kelas 2 kemarin di suruh bikin kerajinan dari bahan lunak. Kebetulan kelompokku milih menggunakan rotan sebagai bahan bakunya. Eh ternyata bikin kerajinan dari rotan nggak segampang di tutorialnya, butuh kesabran ekstra dalam mengerjakannya. Ketika sudah mengerti tekniknya, eh masih harus bersabar lagi mengaplikasikannya.

    1. Membuat hasta karya memang butuh ketelatenan. Termasuk membutuhkan hasta karya dari rotan. Kalau rotan terlalu kaku mudah patah ketika harus dibentuk melingkar. Tapi, kalau sudah selesai senang rasanya.

  7. Lucu jadi keranjang warna warni, jadi inget prakarya jaman SMP dulu

    1. Iya om cumi, walaupun hasilnya blm rapi..

  8. Telaten banget buatnya. Kreatif! Salam kenal ya, Mbaaa ๐Ÿ˜€

    1. Alhamdulillah, itu karena anaknya mau sendiri mba. Jadi aja bersedia telaten

  9. Hasta karya yang cantik, dan mudah diajarkan untuk anak-anak. Sangat kreatif dan anak bisa bermain dengan warna, membiarkan mereka berkreasi seperti ini bisa memunculkan ide-ide kreatif dan menumbuhkan rasa percaya diri, dan kita sebagai orang tua harus mendukung dan memberikan apresiasi atas segala hasil yang mereka berikan.

    1. Makasih Mba Himawati.
      Saya berusaha untuk memberi ruang buat anak-anak untuk berkreasi.
      Tidak fokus pada hasil tapi prosesnya.

  10. Bagus..bisa buat tempat pensil juga. Ada ya rotan yang kecil begitu, warna-warni pula. Membuat anak makin kreatif.

    1. Terimaaksih Mba Helena. Ada mba, beli di koperasi sekolah anak-anakku.

Leave a Reply