Jalan-jalan Wisata Ke Candi Prambanan

Sudah lama sebenarnya ingin mengajak anak-anak mengunjungi Candi Prambanan tapi baru seminggu lalu kesampaian. Nggak terlalu jauh sih jaraknya kalau dari Kota Solo. Tapi ya itu, tiap kali ada niatan kesana, ada hal lain yang harus didahulukan. Nah, kemarin itu bisa terlaksana karena memang ada perlu survei untuk acara family gathering, teman-teman semasa SMP dulu. Hahaha, jadi kalau nggak ada trigger kayaknya masih ketunda juga.

Yeay, akhirnya hari Minggu tanggal 8 November 2015, kami berempat bisa jalan-jalan ke Candi Prambanan. Pagi-pagi sekitar jam 05.00 kami berangkat ke Stasiun Solo Balapan. Alhamdulilah, masih kebagian tiket kereta api Pramex. Maklumlah sudah jadi rahasia umum soalnya, kalau hari Minggu atau hari libur, tiket untuk tujuan keberangkatan Jogya selalu ludes. Cara satu-satunya ya berangkat pagi-pagi sekali.

Anak-anak sih selalu antusias kalau naik kereta api. Bahkan Zahira selalu saja tidak sabar ingin segera naik kereta padahal jam keberangkatan masih lama. Jam 07.15, kereta Pramex yang ditunggu pun tiba. Agak kaget sih melihat penampakan kereta api kelas ekonomi yang satu ini. Terakhir naik Pramex, tempat duduk itu memanjang di sisi kanan dan kiri. Kereta yang sekarang tempat duduknya seperti kereta kelas ekonomi yang lainnya, berhadap-hadapan.

tempat duduk yang nyaman

Tak hanya itu, sekarang ada fasilitas AC dan lebih bersih. Saya harus acungkan jempol buat PT. KAI atas komitmennya untuk lebih memanusiakan penumpang kelas ekonomi. Meskipun tiketnya tanpa nomor tempat duduk, artinya kita memang harus berebut tempat duduk dengan penumpang lain, hehehe. Nggak masalah sih, asal datang lebih awal, bisa tuh dapat tempat duduk.

Alhamdulilah karena datang awal kami bisa bebas memilih tempat duduk. Dengan tiket seharga Rp.8.000,00 kami merasakan kenyamanan dan menikmati perjalanan selama kurang lebih 45 menit hingga Stasiun Maguwo. Dari sini perjalanan ke Candi Prambanan dilanjutkan dengan naik bus Trans Jogya. Nah, tiketnya juga murah hanya Rp.3.600,00. Sebaiknya sih siapkan uang pas saja, biar nggak repot.

Selama kurang lebih 15 menit perjalanan, kami pun sampai di halte Prambanan. Untuk bisa masuk ke area Candi Prambanan, ada beberapa kendaraan yang bisa dipilih. Ada andong dan ojek. Kami memilih naik andong, karena jadi lebih terasa kalau lagi jalan-jalan di Jogya. Pak Kusir memberi harga 40 ribu untuk sampai ke pintu masuk Candi. Mahal atau murah? menurut saya sih ya itu harga wajar di tempat wisata lah. Tapi, masih saya tawar juga, hahaha, biasalah gaya emak-emak. Lumayan, akhirnya dapat harga 30 rb.

Nggak bakalan nyasar, ada peta

Yuhuuui, sampai juga di Candi Prambanan. Cuaca cerah hari itu dan cukup panas. Memasuki area wisata sih suasana hijau kelihatan banyak pepohonan dan taman di sepanjang jalan menuju pelataran candi. Tempat yang indah buat selfie, welfie maupun sekedar belajar motret. Andai saja saat itu matahari belum terlalu terik, Saya pasti sudah jepret sana-sini. Sayang, sinar matahari sudah terlalu keras.

Menurut saya sih, lebih enak jalan-jalan di Candi Prambanan tuh pagi hari biar nggak terlalu panas. Oh ya, Candi Prambanan itu jam bukanya itu mulai dari jam 06.00 WIB. Jadi, bisa banget kalau mau menghindari berpanas-panas di area Candi. Ada juga sih ojek payung bila menghendaki, sewanya cukup murah yaitu 5 ribu.

perhatikan petunjuk jalan ya

Memasuki pelataran Candi nampak candi-candi Hindu yang masih kokoh berdiri. Beberapa candi memang terlihat runtuh, dan reruntuhan itu dibiarkan begitu saja di area candi. Nampak pula ada beberapa pekerja yang sedang merenovasi salah satu candi. Area Candi Prambanan terdiri dari 3 latar yaitu latar bawah, latar tengah dan latar atas (pusat) yang posisinya semakin ke pusat semakin tinggi.

Jika seluruhnya selesai dipugar maka ada ratusan candi yang berada di area Candi Prambanan. Beberapa nama Candi yang bisa Saya ingat adalah Candi Siwa dengan luas 34 meter dan tinggi 47 meter. Selain itu ada Candi Brahma, Candi Wisnu, Candi Nandi, Candi Angsa, Candi Garuda, Candi Apit, Candi Kelir dan Candi Sudut.

memasuki pelataran candi
naik-naik ke puncak candi
kokoh menjulang

Di luar candi-candi tersebut ada juga candi-candi lain di seputar area Candi Prambanan, seperti Candi Plaosan, Candi Sojiwan, Candi Ratu Boko, Candi Kalasan dan Candi Sambisari. Untuk tiket masuk candi, dewasa 30 rb dan anak-anak 12.500. Jika ingin sekalian ke Candi Ratu Boko maka tiketnya 50 rb. Pengunjung akan diantar menggunakan shuttle bus yang disediakan.

candi prambanan

Mengelingi candi satu persatu, naik turun tangga ditengah terik matahari itu cukup menguras tenaga, qiqiqi. Alhamdulilah anak-anak enjoy saja, meskipun berkali-kali harus menenggak air putih karena memang cepat sekali haus. Puas mengelilingi candi kami jalan-jalan di seputaran candi. Ternyata di sini disediakan juga area bermain anak-anak lengkap dengan ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, kereta listrik dan lain-lain.

ayunan duluu
bersama badut pooh
bisa kasih makan rusa

Bagi yang ingin bersepeda mengililingi area candi juga disediakan sepeda untuk disewa. Sayang, saya tidak sempat menanyakan harga sewanya. Jadi nggak bisa kasih informasi biaya sewa sepeda. Bagi yang kecapekan setelah keliling candi dan butuh suplay suplemen kesehatan, tenang, tinggal datang ke Museum. Di sana bisa minum jamu dengan berbagai pilihan rasa dan khasiat.

menikmati jamu ditemani suara gamelan
Mba Pramusaji siap melayani

Matahari semakin terik, kami pun meninggalkan Candi Prambanan karena sudah ada janji dengan kawan semasa SMP. Perjalanan pun kami lanjutkan untuk makan siang di sebuah rumah makan dekat Candi Prambanan. Perjalanan kali ini sungguh tak hanya memberi pengalaman dan wawasan buat anak-anak, sekaligus juga menyambung tali silahturahmi dengan kawan lama.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

24 Comment

1. anak2 senang juga main2 di tempat mainnya pas ke candi prambanan..

1. Iya Bunda, anak saya paling senang waktu kasih makan rusa. Sampai nambah kasih makannya.

2. jangan lupa ..liputan tgl 15 Nov 2015 ya …

1. Siap Pak Erte…

3. Salah satu candi favorit aku ni mak menurutku Prambanan itu cantik dan fotogenik banget

1. Hihihi, iya mak. Belum puas foto-foto di sana saya.

4. Asik ada sewaan sepeda, ga kan terlalu pegel jalan kaki. Duuh pengeeeen maen ke sana.

1. Yang penting jangan pake higheels deh. Lumayan luas itu areanya. Hayuuuk teh efi, ketemuan di sana

5. aku dulu pernah kesini..sekarang wes lupa kali ya…
    itu asyik banget ngasih makan rusa….

1. Jaman kapan Mak? Hehehe, ayo ke Prambanan lagi. Sekalian kopdar kita. Iya, sekarang di Prambanan nggak cuma lihat Candi.

6. Pernah ke candi Prambanan pas SD…hihi, kalo sekarang seringnya lewat doang…

1. Huwaaaa, dah lama banget itu. Ayo ke kesana lagi. Banyak yang baru lho mba Ika

7. Kangen liat sendratari ramayana ballet di prambanan kalo malam

1. Huwaaa, aku malah belum pernah liat pagelaran sendratari di prambanan. Kapan-kapan lah harus kesana lagi, ngepasin jadwal pagelaran.

8. Wahh… aku malah belum pernah nyicip ke sana mba. wkwkkwkw… engga gaul banget ya.

1. Hayo kemari. Biar bisa sekalian kopdar sama diriku

9. wih kangen ke Candi Prambanan lagi. Udah dua kali ke sana, sewaktu hamil tua sempat ke sana, eh beberapa hari kemudian brojol hehehhehehe..

1. Hahaha, untuk nggak mbrojol di Prambanan..

10. Asyik banget di Candi Prambanan, ya. Ada area bermain juga. Tiket terusannya ditungguin sampai kita balik, ngga? Atau, diantar saja ke Ratu Boko, terus pengunjung ditinggal?

1. Dianter balik ke Prambanan lagi. Ayo kapan ke Prambanan..ketemuan kita..

11. sekarang tiket masuknya ke candi prambanan berapa duit bu ety?

1. 30 rb Pak Danang

12. Udah lama banget aku nggak ke Candi Prambanan, Mak. Terakhir pas masih TK. Alamak, padahal nggak jauh-jauh amat dari rumahku sekarang :v

1. Biasanya kalaudekat malah suka gitu. Pengennya liburan ke tempat yang jauh, heheheh. Ayo ke Prambanan lagi, ajak Ubi jaln-jalan.