Setelah 21 Tahun

wpid-picsart_11-16-12.34.42.jpg

“All it takes is 1 song to bring back 1.000 memories” (HpLyrikz.com)

Bertemu kembali setelah berpisah lebih dari 20 tahun itu menakjubkan. Satu persatu memori tentang masa itupun hadir kembali. Canda, tawa, dan keusilan kami terkuak. Nggak pernah kepikiran sebelumnya, bahwa 15 November 2015 kemarin, akhirnya Saya dan beberapa teman SMP angkatan 93-94 bisa bertemu, ngobrol ceplas-ceplos seperti kala itu. Kalau bukan karena dicemplungin di grup WA alumni SMP Negeri 1 Banyumas 93-94, mungkin sulit bagi Saya bisa  bertemu mereka kembali.

Sejenak Ke Masa Itu

Tahun 90 an dimana saat itu kami tumbuh menjadi remaja adalah masa dimana teknologi internet belum kami kenal. Mainan kami masih sebangsa gundu, gamebot, sepedaan, baca komik Jepang seperti Candy Candy. Jajanannya pun masih murah meriah, ada krip-krip, anak mas,coklat jago dll. Uang jajan bilangannya masih ratusan rupiah. Lha iya, jajanan jaman itu murah-murah.

Soal musik, saat itu yang in di kalangan kami itu ya boyband. Sebut saja Boyzone dan Backstreetboys, qeqeqe, banyak yang suka tuh. Termasuk sayaaah, hehehe, tunjuk hidung sendiri. Buat yang penasaran dengan wajah jadul saya dan teman-teman kala itu, bisa disimak foto-foto berikut ini:

Daroil 

daroilGayanya boyband banget kan?qiqiqi. Dia ini mantan Ketua Osis, kala itu. Anaknya cerdas di bidang akademik. Terkenal sih, dikalangan siswa dan guru kecuali bagi Dwi Indah yang ternyata tidak ingat dengan ketua Osisnya, qeqeqe.

Laelatul Istiqomah

istiKebetulan dia ini teman TK, yang pernah saya buat nangis karena saya ajak main ke rumah tapi belum pamit sama orangtuanya. Bapaknya sampai bingung nyariin. Duh, maaf ya Bapaknya Isti. Dia ini setipe banget dengan Daroil. Cerdas, terutama urusan hitung-menghitung angka. Panteslah kalau jago akutansi.

Tri Haryanto

alumni 004Yang paling saya ingat dari Tri itu tatanan rambutnya kala itu. Rapi dan klimis banget. Entah pakai minyak rambut apa dia. Soal kesehariannya, swear nggak paham karena dulu nggak akrab.

Dwi Indah

alumni 002Ini dia partner saya dalam tim pengibar bendera pusaka di sekolah. Disaat anak-anak lain bermain, Saya dan Indah harus panas-panas latihan upacara. Indah ini jago atletik dan beberapakali mewakili sekolah di kejuaraan atletik.

Arif Purwadi

arifArif badannya kecil tapi kemampuan persuasinya keren. Termasuk alumni yang memiliki banyak teman dan suka banget pakai topi.

Kartika Rahayu

alumni 002 (1)Nah dia ini termasuk yang paling dekat dengan saya waktu SMP. Si hitam manis yang usil. Jadi ingat dulu pernah nginep di rumah tika , suka main kesana dan akrab sama Bapak dan Ibunya Tika.

Ety alias Saya

alumni 001 (1)Untuk ini, saya no coment ah. Hahaha.

Ada 4 orang lagi yang kemarin berhalangan hadir, yaitu Marshel, Mira, Hermanto, dan Kurniawan. Duh, sayang sih tapi gimana lagi, ada kesibukkan yang tak mungkin ditinggalkan. Semoga lain kali bisa ketemu kita ya.

 21 Tahun Kemudian

penampakan kami setelah nggak ingusan lagi
penampakan kami setelah nggak ingusan lagi

Teknologi memudahkan dan teknologi menghubungkan kami. Berkat aplikasi WA pada, kami yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri bisa menyambung silaturahim yang selama ini putus. Saya harus jempol buat para inisiator grup ini, yang sudah bersedia capek-capek mengumpulkan satu persatu alumni dalam satu wadah. Meskipun di awal-awal masuk grup saya sempat dibuat ngos-ngosan karena harus clear chat yang jumlahnya hingga ribuan tapi akhirnya saya enjoy.

wpid-dsc_1030.jpg

Alhamdulilah, apa yang kami lakukan ini bukan sekadar bring back all memories alias mengenang masa lalu. Lebih dari itu yang ingin kami lakukan adalah menyambung tali silahturahmi dan meneruskan persaudaraan ini kepada anak-anak kami. Dulu kami bertemu saat wajah kami masih polos dan ingusan, qeqeqe. Kini kami bertemu kembali dengan wajah-wajah matang dengan membawa wajah-wajah polos yang diamanahkan Alloh kepada kami.

Hari Minggu cerah, kami semua berkumpul di Rumah Makan Sendang Ayu, Prambanan. Kami yang hadir adalah alumni yang tinggal diwilayah timur Banyumas dengan batas mentok Jawa Timur. Nggak banyak anggota yang tinggal di wilayah timur, begitu kami menyebutnya. Ada sekitar 11 orang yang terdeteksi. Kami tinggal berpencar-pencar. Ada Daroil, di Klaten , Isti dan Indah Di Boyolali, Saya dan Kartika di Karangnyar, Tri Haryanto di Sukoharjo, Arief di Surabaya, Marshel di Gresik, Mira di Jogya, Hermanto di Tulungagung dan Kurniawan di Purworejo.

Daaan, mengumpulkan mereka bukan perkara mudah. Jarak, waktu dan kesibukan masing-masing menjadi pertimbangan pemilihan waktu dan tempat ketemu. Akhirnya, kami bisa bertemu meskipun tidak semua dapat hadir karena memang masih sulit mempertemukan kami semua. Tak mengapa, semoga lain waktu bisa terwujud.

wpid-dsc_1020.jpg
bersama pasukan

Acara kemarin intinya sih silahturahmi, sambil ngobrolin tentang tujuan dibentuknya ikatan alumni. Ngobrolnya nyante dan lepas malah lebih banyak becandanya daripada seriusnya. Sambil terus mengenang masa SMP dulu. Banyak hal lucu dan jahil terungkap. Dan semua itu mampu membuat suasana menjadi sangat cair dan nggak ada kecanggungan diantara kami.

Saya dan teman-teman juga saling mengenalkan keluarga masing-masing. Seperti suami/istri dan anak-anak berserta anggota keluarga lain yang saat itu turut hadir. Tujuannya tentu agar saling mengenal satu sama lain. Sehingga persaudaraan yang terjalin bukan hanya diantara ayah ibunya saja tapi menurun pada anak-anaknya.

Selain penandatanganan prasasti cieee..maksudnya spanduk sebagai bukti komitmen kami akan persaudaraan ini, acara kemarin juga diisi dengan penyerahan tali asih buat Daroil, selaku Ketua Ikatan Alumni 93-94 (kami menyebutnya Pak Erte) atas kelahiran putranya. Selamat ya Pak Erte.

Bu Korwil menyerahkan tali asih, qeqeqe
Bu Korwil menyerahkan tali asih, qeqeqe

Tempat temu kangen kemarin memang enak banget buat kumpul keluarga. Ada ayunan, ada rakit, ada juga kolam pancing. Anak-anak bisa enjoy bermain sementara ayah/ibunya sedang asyik ngobrol. Bukan berarti anak-anak nggak ada yang ngawasin lho ya. Pasangan kami masing-masing, saat itu dengan rela hati momong anak-anak kok, kedipin suamiku, makasih Mas Bro.

naik gethek momong krucils
naik gethek momong krucils
wpid-dsc_1041.jpg
bersama keluarga

Ngobrol diselingi makan siang kemarin itu terasa sebentar banget, belum puas rasanya. Tapi, saya dan teman-teman sudah meniatkan untuk terus menjalin tali silaturahmi ini. Terimakasih saya ucapkan buat teman-teman yang hadir, Arif yang menempuh perjalanan paling jauh, Surabaya-Banyumas-Jogya-Surabaya. Buat Daroil selaku tuan rumah dan banyak direpotin. Buat Kartika, Isti, Dwi Indah dan Tri Haryanto atas waktunya. Tak lupa buat teman-teman yang belum bisa hadir atas supportnya.

pulang dengan wajah ceria
pulang dengan wajah ceria

Sampai ketemu lagi !

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

18 Comment

  1. top bgt ..keren …

    1. Makasih Pak Erte

  2. asik bgt mba…kumpul2 lagi,,,

    1. Iya Mba Fitri, seru pulak

  3. seneng ya bu bisa kumpul temen temen lama kayak gini, apalagi sudah pd punya momongan semua..jadi pengen ngadain..

    1. Hihihi iya Pak Danang…. Seneng banget.. Monggo Pak dicoba

  4. Reunian memang menyenangkan ^^

    1. Betuuuul Mba Titis..

  5. Waah seneng banget ya gathering setelah puluhan tahun nggak ketemu Mbak.Pasti seruu..saya aja belum pernah ketemu lagi sama teman-0teman SMP

    1. Betul mba nunung, seneng banget. Semoga suatu saat mba nunung bisa reunian sama teman SMP

  6. Ternayta dulu pengibar benderaaaa eeeuy! Kereen. .

    1. Hihihi, jadi maluuuu.

  7. asik bangte bis aberkumpul dnegan kawan lama, ya. Saya kangen dengan sahabat saya. Tapi sekarang gak tau dimana

    1. Iya Mak Mira, amazing pokoke.. Puluhan tahun gitu lho..

  8. Ah, jadi kangen masa 90-an. Candy-Candy, Sailor Moon, snack Anak Mas, permen karet Yosan.. <3

    1. Hihihi, ternyata kita satu generasi ya Mama Ubi. Kemana ya jajanan tempo itu? suka kangen juga sayaah.

  9. wah acara paling menyenangkan itu reuni. Menyenangkan banget

    1. Iya mba, acara reuni yang cair aja mba.Nggak pakai acara show off, a,b,c,d, dst. Itu pasti menyenangkan..

Leave a Reply