Tutorial Membuat Gambar Pada Postingan

wpid-1448549291685.pngBeberapa saat terakhir saya memang suka sekali membuat gambar untuk melengkapi postingan, ya, semacam ilustrasi gitu deh. Kalau dilihat, tampilan blog saya jadi lebih hidup. Qeqeqe, kok muji diri sendiri, ups, maksudnya saya lebih suka dengan tampilan postingan blog yang memakai gambar. Akhirnya sekarang tiap postingan pasti saya sertakan gambarnya meskipun hasilnya belum sekeren blogger lain lah.

Meskipun begitu saya merasa senang, apa pasal?.ย Sst, ada yang tertarik dengan ilustrasi postingan ala Mak Ety. Padahal, itu masih kalah keren dengan yang dibuat oleh blogger lain. Tak apalah ya, saya sedikit GR dengan ketertarikan ini, qeqeqe. Temanย  juga bertanya bagaimana caranya membuat ilustrasi semacam itu. Wah, kalau itu nggak mungkin dijawab di kolom komentar kan ya?. Makanya saya memutuskan untuk membuatkan tutorialnya.

ada request nih
ada request nih

Sejak menekuni dunia blogging, saya memang tertarik dengan segala sesuatu yang membuat tampilan maupun konten blog menjadi menarik untuk dibaca. Salah satunya mengenai ilustrasi pada postingan blog. Sebenarnya saya gaptek dalam mengoperasikan beberapa program yang biasa dipakai untuk membuat ilustrasi seperti misalnya corel draw dan photoshop. Akhirnya, saya mencari aplikasi instant, yang mudah dan cepat, gaya emak-emak pokoknya.

Ada dua versi yang biasa saya gunakan. Pertama versi memakai smartphone dan yang kedua versi memakai laptop/PC. Dua versi, saya sebut begitu karena memang beda aplikasinya. Yang paling sering saya pakai itu aplikasi pada smartphone karena lebih praktis. Dalam artian bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Sambil duduk maupun tiduran bisa banget dilakukan.

Sambil tiduran? Eh, iya beneran. Kadang saat sedang ingin merebahkan badan, saya buat ilustrasiย  postingan. Ukuran smartphone yang kecil memang menjadi fleksibel banget untuk digunakan bahkan saat sedang tiduran. Hahaha, ini gaya multitaskingnya emak-emak, istirahat pun masih disambi pula membuat ilustrasi.

Awalnya sih karena nggak sengaja. Punggung terasa pegal tapi postingan belum juga kelar. Waktu itu sih sudah ada foto pendukung hanya saja saya merasa perlu menambahkan gambar ilustrasi di bawah judul. Maksa, akhirnya saya coba, tapi karena nggak tahan dengan rasa pegal di punggung maka saya pun rebahan sambil pegang smartphone. Utak-atik sana-sini ternyata selesai juga. Indikator inilah yang membuat saya berpikir kalau aplikasi ini mudah, hehehe.

Nah, ketika waktunya agak longgar baru deh memakai aplikasi lewat laptop. Khusus yang satu ini memang belum ada versi mobilenya. Jadi kalau ingin memakai yang satu ini harus pakai PC. Soal hasil bagaimana?. Kalau soal hasil, menurut saya tergantung kemahiran dan sense of art dari masing-masing orang. Bisa jadi, aplikasi yang saya pakai sama dengan yang dipakai blogger lain tapi hasilnya punya saya kalah kece.

Pakai apaan sih? Panjang banget prolognya. Hehehe, kalau saya untuk versi smartphone itu pakai aplikasi PicsArt dan Phonto. Picsart digunakan untuk menggambar sedangkan Phonto digunakan saat menambahkan tulisan. Lho, mengapa nggak pakai Picsart saja? Kan, disediakan juga fontnya. Iya sih, bisa sebenarnya pakai Picsart saja tapi soal pilihan font, saya suka aplikasi Phonto. Hm, jadi ini soal selera ya? Iya, betul.

Monggo, yang belum download aplikasinya, silahkan didownload dulu. Kalau sudah download, berarti siap nih, mengikuti tutorialnya.

  1. Langkah pertama, masuklah ke halaman Picsart, pilih draw. Selanjutnya kita akan diberi empat pilihan yaitu blank, photo, background,dan open draft. Kali ini, saya pilih photo. Klik, kemudian kita bisa memilih salah satu foto yang ada dalam galeri.membuat gambar dengan picsartmembuat gambar dengan picsart
  2. Jika foto sudah keluar, maka langkah selanjutnya adalah membuat tempat meletakkan tulisan, bisa memakai bentuk lingkaran, persegi atau bentuk lain sesuai selera. Pilih juga warnanya dan ketebalannya serta berupa garis saja atau warnanya mengisi seluruh bidang.
  3. Langkah selanjutnya adalah mendesain bidang tadi, bagian ini lakukan saja sesuai selera dan imajinasi masing-masing. Saya hanya memberi contoh saja. Saya buat dua buah garis sejajar di atas dan bawah bidang. Tentukan warna yang serasi dengan warna bidang.
  4. Jika sudah, sekarang saatnya mengisinya dengan tulisan. Jika ingin menggunakan Picsart, tinggal klik ikon A, dan pilih font sesuai selera. Kalau saya, setelah proses memberikan garis, kemudian saya save gambar tadi.
  5. Untuk tulisan saya memakai aplikasi Phonto. Gambar yang telah disimpan kemudian diedit menggunakan Phonto. Pilih ikon gambar pensil untuk menambahkan teks pada gambar tersebut. Ada banyak pilihan font, sesuaikan saja dengan tampilan yang kita inginkan. Kita juga bisa mengatur ukuran font, warna, ketebalan maupun letaknya.
  6. Utak-atik sajalah, sampai benar-benar ketemu fonts yang pas. Jika sudah, simpan ya. Karena kita memakai Phonto hanya untuk tulisan saja. Jika dirasa dengan tulisan masih ada yang kurang maka bisa ke langkah selanjutnya.
  7. Kembali ke Picsart ya, gambar yang telah disimpan, diedit di Picsart, tambahkan foto atau clipart. Ada banyak pilihan di sana, pilih-piih sesuai dengan rancangan desain awal maupun sesuai selera. Atur besar kecil, ketebalan dan letaknya. Kali ini saya menambahkan 2 gambar bunga dan sebuah kupu-kupu.wpid-20151126_220319.jpg
  8. Jika sudah pas, simpan dan bisa segera digunakan di postingan.wpid-screenshot_2015-11-26-10-45-27.png

Bagaimana? Mudah bukan? Semoga nggak pusing karena bolak-balik ke Picsart dan Phonto. Kalau saya sih sudah biasa jadi nyaman saja. Btw, kalau nggak suka pakai Phonto karena harus bolak-balik, nggak papa. Tinggal teruskan saja memakai Picsart. Bagus juga fontnya, ini hanya masalah selera.

Jangan khawatir juga jika hasilnya terasa belum bagus, waktu awal-awal juga punya saya masih aneh gitu. Masih kurang pas, dan rasanya belum nyeni banget. Lama kelamaan karena sering menggunakan jadi mulai keluar tuh sense of art nya.

Mulai tuh, pelan-pelan bisa mengatur komposisi yang pas antara bentuk font, ukuran, warna dan ketebalan. Selain itu juga mulai bisa memberi sentuhan lain dengan memasukkan clipart agar terkesan menyatu dengan bidang gambar.

ini hasilnya
ini hasilnya

Apakah hanya aplikasi Picsart saja yang bisa dipakai membuat gambar?. Nggak lah, masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan seperti misalnya Pixlr, Line Camera, PicMonkey dan BeFunky. Silahkan dipilih sesuai dengan hati. Kalau buat saya sementara ini pakai Picsart dan Phonto.

Nah, cukup dulu ya tutorial membuat gambar untuk postingan dengan menggunakan aplikasi Picsart dan Phonto yang ada pada smartphone. Ada yang mau berbagi pengalaman mengenai cara membuat gambar untuk postingan blog?. Silahkan bisa berbagi. Siapa tahu ada cara yang lebih mudah dengan hasil yang lebih bagus.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

54 thoughts on “Tutorial Membuat Gambar Pada Postingan

  1. Wah bagus jadinya, aku paling tulisan aja, kurang kreatif heheee. Aku pakai phonto & picsart juga tp salah satu aja utk instagram. Utk blog tetep pake photoshop, corel atau picmonkey karena sekalian ngadep laptopnya. :))

  2. Mak ety…
    Yang saya mau tanya…foto2 gratisan yang lucu2 yaang bisa dipakai free itu seperti gambar mak diatas, ambilnya dimana ya?
    Saya selalu terhalang untuk bisa ambil dari shutterstock, pixabay, dll, karena harus regiater, paket bayar tahunan, dan sejenisnya. Boleh minta sarannya. Terima kasih sebelumnya..

  3. Waahhh tambah ilmu baru, meskipun awalnya ngos-ngosan baca prolognya. hehe ๐Ÿ˜€
    kalau saya seringnya untuk apikasi edit gambar buat sekedar atur pencahayaan dan kasih tulisan sih hanya pakai photoscape. ๐Ÿ˜€

  4. ini dia tutorial yg saya cari. penasaran bgt gimana bikin foto cakep. Pernah sih coba pake pixlr.com, tapi kalo ada yg praktis pake app di smartphone bakal saya pilih deh. Bener tuh bisa sambil rebahan bikinnya ๐Ÿ™‚ tengkiu mak.

  5. Salam kenal, mba. Aku juga sama semenjak ada smartphone mulai mengurangi kegiatan ngedit di laptop. Enakan ngedit pake hp karena bisa sambil tiduran :p aplikasi yang aku pake malah lebih banyak lagi mba, kadang nambah snapsseed atau photofy. Semua tergantung selera sih emang

    1. Salam kenal mba Dian. Ya, memang praktis sih, cocok buat emak seperti saya. Saya ada juga snapseed tapi jarang dipakai. Betul mak, di atas hanya contoh saja. Pakai aplikasinya silahkan pilih sesuai selera.

  6. sip mbak…saya selama ini pakai picsart tapi belum ngeh sama yang ini…coba ahhh… ๐Ÿ™‚

    * eh, salam kenal mbak… ๐Ÿ™‚

    1. Iya Pak Pakde, memudahkan buat emak-emak seperti saya yang waktunya harus dibagi dengan pekerjaan rumahtangga.
      Salam hangat dari Karanganyar

  7. Aku langsung nyobaaa… tapi masih kagok sih haha.
    Udah biasa banget pake phonto tapi si Picsart ini masih baruu jadi belom mahir.
    Tar dicoba2 lagi deh, siapatau foto2 di postinganku bisa ikutan hits juga hihi.
    Thank you tutorialnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *