Canva : Cara Mudah Membuat Header Post

canva_cara_mudah_membuat_header_post

Canva menjadi favorit saya ketika membuat desain header post. Mengapa? karena mudah sekali menggunakannya dan hasilnya itu keren. Ya, mirip-mirip lah dengan karya desain grafis itu, qeqeqe. Walaupun cuma mirip tapi saya puas, tampilan blog saya sesuai dengan apa yang saya harapkan. Tertarik juga menggunakan Canva?

Sudah weekend lagi, cepat banget rasanya waktu berlalu. Apalagi ini sudah di penghujung tahun ya. Mulai deh mellow-melow mikir yaah ternyata belum melakukan A, B, C,D dan seterusnya. Belum lagi soal janji yang belum ditepati. Bukan karena bawaan hujan pula jadi mellow, kalau janji kan perkara serius, nggak pengin main-mainlah dengan janji.

Janji adalah hutang maka kalau belum ditunaikan ya belum lunas, hehehe. Postingan kali ini memang soal janji saya tempo hari ya, membuatkan tutorial mendesain gambar memakai PC bisa laptop maupun komputer. Ini pas banget buat yang nggak terampil memakai photoshop maupun corel draw. Trus pakai apa dong?. Tenang, dijamin prolognya nggak panjang seperti kemarin.

Saya biasanya memakai Canva. Kenapa sih pilih Canva? Kalau buat saya karena mudah dioperasikan, dilengkapi dengan berbagai model dan ukuran banner, pilihan font dan background juga cukup banyak. Selain bisa untuk membuat banner dengan berbagai ukuran, Canva juga bisa untuk membuat infografis secara mudah. Alasan ini pula yang membuat saya menyukainya. Hanya saja, memakai Canva kita harus terhubung internet. Jadi,siapin modemnya full kuota atau cari wifi gratisan biar ngedesainnya lancar jaya.

Siap mendesain? Silahkan duduk manis depan PC masing-masing, kalau perlu kopi dan camilan disiapkan juga, jangan jauh-jauh dari jangkauan biar nggak mondar-mandir. Yuk kita mulai:

  1. Langkah pertama kita menuju ke lamannya Canva (dot)com ya, searching aja pasti ketemu. Kalau sudah sampai di sana, kita sign up dulu. Caranya juga mudah, tinggal pilih mau login pakai email, Facebook atau akun Google.

    sign up dulu ya
    sign up dulu ya
  2. Sudah bisa sign in? Bagus, mari kita lanjutkan. Kita bisa mulai memilih banner yang akan kita buat. Tersedia berbagai macam ukuran untuk bermacam keperluan. Tinggal klik ikon +, maka semua banner yang tersedia akan tertampil. Kali ini saya pilih banner untuk Blog Tittle.
    canva3
    tinggal pilih banner yang cocok

    canva4

  3. Jika sudah memilih banner yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah mendesain. Mulai dari mana?. Kita mulai dari memilih layout yang sesuai keperluan kita. Ada banyak layout gratis bisa dipilih. Jika menghendaki memakai foto milik sendiri, tinggal upload saja. Untuk contoh saya pakai layout yang gratis yaitu β€œThe Organic Way”.
    klik upload
    klik upload dan pilih gambar di file komputer
    image yang berhasil di upload
    image yang berhasil di upload, kemudian klik image

    canva7

  4. Sudah dapat layoutnya?. Sekarang kita mulai mendesain tulisannya atau teksnya. Kita tinggal mengedit tulisannya maka banner sudah jadi. Jika menghendaki bentuk layout yang lain maka tinggal hapus saja semua teks.

    langsung edit saja teksnya
    langsung edit saja teksnya
  5. Selanjutnya klik ikon T pada sisi kiri ya. Akan nampak banyak pilihan model teks instant, tinggal kita edit sesuai dengan kalimat teks milik kita. Bisa juga menulis sendiri, tinggal klik heading, subheading dan seterusnya.

    nulis sesuai keinginan, bisa aja
    nulis sesuai keinginan, bisa aja
  6. Kali ini saya memilih menggunakan layout teks yang sudah disediakan hanya saya modifikasi sedikit. Saya edit bagian teksnya sesuai dengan teks yang ingin saya buat. Warna pun saya ubah, saya sesuaikan dengan warna backgroundnya. Tinggal di utak-atik sesuai selera ya, termasuk ketebalannya.
    pilih desain ada, juga bisa
    pilih desain ada, juga bisa

    ganti warna, bisa banget
    ganti warna dan atur ketebalan bisa banget
  7. Jika dirasa sudah pas dengan keinginan tinggal download saja banner yang kita buat tadi.
    sudah pas, tinggal download
    sudah pas, tinggal download

    hasil desain dari upload gambar sendiri
    hasil desain dari upload gambar sendiri

Bagaimana? Mudah bukan mendesain memakai Canva?. Kalau model begini, siapapun bisa menjadi desainer dadakan.

Canva memang bukan satu-satunya yang bisa dipakai untuk mendesain banner atau gambar untuk postingan. Ada juga Photoscape, ini juga mudah, dan programnya bisa diinstall di PC. Jadi bagi yang terkendala jaringan kalau harus mendesain secara online maka Photoscape bisa dipilih.

Buat teman-teman yang kemarin bertanya tentang tutorial ini, lunas ya janji saya, hehehe,takut ditagih. Ayo dicoba, dan sharing ya hasilnya.

Β http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

65 thoughts on “Canva : Cara Mudah Membuat Header Post

    1. Itu dia Mak Andy, saya pakai ini karena nggak bisa photoshop qiqiqi, biasa emak-emak nggak mau rempong.
      Sama-sama Mak.

  1. Cakep Mak, saya tetap pengguna photoshop.. pengen juga nyoba yang simpel, tapi jatuhnya malah ribet, nambahin program takut kompi capek, masuk ke web…laaa internetnya masih galau. Kasian.

  2. Kyaaaa… Udah lama kagak nengokin blognya mba Ety.

    Numpang nambahin Pixlr untuk tool edit foto/gambar. Tool nya lengkap ampir ampir mirip sotosop. Tapi ada kekurangannya, lebih enak Canva karena penuh dengan layout yang sudah jadi, tinggal klik, ubah text dan gambar lalu selesai.

    Oiya, kalo nyari gambar, jangan di canva-nya, soalnya ada yg bayar. Mending cari di hutan belantara a.k.a google trus upload ke Canva sambil berdoa mudah mudahan bukan pelangggaran hak cipta πŸ˜€

    1. Kyaaaa lama banget nggak dikunjungi master blog satu ini.
      Siip, Makasih tambahannya.
      Iya, dah wanti2 cari yang gratisan, ada sih di canva yg gratis tapi terbatas.
      Paling aman pake foto sendiri aja lah daripada H2C.

  3. Aku pun canva sejati mak kalau lagi males buka photoshop aahahhahahaha
    Enak dan mudah ya tapi kadang kalau terlalu banyak yang ditambahkan pas udah di download dia geser..

  4. Hihihi, gampang banget sih ya Mak.
    Oh gitu ya, aku belum pernah ngalamin, soalnya nggak banyak yang ditambahin. Masih desain yang simpel aja sih.

    1. Maksudnya? Tampilan text layout nya nggak muncul gitu? Atau nggak ada yang cocok dengan pilihan yang ada?.
      Kalau yang pertama, coba di refresh Mak. Barangkali masalah jaringan, selama ini selalu muncul text layout nya ketika saya pakai.
      Kalau yang kedua, coba pakai yang menambahkan heading, subsidi heading itu.

  5. Waaah, bunda malah searching Bagian (1) nih. Mau baca dan belajar donk. Belum nemun udah scroll, hehe… gegara keburu-buru gegara ditungguin tukang kembang tahu, hehe…I’ll be back mau scrolling yang Bagian 1 dulu, ya, tonight.

  6. mbaaa… aku nyari2 tutorial ini dari dulu.. nemunya mesti pake sotosop. aku kan ga mahiir… hahaha..

    makasih sharingnya, yaaa.. mau langsung dicobaa πŸ˜€

  7. Sepertinya lebih praktis dan simpel untuk menu-menunya ya, Mbak. Rekomendasi banget buat yang nggak telaten sama Photoshop kaya saya, Mbak.. Biasanya cuma pakai Photoscape, sekrang mau coba coba pengalaman baru, ah. Terima kasih sharing nya, Mbak. πŸ™‚

    1. Iya Mba Elisa, saya suka pakai Canva. Mudah dan bagus hasilnya buat saya yang nggak bisa mendesain.
      Tapi memang butuh Internet yang stabil.

    1. Sudah di cek dibawah perintah upload gak Mba Nurin?. Biasanya muncul di situ.
      Barangkali gagal upload karena jaringan internetnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *