Yuk, Berpetualang Di Taman Bermain Boci : Pasar Malam

Yuk Berpetualang

Anak-anak paling suka belajar dengan cara yang menyenangkan. Nggak tegang, nggak menakutkan pokoknya, serba fun. Nah, salah satu cara asyik belajar yang dengan bermain game melalui aplikasi edukasi. Adalah Petualangan Boci, sebuah aplikasi  edukasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar anak-anak dengan cara bermain. Salah satu serinya adalah Petualangan Boci Pasar Malam, bagaimana asyiknya game ini.

Kenalan Dulu Dengan Petualangan Boci

Mendengar kata Boci, apa yang ada di pikiran teman-teman?. Karakter seperti apakah Boci itu?. Awalnya, saya juga bertanya-tanya, penasaran dengan Petualangan Boci ini. Ternyata dalam Petualangan Boci ada dua karakter yang diangkat yaitu Boci dan Kato. Boci adalah seekor Bunglon Cilik, divisualisasikan secara lucu dengan warna hijau muda dengan mulut berwarna ungu. Bunglon cilik ini tinggal di sebuah potongan pohon besar bersama Ayah dan Ibunya. Boci ini amat disayang oleh kedua orangtuanya.

inilah mereka
inilah mereka

Boci juga memiliki sahabat, namanya Kato, seekor burung kakaktua yang divisualisasikan dengan warna bulu putin dan berjambul kuning. Bersama karibnya ini Boci berpetualang, bereksplorasi tentang dunia yang ada disekelilingnya. Rasa ingin tahu keduanya amat besar seperti anak-anak saat usia 2-6 tahun.

Aplikasi edukasi Petualangan Boci dibuat oleh anak-anak muda, dibawah bendera Rolling Glory, sebuah creative digital media dari Bandung. Wuih,ini produk lokal ternyata. Harus bangga dong sama buatan anak-anak muda kreatif ini.

Petualangan Boci dibuat dalam bentuk storybook. Mengapa sih kok dibuat dalam bentuk storybook seperti itu?. Tentu karena alasan efektifitas storybook dalam menyampaikan nilai-nilai kehidupan kepada anak-anak. Melalui storybook ini anak-anak diharapkan memperoleh pengalaman melalui eksplorasi dan eksperimen, membaca cerita dan juga membangun kedekatan dengan orangtua.

Petualangan Boci telah menghadirkan beragam seri, yaitu Belajar membaca,Belajar Menulis, belajar Berhitung, Taman Bermain: Marbel dan lain-lain. Pada tanggal 22 Juni 2015 yang lalu, telah dihadirkan seri terbarunya yaitu Taman Bermain Boci: Pasar malam.

Taman bermain Boci : Pasar Malam

boci land carnival

Bicara soal pasar malam ingatan saya melayang pada masa kecil di kampung. Pasar malam itu hiburan yang mewah. Selain jarang ada, tidak mesti setiap tahun ada, pergi ke pasar malam juga berarti harus bawa bekal uang banyak. Di sana banyak permainan seperti komidi putar, bianglala, atraksi hewan, dan lainnya. Belum lagi jajanan yang ada, seperti arum manis, martabak , es puter dan lain-lainnya itu membuat anak-anak seperti saya jadi tergoda.

Itulah kenangan saya tentang pasar malam sementara itu anak-anak belum sekalipun pernah pergi ke pasar malam. Untungnya sekarang ada aplikasi edukasi Petualangan Boci, yang salah satu serinya itu Taman Bermain Boci bertema Pasar Malam. Seperti layaknya sebuah pasar malam, dalam aplikasi edukasi Petualangan Boci ini terdapat berbagai wahana seperti komidi putar, kolam bola, rumah hantu, kereta kumbang dan bianglala. Selain itu terdapat pula jajanan yang biasa dijual di arena pasar malam seperti arum manis dan es krim.

Aplikasi edukasi ini cocok dimainkan oleh anak-anak usia 2 – 6 tahun. Banyak hal positif bisa didapat dari sini diantaranya mengenal apa itu pasar malam dan apa saja yang ada di sana. Anak-anak juga diajak mengenal masing-masing wahana dan cara bermainnya. Mengenal aneka makanan tradisonal seperti arum manis yang mulai sulit dijumpai. Anak-anak pasti suka bereksplorasi di pasar malam.

Aplikasi ini juga sarana yang bagus untuk mengenalkan warna dengan cara menyenangkan. Meskipun dibuat dengan aneka warna, tapi tidak cepat membuat mata lelah karena warna-warnanya lembut. Zahira, anak saya juga sudah mencoba aplikasi ini dan dia suka.

Tapi harus diingat bahwa belajar melalui aplikasi digital tetap harus dibatasi waktunya. Ini dimaksudkan agar anak-anak  memahami konsep waktu sedikit demi sedikit. Kapan waktunya makan, mandi, belajar dan kapan saat  harus melakukan aktifitas lainnya. Selain melatih disiplin, perlu juga dilakukan pembatasan agar anak tidak kecanduan gadget.

Bagaimana, tertarik dengan aplikasi edukasi Petualangan Boci? Silahkan download aplikasinya di Playstore dan Appstore.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

34 Comments

  1. cputriarty

    December 16, 2015 at 10:40 am

    anak2 saya juga getol main nih petualangan Boci mbak, terutama yang Karnaval Pasar Malam…karena lihat ada games hantu lucu-lucuan. Bukannya takut malah cekikikan..hahaha dasar anak-anak 🙂 Pokoknya games ini rekomended banget untuk anak-anak.

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:48 am

      Hantunya nggak serem sih jadi nggak takut. Saya juga ikutan nyoba.

  2. winny

    December 16, 2015 at 11:35 am

    aplikasinya lucu kka ococok buat anak keci

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:48 am

      Betul Mba Winny.
      Biar belajar jadi asyik.

  3. Ranny

    December 16, 2015 at 1:11 pm

    wah kalo aplikasi ini sampai diinstal di hape, alamat tiap hari athar mainin nih 😀 bagus banget ya aplikasinya dan banggaa laah karena orang kita yang bikin

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:51 am

      Hahaha, dibatasi dong waktunya.
      Iya nih buatan dalam negeri yang harus disupport

  4. Lidya

    December 16, 2015 at 1:32 pm

    seru ya mbak berpetualang besama boci, anak=anak juga suka

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:52 am

      Iya mba lidya. Pas buat refreshing sehabis UAS.

  5. isnuansa

    December 16, 2015 at 2:29 pm

    Belom pernah lihat Taman Bermain Boci, Mbak di aplikasi. Oke, saya coba donlot yaa.. 🙂

    1. Ety Abdoel

      January 6, 2016 at 9:36 am

      Silahkan donlot Mba Is..

  6. kania

    December 16, 2015 at 3:54 pm

    anak sekarang tau pasar malem ga?

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:53 am

      Anakku belum pernah sekalipun tahu pasar malam dalam wujud yang sebenarnya.

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:54 am

      Bener mba, lucu nian si bunglon cilik ini.

  7. Yasinta

    December 16, 2015 at 9:33 pm

    Wah menarik. Selama ini anak saya cuma nonton Pingfonk hahaha
    Makasih mbak info nya.. siap -siap donwload

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:55 am

      Silahkan di download. Semoga sukaa

  8. gobagi

    December 16, 2015 at 10:23 pm

    lumayan lucu ya kayaknya, bisa nih buat mainan ponakan yang sering ngerengek minta di donloadin game-game baru…

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:55 am

      Monggo si download, pilihannya banyak kok.

  9. Hastira

    December 17, 2015 at 3:17 am

    jaman sekarang banyak fasiliats yg baik untuk anak-anak, jaman anak aku kecil belum sebanyak seperti ini

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:56 am

      Iya mba Hastira. Sekarang serba digital fasilitasnya

  10. Nia Haryanto

    December 17, 2015 at 3:43 am

    Aplikasi yg satu ini seru. Anakku yg 3 thn sangat suka. Tp klo lagi suntuk, aku jg main. Mainin Boci naik komidi putar. Wkwkwk….

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:57 am

      Hahaha, emak bisa suntuk juga? Kirain aku saja yang suka suntuk.

  11. diba

    December 17, 2015 at 4:03 am

    Ih. Boci lucu ya. Kirain Boci singkatan bobok ciang *nggak nyambung.

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 5:59 am

      Hahaha, aiih itu mah emaknya yang pengen bocican.. Bobo ciang cantik…

  12. puputs

    December 17, 2015 at 7:49 am

    lucu.. gambarnya keren2, karya marbel emang udah banyak ini muncul lagi.. jempol buat marbel

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 3:09 pm

      Iya Mas Puput. Banyak anak yang suka aplikasi ini.

  13. Nasirullah Sitam

    December 17, 2015 at 11:35 am

    Seru kayaknya main di sini 😀

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 3:09 pm

      Seruuu, seri lainnya juga nggak kalah seru lho.

  14. evrinasp

    December 17, 2015 at 3:05 pm

    wahhh cocok buat Alfi, kebetulan hp selalu dibajak kalo udah di rumah, mending main boci aja

    1. Ety Abdoel

      December 17, 2015 at 3:13 pm

      Betu Mba, pilihin Boci aja. Ceritanya Indonesia banget.

  15. Titis Ayuningsih

    December 17, 2015 at 4:42 pm

    Permainan yang seru dan pastinya mengedukasi buat anak ya mbak 🙂

    1. Ety Abdoel

      December 19, 2015 at 4:32 pm

      Iya Mba Titis. Boleh dicoba.

  16. Indah Nuria

    December 20, 2015 at 2:05 am

    Boci memang lucu yaaa.. Bo et Obi harus dikenalkan nih.. Permainan seru tapi edukatif

    1. Ety Abdoel

      December 21, 2015 at 4:27 pm

      Harus Mba, buatan anak negeri nih.

Leave a Reply