Membuat Kembang Api Dalam Toples

Membuat Kembang Api Dalam Botol

Bukan efek malam tahun baru lho tapi efek cacar air, qiqiqi. Ya, setelah Mba kena cacar air otomatis dia seharian diam di dalam rumah sementara adiknya bebas bermain kesana kemari bareng kawan-kawannya. Kelihatan banget Mba mulai bete, akhirnya saya ajak bermain di dalam rumah. Salah satunya membuat kembang api dalam toples.

Kembang api, dalam toples pula, memangnya bisa?. Menurut saya ini istilah saja untuk menggambarkan percobaan ilmiah yang sederhana dan menyenangkan ini. Cukuplah bisa membuat Mba melupakan deritanya nggak bisa keluar rumah saat liburan. Berhasil pula bikin saya jadi harus terus searching permainan sejenis ini untuk dilakukan di hari yang lain.

Percobaan ilmiah ini hasil melakukan pencarian di pinterest, ada banyak banget aktifitas yang bisa dipilih. Saya memilih yang bahannya ada di rumah. Jadi bisa dilakukan saat itu juga. Apa saja sih yang diperlukan untuk membuat kembang api dalam toples?. Berikut ini daftarnya:

  • Toples
  • Air
  • Minyak
  • Pewarna
  • Piring kecil
  • Garpu/ tusuk gigi

    bahan membuat kembang api dalam botol
    bahan membuat kembang api dalam botol

Bahannya sederhana kan?. Kebetulan saya suka membuat kue sendiri jadi ada deh stok pewarna makanan. Bahan-bahan tersebut mau diapain, katanya kembang api kok nggak ada bahan pembuat apinya?. Hehehe, ya gitu deh kan tadi sudah disebut ya, ini cuma istilah saja. Nggak pakai api kan berarti aman ya buat anak-anak.

Terus langkah-langkah bagaimana?. Mudah kok tinggal dicampur aja. Berikut ini stepnya:

  1. Isi toples dengan air, jangan terlalu penuh ya, sisakan ruang kosong berapa senti gitu dari bibir toples.

    jangan terlalu penuh ya
    jangan terlalu penuh ya
  2. Ambil piring kecil, tuang tiga sendok makan minyak (menyesuaikan besarnya toples deh), makin besar toples tambah lagi saja minyaknya.
  3. Tuang berupa titik-titik kecil pewarna makanan di piring tadi. Makin banyak macam warnanya semakin bagus.

    lebih banyak macam warna akan bagus
    lebih banyak macam warna akan bagus
  4. Aduk pelan warna tadi menggunakan garpu atau tusuk gigi. sampai seperti penampakan di foto.

    diaduk sampai berupa pewarnanya pecah kecil-kecil
    diaduk sampai berupa pewarnanya pecah kecil-kecil
  5. Terakhir masukkan pelan-pelan ke dalam toples berisi air. Silahkan lihat reaksinya.

    masukkan ke dalam botol
    masukkan ke dalam botol

Apa yang terjadi? Pewarna akan jatuh ke dasar toples dengan membentuk semburat-semburat warna-warni. Mungkin inilah yang menyebabkan kegiatan ini disebut kempang api dalam toples. Lalu kemanakah minyaknya?. Ternyata minyaknya berada di lapisan atas ya, tidak turun ke bawah ataupun bercampur dengan air.

kembang api dalam toples
kembang api dalam toples

Nah disitu letak makna kegiatan ini, belajar mengenal density atau massa jenis benda. Pewarna makanan lebih berat massa jenisnya dari pada air dan minyak jadi jatuh ke dasar toples. Sementara minyak karena massa jenisnya paling ringan maka berada paling atas.

Bagaimana, sederhana ya cara belajar sciencenya?. Kegiatan membuat kembang api dalam toples bisa untuk mengisi waktu libur ketika ternyata harus di rumah saja. Soal ide tinggal searching saja, banyak pilihan sampai bingung mau melakukan yang mana dulu.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

38 thoughts on “Membuat Kembang Api Dalam Toples

    1. Belum pernah nyoba. Boleh juga idenya…
      Hehehe, coba dulu lah trus tulis nanti kita liat mirip kembang api atau bukan

  1. Anakku Tio juga kena cacar air, padahal besok sudah masuk sekolah, karena masih dalam proses penyembuhan, nggak bisa masuk.
    Kalau Tio senangnya gambar, selama sakit ya gambar terus.
    Aku nyontek ya, buat ngajarin anak-anak 🙂

    1. Lagi musim ya Mak..semoga tyo dah bisa masuk sekolah.
      Wah, senang menggambar ya.
      Silahkan Mak aku juga nyontek di pinterest kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *