Indahnya, Laut Dalam Botol Ini!

indahnya, laut dalam botol ini!

Masih pagi, namun langit nampak mendung. Saya melihat ada yang sedang melamun di dekat jendela.

“Mba, mikirin apa?” tanya saya mendekat.

“Coba aku nggak sakit Mi, kita bisa jalan-jalan ke Surabaya, atau main ke pantai kayak tahun lalu?. Wah, ada yang lagi sedih rupanya.

Mba ternyata belum bisa move on dari gagalnya mudik ke Surabaya gara-gara sakit itu. Kasihan juga batin saya. Sebetulnya saya sudah menyiapkan aktifitas buat hari ini. Melihat ingatan Mba tentang pantai akhirnya saya skip dulu deh. Saya ganti dengan aktifitas yang berbau pantai dan laut.

Beberapa waktu lalu saya sempat melihat sesuatu yang menarik di Pinterest. Saya mencarikan aktifitas ini itu buat anak-anak modalnya nyari di internet. Maklum emaknya nggak kreatif, nggak bisa kalau harus menciptakan sesuatu. Pinterest itu jadi andalan banget, main di sana bisa lapar mata ingin mencoba banyak hal. Kalau ada yang menarik tinggal di pin saja. Sewaktu- waktu butuh tinggal buka deh.

Saya ingat pernah mempinkan aktifitas membuat laut dalam botol, cantik deh jadinya. Wes, jadi saya pilih membuat laut saja untuk aktifitas hari itu. Awalnya sih sempat ragu, masalahnya nggak punya botol yang besar. Adanya toples kecil , sempat kepikiran ganti toples, tapi nggak mungkin juga, toplesnya lagi isi camilan dan kerupuk.

Masalah lainnya timbul, ukuran ikan yang mau dipakai lebih besar daripada toplesnya. Duh, sempat garuk-garuk kepala, gara-gara masalah ini. Akhirnya diputuskan, aktifitas ini tetap dilanjutkan meskipun tanpa ikan. Lagi-lagi, harus berdamai dengan keadaan nih, untung saja Mba tetap mau melakukannya.

meja tamu yang jadi korban.
meja tamu yang jadi korban.

Terus bagaimana dengan pasir, batu, dan kerang?. Hihihi, ini benar-benar memanfaatkan apa yang ada di rumah. Kebetulan meja tamu ada hiasan berupa pasir laut dan kerang, jadilah itu yang dipakai buat menghias laut kami.

Membuat laut dalam toples caranya mudah saja, pas buat sekadar refreshing anak-anak. Tertarik mau mencoba seperti kami? Membuat laut dalam toples atau botol, ini dia bahan-bahannya:

  • Toples/botol
  • Pasir laut
  • Kerang
  • Mutiara
  • Air
  • Minyak
  • Batu
  • Pewarna makanan biru
  • Ikan dan tanaman laut dari plastik

    itu dia bahan yang diperlukan
    itu dia bahan yang diperlukan

Jika pakai toples atau botol besar, ada banyak ornamen laut yang bisa dimasukkan, sehingga membuat laut buatan bisa semakin mirip aslinya dan tentu saja menjadi lebih indah.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Ini juga mudah dan cepat. Tinggal cemplang-cemplung saja, hehehe, memangnya memasak!. Tapi memang benar kok, detilnya seperti ini:

  1. Ambil toples/botol, beri pasir laut, kerang, batu-batuan, ikan, tanaman plastik dan ornamen lainnya.
  2. Masukkan air ke dalam toples atau botol. Isi botol hingga dua pertiga bagian, sisakan ruang kosong.
  3. Selanjutnya masukkan pewarna biru secukupnya, hingga air tadi berwarna biru laut.
  4. Terakhir masukkan minyak goreng, nggak usah terlalu banyak. Fungsi minyak ini agar ada buih-buih seperti di laut aslinya.

Bagaimana hasilnya laut buatan tadi. Beginilah penampakkannya. Mudah bukan? mudah dan cepat, Mba pun senang dengan hasilnya. Lumayan bisa mengalihkan perhatiannya akan rasa gatal akibat cacar air dan ingatannya tentang pantai.

indah ya..
indah ya..

Bagi yang tertarik, boleh dicoba nih aktifitas membuat laut dalam toples/ botol. Nggak harus dilakukan saat masa libur panjang sih. Sudah lewat kan ya, dari kemarin anak-anak sudah mulai masuk sekolah lagi. Mulai dengan rutinitas belajar, eskul, les dan lain-lain. Lakukan kapan saja di waktu senggang anak-anak, ini bisa jadi sarana refreshing yang murah.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

40 thoughts on “Indahnya, Laut Dalam Botol Ini!

  1. Setelah kembang api dalam toples, sekarang laut dalam botol, selanjutnya apa ya..? hehe..
    Kreatif banget, Mbak Ety.. Jadi terinspirasi nih..
    Terima kasih ya tipsnya 🙂

  2. Hah …
    ini simpel banget nih …
    buat bahan ngajar anak-anak SD di kelas inspirasi boleh juga nih … terima kasih Mbak …

    Dan satu lagi …
    Meja makan kami persis seperti meja tamu foto di atas …
    tapi heboh menghiasnya … hanya 3-4 hari setelah beli meja makan itu … setelah itu … didiamkan … sampai sekarang … hahaha …

    Salam saya Mbak Ety

    1. Huwaaa, boleh banget Om Nh, silahkan kalau dianggap layak untuk diajarkan pada anak-anak di kelas inspirasi.
      Hehehe, bisa samaan gitu. Asyik kali ya punya meja makan seperti itu, tiap kali makan berasa makan di pinggir pantai, tsaaah, cakeep, berasa liburan.

      Salam Om Nh

  3. Wuih.. mejanya kyk meja di rumah saya. Ah si mbak bikin saya kangen rumah aja nih 😀

    Kreatip mbak. Cantik juga yah (laut dalam botolnya)

    Asalkan jangan dibalik, botol dalam laut. Agaknya kurang gurih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *