Membuat Kristal Es

Nail Art

Membuat kristal es adalah kegiatan terakhir kami saat liburan kemarin. Baru di share hari ini karena dari kemarin-kemarin antri sama tulisan lomba. Maklum, saya kan termasuk pemburu lomba walaupun menangnya masih jarang tapi tetap semangat demi segepok rupiah dan sebongkah berlian. Maunyaaaa! Karena belum bisa ya, mari menghibur diri dengan membuat kristal dari es.

Ekspektasinya jangan terlalu tinggi ya, ini bukan kristal sungguhan yang bakal berkilauan lagi mahal, xixixi. Kalau yang ini, indah seperti (digaris bawahi lho ya), seperti kristal. Kegiatan ini buat seru-seruan aja, karena kristalnya bakal mencair.Jadi nggak bisa dikoleksi pula kristalnya.

Asyiknya apa sih kegiatan ini? Asyiknya saat melihat es yang warna-warni ditaruh dibawah sinar matahari. Bisa juga dipegang di bawah cahaya terang maka akan nampak berkilau dengan warna-warni yang indah.

Tertarik buat mencobanya? Boleh, bahannya dijamin mudah didapat, tidak mahal, dan aman untuk anak-anak. Yang terakhir itu penting kan karena buat anak-anak!. Berikut ini bahan-bahannya:

  • Es batu
  • Pewarna makanan
  • Garam

Tuh kan, sederhana sekali bahannya. Es batu tinggal bikin sendiri. Jadi cuma beli pewarna makanan dan garam. Untuk pewarna boleh memakai satu warna, bisa juga beberapa warna. Kalau kemarin anak saya memakai tiga warna yaitu merah, orange dan hijau.

Selanjutanya apa yang harus dilakukan dengan bahan-bahan tadi?. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Es batu dipecah menjadi potongan-potongan sedang. Kemudian masukkan lagi ke dalam frezer, tujuannya agar es menyatu lagi namun dengan bentuk tak beraturan seperti batu. Lamanya tergantung suhu dalam frezer. Kemarin kelewat tidak mencatat suhu dan lamanya.
  2. Keluarkan es tadi dan taruh dalam nampan.

    taruh es di nampan
  3. Kemudian beri pewarna makanan.

    beri pewarna dan garam
  4. Yang terakhir taburi garam
  5. Tunggu beberapa saat dan lihat reaksinya.

Apa yang terjadi?

Es akan mulai mencair pelan-pelan, pewarna makanan terlihat mulai membaur masuk ke celah-celah es batu tadi. Fungsi garam disini adalah untuk membantu mempercepat es tersebut meleleh karena partikel garam akan menerobos masuk ke dalam partikel es yang padat. Sehingga partikel es yang ada diatas kemudian memisahkan diri dari partikel yang ada dibawah dan samping. Nah, partikel yang memisahkan diri tadi berubah menjadi cair(detektif fisika)

Pelan-pelan es mencair dan menjadi indah karena berwarna-warni. Coba bawa es tersebut di bawah cahaya matahari, maka akan nampak es tersebut seperti kristal. Indah!

kristal es
kristal es

Jika ingin menikmati keindahan itu dalam waktu lama. Buatlah es berukuran besar, bisa dicetak memakai baskom maupun mangkok. Semakin besar esnya akan semakin lama waktu mencairnya. Semakin lama pula keindahan peristiwa itu bisa dinikmati.

Jika es yang dipakai besar bentuknya dibutuhkan pula nampan yang besar  agar air dari lelehan es tersebut tidak membanjiri ruangan. Bisa juga di bawah nampan dialasi dengan kain, handuk atau spons yang memiliki daya serap yang baik agar lelehan es tak membuat repot.

Kalau kemarin anak saya mencoba dengan es yang kecil jadi cepat meleleh. Tapi, itu tak mengurangi keindahan kristal dari es tadi. Tertarik buat dengan kegiatan ini? Silahkan dicoba ya.

Awalnya kegiatan bereksperimen dengan science yang sederhana memang saya lakukan untuk mengisi waktu liburan anak-anak. Seiring waktu, ternyata mereka minta kapan saja bisa dilakukan. Buat mereka kegiatan semacam ini menyenangkan. Bahkan saya, meskipun bukan anak-anak lagi ikut merasa senang dan asyik melakukan kegiatan ini.

Yuk, ikutan have fun dengan percobaan science sederhana ini!

 http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

4 thoughts on “Membuat Kristal Es

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *