Tentang Sebuah Catatan #4TahunKEB

Sebuah catatan

Suatu hari,

“Aku mbok diajari gawe blog et!” —-> ”Aku, diajari membuat blog dong, Et!

Di lain waktu,

“Mba Ety blogger ya?. Ajarin ngeblog dong Mba!

Di hari yang lain lagi,

“Tiiii, ajarin gue ngeblog dong!”

Beberapa hari  yang lalu,

“Mba, aku pengin punya blog seperti njenengan, caranya gimana?”

Akhirnya, beberapa lembar tutorial membuat blog gratisan pun terkirim ke email mereka. Tahu apa yang saya rasakan?. Ada rasa bahagia yang sulit dilukiskan. Padahal ini sesuatu yang sederhana ya. Tapi mampu menggugah kesadaran saya akan arti berguna,  dan dibutuhkan meskipun untuk hal yang sangat simpel.

Penting ya?. Buat saya yang dulunya beranggapan bahwa menjadi bermanfaat bagi orang lain itu ketika memiliki banyak hal, seperti harta, jabatan, kedudukan, dan kesempatan lainnya, maka menjadi penting ketika kenyataan menunjukkan sebaliknya. Saya yang awalnya tak merasa memiliki sesuatu yang layak untuk dibagi, akhirnya diberi kesempatan untuk merasa berguna.

Padahal ya, tutorial sejenis kan banyak banget di internet. Tinggal ketik kata kunci maka akan muncul banyak pilihan tutorial. Mengapa mereka meminta saya?. Saya berpikir positif saja, bahwa inilah kesempatan yang Alloh berikan agar saya bisa berbuat sesuatu tanpa menunggu memiliki banyak hal terlebih dahulu.  Melalui apa? melalui media bernama Blog.

START

Flashback 

Dulu dunia saya hanya seluas 9×10 meter persegi. Urusan saya dari membuka mata itu ya memasak, mencuci, menyetrika, beberes rumah, merawat anak-anak dan suami. Selesai dengan urusan tetek bengek itu biasanya dibawa tidur karena rutinitas harian itu memang menguras energi.

Keluar rumah yang saya kenal tukang sayur, tukang warung, dan tetangga berikut beberapa kawan saja. Refreshing? Untuk yang satu ini saya biasanya nebeng waktu refreshingnya anak-anak. Entah jalan sehat, berenang, atau main di arena bermain anak-anak.

Lalu untuk ” Me Time”? jika ini diartikan sebagai waktu buat saya untuk melakukan aktifitas yang saya sukai maka dulu tidak ada. Waktu saya ya waktunya anak-anak. Saya menyadari, saya ini manusia biasa. Ketika bosan butuh penyegaran, ketika capek butuh istirahat, ketika memiliki hobi pasti ingin menekuninya.

Setelah mengenal internet, dunia saya berubah. Luasnya tak lagi berbatas. Dunia saya menjadi seluas yang saya mau. Kenal banyak kawan dari banyak daerah. Belajar banyak hal dari banyak orang yang saya kenal lewat internet.

Berkenalanlah saya dengan media bernama Blog. Menulislah saya di sana, tentang apa saja. Apa yang saya lihat atau apa yang saya alami. Saya merasa bahagia dan nyaman di sana. Sebuah tempat yang menerima saya apa adanya, tanpa syarat.

Dari 2009 hingga sekarang, akhirnya blog menjadi  media ber me time bagi saya sekaligus menjadi media berbagi manfaat. Sebuah perubahan yang tercatat pada memoar saya.

Bersama KEB Saya Bertumbuh

Dalam dunia blogging, saya tinggal di sebuah rumah besar, yang bernama KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger). Saya bersama emak-emak  dan sebagian perempuan yang belum menjadi emak saling berbagi cerita melalui blog. Kami saling bersilaturahmi dengan blogwalking. Akhirnya kami pun saling mengenal satu sama lain.

Di KEB itu ada macam-macam emak. Mereka ini memiliki latar belakang yang berbeda. Baik dari suku, agama, tempat tinggal maupun profesi. Satu hal yang sama diantara kami yaitu kami seorang Blogger. Hobi kami, ya menulis, menulis apa saja yang menjadi minat kami.

keb event

KEB juga tempat emak-emak membangun eksistensinya dalam dunia blogging. Ada yang menjadi langganan juara lomba blog, ada yang pandai memasak kemudian eksis sebagai foodie blogger. Yang pandai dandan menjadi beauty blogger, ada pula yang rajin memposting tentang parenting dan kegiatannya bersama keluarganya. Bahkan mendapatkan manfaat secara materi dari pekerjaan yang bernama Blogger.

Saya tentu menjadi bagian kecil dari rumah bernama KEB. Saya turut berbagi cerita, dan berkunjung dari satu blog ke blog yang lain. Menjalin silahturahmi dan menjaring ilmu serta kebaikan yang terserak di sana.

Saya memang berubah sekarang. Dulu, saya yang merasa tak bisa apa-apa dan tak punya apa-apa kini bisa menulis. Sesuatu yang bagi orang lain mungkin sepele tapi buat saya ini sesuatu yang luar biasa. Lewat tulisan itulah cara saya berbagi. Berbagi informasi, ilmu dan inspirasi

Bersama KEB saya semakin produktif menulis. Tak sekadar menghasilkan tulisan, bersama KEB saya senantiasa diingatkan agar selalu bisa menulis yang baik, yang bermanfaat dan menginspirasi.

Walaupun saya tak mampu untuk menilai apakah setiap tulisan saya sudah bisa memenuhi syarat di atas. Namun saya selalu berusaha untuk menulis sesuatu yang bukan menebar kebencian, permusuhan dan olok-olok. Setidaknya tulisan saya bisa bermanfaat bagi sedikit orang.

Rumah besarku ini, telah berusia 4 tahun. Sebuah rumah tempat saya belajar duduk, merangkak, berjalan dan akhirnya bisa berlari. Rumah tempat bercengkerama satu sama lain, bermain dan tertawa. Rumah tempat membangun mimpi dan menghasilkan karya. KEB juga sebuah rumah dimana perbedaan di letakkan pada tempatnya. Perbedaan itu diakui namun tidak untuk dipersoalkan.

Semoga KEB panjang umur, dan selalu menebar manfaat melalui karya-karyanya.

#4TahunKEB  #KEBBerkarya

 http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

23 thoughts on “Tentang Sebuah Catatan #4TahunKEB

  1. Salam kenal Mak, dari anggota keluarga baru di KEB.
    Senang bisa berkunjung ke sini, mau menggali ilmunya, biar ketularan trampil merangkai kata.

    Semoga menang lombanya ya….

    1. Salam kenal Mba Nanik, selamat bergabung di KEB. semoga betah.
      Terimakasih sudah mampir.
      Ayo Mba, kita sama-sama belajar.

  2. 2009 ya Mba..hmm semua memang berproses. Dan saya baru memulainya. Semoga bisa konsisten dan akhirnya memetik banyak manfaat dari ngeblog.

  3. Sama Mbak Ety, saya juga merasa bahagia kalau bisa melakukan sesuatu bagi orang lain melalui blog meski itu hal kecil sekali pun.

    Semoga kita bisa terus bersama, dan juga bersama KEB ya … selamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *