Es Cincau Lemon Tea

ES CINCAU LEMON TEA

Pernah nggak ngalamin ketika minum atau makan di sebuah kafe, restoran atau apalah namanya trus suka sama minuman atau makanan yang disajikan?. Hm, saya nih mengalaminya, suka trus tertarik ingin membuatnya sendiri di rumah. Iya, soalnya, minuman ini sederhana banget tapi rasanya itu seger-seger adem gitu.

Sudah dua kali saya meminum es lemon tea cincau di kafe itu. Padahal sewaktu kali kedua kesana itu ingin mencoba minuman lain lho. Tapi rupanya kesegaran minuman yang satu itu menggoda niat saya. Yang tadinya mau mencoba menu lain buat direview, eh malah pesen itu lagi, itu lagi. Yo wes lah, dipuas-puasin dulu menikmati minuman satu itu.

Jadi apa nama minumannya?. Maaf, saya lupa nama minuman yang di kafe itu tapi saya ingat kalau minuman itu terdiri dari lemon tea dan cincau. Itu saja? Iya, cuma ditambah es batu dan gula sebagai pemanis. Seperasaan lidah saya sih cuma itu bahannya. Ha? Simple banget sih?. Hehehe, selera saya kan yang simple-simpel saja.

Kalau penampakan minuman di kafe itu seperti ini:

ec cincau lemon tea

Melihat penampakkan yang seperti di atas,nggak salah kan kesimpulan saya kalau bahan untuk membuat minuman cincau lemon tea itu hanya lemon tea, cincau, gula pasir dan es batu. Saya langsung mbatin, bikin sendiri sih bisa ini.

Untungnya, kafe itu letaknya di sebuah mall, jadi sepulang dari kafe, langsung deh belanja lemon tea. Sudah niat, mau bikin sendiri aja. Kalau lemon tea sudah ada dalam persediaan, tinggal beli cincau saja sama tukang sayur langganan. Gampang kan?.

Akhirnya niat membuat es lemon tea cincau kesampaian juga. Jika ingin merasakan kesegaran es ini, silahkan bisa dicoba resepnya di bawah ini:

  • Lemon tea kemasan atau the celup rasa lemon
  • Cincau hitam
  • Gula pasir
  • Es batu

Cara Membuat:

  1. Seduh lemon tea dengan sedikit air hangat, lalu tambahkan air dingin secukupnya. Kalau saya memakai teh celup rasa lemon jadi harus menambahkan gula pasir.
  2. Serut memanjang atau diiris kecil-kecil cincaunya.
  3. Masukkan ke dalam gelas saji, tuang air lemon tea dan beri es batu.
  4. Es Cincau Lemon Tea siap dinikmati.
es cincau lemon tea
segeeer

Rasa segar es ini berasal dari rasa lemon tea yang asem manis. Paduan kedua rasa ini sukses membuat mata kantuk jadi melek lagi. Cincau nya kenyal-kenyal tawar, enak buat digigit. Cocok banget diminum saat cuaca panas. Bisa juga jadi teman menulis, pas buat yang tak suka minum kopi.

Saya sendiri merasakan, kantuk kadang menyerang saat yang tidak tepat. Seperti sedang diburu DL lomba, pekerjaan atau sedang ingin membaca novel favorit. Nah, supaya pekerjaan tetap bisa dilakukan maka minuman es cincau lemon tea ini bisa dipilih.

Cincau hitam sebagai salah satu bahan dalam es cincau lemon tea bertekstur kenyal seperti agar-agar. Jika agar-agar terbuat dari rumput laut maka cincau hitam terbuat dari daun janggelan atau disebut juga mesona palutris.

Sejak dahulu cincau hitam ini dikenal memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh diantaranya mengobati panas dalam, mencegah sembelit, mencegah penyakit diabetes militus dan lain sebagainya. Gizi yang terkandung dalam cincau hitam juga beragam, seperti karbohidrat, kalium, fosfor, air, vitamin A, B1 dan C.

Cincau hitam ini biasanya digunakan sebagai salah satu bahan dalam minuman seperti es campur, kolak, es buah dan lain-lain. Bisa juga sebagai campuran minuman lemon tea, seperti yang saya buat tadi yaitu Es Cincau Lemon Tea.

 http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

16 Replies to “Es Cincau Lemon Tea”

  1. enak dan segar ya, mba Ety. kalau mau beli gelas kayak gitu di mana, mba? 😀

    1. Betul Mba Ila, cobain deh.
      Saya beli di toko perabotan pecah belah mba.
      Kalau jual aneka gelas, semoga saja gelas seperti di atas juga ada.

  2. Segeeer….aku lagi seneng sama yang ada cincau nya, es capucino cincau..enak juga loh 😀

    1. Iya Mba Ika, seger banget.
      Nah itu dia, cappucino cincau saya malah belum pernah coba.
      Padahal dah ngehits dari kapan hari ya.

  3. bah siang siang panas gini cocok ini minum beginian haha

    1. Betul, seger banget dah.

  4. blm pernah nyoba cincau di mix sama lemon tea, baru tau juga

    1. Kalau begitu cobain aja Vivaalexa.

  5. Seger banget kelihatannya. Saya suka lemon tea. Sy juga suka cincau. Tp belum pernah nyoba lemon tea campur cincau 😀

    1. Monggo dicoba Mba Hairi yanti.
      Semoga suka.

  6. Pas panas dalam emang katanya bisa mengobati ya mba. Aku senang makan es cincau begitu mba. Segeer keliatannya

    1. Iya Mba Alida, seger poool.

  7. kalau aku lebih suka yg dicampur es teh tarik mak.. dingin manis ?

    1. Kapan-kapan saya coba Mba Yoanna, pake teh tarik, hm

  8. Halah halah gampang. Bikin sendiri ah

    1. Iyo mba lusi. Pas minum disana aku yo mbatin.

Leave a Reply