Ika Koentjoro, Tempat Belajar Food Photography

Ika Koentjoro

Ika Koentjoro, tempat belajar food photography itu benar adanya. Teman saya yang satu ini memang dikenal sebagai photographer makanan yang hasilnya bikin saya terkagum-kagum. Fotonya kece-kece, kok bisa sih?. Saya pun jadi penasaran, makanya saya suka japri Mba Ika untuk tanya hal-hal seputar ilmu dasar fotografi. 

Ilmu dasar fotografi? hehehe, iya! Saya kan ilmu dasar saja belum khatam. Kata Mba Ika, ilmu dasar fotografi seperti , Iso, Apperture, dan Speedshutter harus dipahami diluar kepala agar pas pegang kamera sudah memahami setting seperti apa yang mau dipakai.

Nah, ini, saya masih saja belum paham di luar kepala tentang ketiga pengetahuan dasar tadi. jadi aja kalau motret bawaannya bingung, hahaha. Untung, Mba Ika sabar ya ngajarin saya, yang lambat memahami.

Kata Mba Ika, memang butuh waktu sih kalau ingin terampil memotret. Itu dia, kata kuncinya, jam terbang. Harus bersedia meluangkan waktu untuk berlatih, secara terus-menerus agar pemahaman teknik fotografi dan taste nya bisa sejalan.

ika koentjoro

Lebih lanjut Mba Ika menekankan pengetahuan tentang tentang tone, white balance dan styling. Nah, lho, yang dasar saja belum terampil, ditambah lagi yang ini. Sukses deh bikin saja semakin mumet dengan fotografi.

Sampai-sampai Mba Ika menawarkan kapan bisa ketemuan biar lebih mudah praktiknya. Iya sih, kayaknya saya memang butuh didampingi dalam belajar fotografi deh. Maksudnya sih supaya bisa fokus. Jujur saja, selama ini kalau motret di rumah selalu merasa diburu-buru. Padahal memotret makanan kan harus rileks, fokus, gak mikirin hal lain selain memotret.

Hahaha, itu dia penyakit saya, kadang niatnya pengin fokus memotret, eh, ingat jemuran di luar takut kehujanan. Belum lagi ingat kucing peliharaan yang sudah waktunya dikasih makan, halaaah, kapan fokusnya coba. Kita harus ketemuan beneran nih Mba Ika, muridmu yang satu ini masih kepayahan memahami tekni dasar fotografi. Butuh sentuhan langsung dirimu sepertinya, qeqeqe.

Bagi saya Mba Ika Koentjoro memang layak dijadikan orang yang tepat untuk belajar memotret makanan. Ini nih, salah satu hasil jepretan cantik dari beliau. FYI, ini resolusinya sudah saya turunkan banyak demi stabilitas kondisi blog saya supaya tidak berat, qeqeqe. Foto asli silahkan cek di IG nya Mba Ika ya.

saus
cakeeep kan?

Btw, saya pertama kali ketemu Mba Ika itu saat event Kopdar Blogger Nusantara yang diselenggarakan di Jogya, beberapa tahu lalu. Sejak saat itulah, kami mulai berkomunikasi secara intens.

Awalnya sih ngobrolin soal dunia menulis dan blogging. Lama-kelamaan, saya kok tertarik dengan dunia memotret. Mengapa tertarik? hm, dunia blogging ternyata juga tak bisa dilepaskan dari tampilan visual yang menarik. Salah satunya ya dari foto-foto yang ditampilkan di blog.

Saya pun merasa dituntut untuk bisa menghadirkan foto-foto yang menarik. Sementara itu kemampuan saya minim banget dalam fotografi. Jadilah saya berguru dari Mba Ika Koentjoro ini.

Dari seringnya berkomunikasi, kemudian kami bertemu di acara Arisan Ilmu nya Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB). Beberapakali saya sempat mengikutinya dan di sana pula saya bertemu dengan Mba Ika Koentjoro.

Coba deh, teman-teman intip IG nya Mba Ika Koentjoro. Pastilah akan sepakat dengan saya bahwa foto-fotonya kece. Nggak salah kan, kalau saya menjadikan Mba Ika Koentjoro, tempat belajar food photography.

 http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

19 Replies to “Ika Koentjoro, Tempat Belajar Food Photography”

  1. Aku juga masih amatir motretnya mbak. Yuk belajar sama2

    1. Ish, meni merendah ah. Amatiran yang fotonya bagus yaaak

  2. Arisan ilmu berikutnya datang ya Mbak? Jd inget waktu dirimu nginep di Bu Idah dulu, kapan nginep yogya lagi?

    1. Nggak jodol jadwalnya Mba ririe. Iya dulu nginep di rumah bu Ida

  3. Sayangnya kalau lihat “food photographic” cuma bisa berkhayal saja, gak merasakan, bikin ngilerr, hahaha

    1. Hehehe, kasihan malah kalau ngiler nggak kesampaian.

  4. Sepertinya aku butuh privat dari mak Ika deh

    1. Hihihi, hayuk lah pepet mba ika supaya mau ngajarin.

  5. Sukses ngeces lihat foto-foto mbak Ika. Kapan lagi ya ketemu sama mbak Ety? Terakhir kita ketemu pas di Bumbu Desa itu (kalau gak keliru ingat). 😀

    1. Iya Mba Phie, fotonya mba Ika jos tenin.
      Iya mba di Bumbu Desa atau di rumah Mba prima ya? lupa aku.
      Semoga secepatnya, lha wektune nggak jodoh terus ini.

  6. suka banget sama foto2nya mak ika

    1. Sama Mba Hana, kece sih yaa

  7. semuanya cakep foto2 mbak ika, emangnya foto aku ya mbak hehehe mau belajar ah

    1. hayuk lah belajar sama mba Ika

  8. saya kalo moto makanan juga buru-buru mbak…keburu habis dicomotin anak-anak…hihihi

    1. Huhahaaa, sekarang motretnyapas anak-anak sekolah jadi aman. tapi belum aman dari antrian pekerjaan lainnya.

  9. Ada ungkapan baru, kalau jaman sekarang sebelum makan selain bismillah juga buka hape untuk foto-foto sampai makanan keburu dingin, hihihi

    1. Nah, itu dia Mba Baiq, saking dahsyatnya demam motret makanan ya..qiqiqi.

  10. Canggih emang nih Mba Ika. Aku mesti merguru nih *kibas napkin* 😀

Leave a Reply