Rela Kehabisan Tiket Demi Menyerap Lengkap Ilmu Fun Blogging 10

fun-blogging-10.jpg.jpeg

Drama kehabisan tiket kereta api tujuan Solo sebenarnya sudah kesekian kalinya terjadi. Jika akhirnya harus membayar lebih mahal karena naik kereta eksekutif tujuan Solo atau naik keberangkatan berikutnya yang baru ada sekitar pukul 20.30 itu juga pernah saya alami. Atau pilihan terakhir adalah naik bus, dan kemarin Minggu 20 Maret 2016, opsi terakhir jadi pilihan saya agar bisa menyerap lengkap ilmu di Fun Blogging 10.

Untungnya saya gak sendirian, jadi nggak horror naik bis malam-malam. Ada Mba Hana Aina kawan seperjuangan dari Solo, jadi sepanjang jalan ada kawan ngobrol. Beruntungnya lagi dapat minibus tujuan Solo yang poolnya dekat rumah. Alhamdulilah, gak perlu repot-repot ganti bus di terminal Solo. Nyesel dong? Enggak pake banget, karena dapat ilmu yang super padet. Kalau dihitung-hitung worth it lah dengan segala drama yang terjadi, qiqiqi.

Fun Blogging seperti diketahui adalah workshop blogging yang diselenggarakan oleh tiga blogger perempuan yang telah memiliki banyak pengalaman di dunia blog dan media sosial. Ketiga perempuan tersebut adalah Haya Aliya Zaki, Shinta Ries dan Ani Berta. Ketiga perempuan ini telah berkeliling ke beberapa kota untuk menularkan ilmu blogging pada blogger-blogger daerah. Diantaranya ke Surabaya, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

fun-blogging-10-cindy-fania-.jpg.jpeg
wajah-wajah sumringah, siap belajar foto: Cindy Fania

Saya, karena berdomisili di Solo tentu memilih kota terdekat yaitu Yogyakarta. Jauh-jauh hari saya memastikan untuk bisa dapat tiket belajar bersama blogger kota Gudeg. Workshop seperti ini kan jarang ada di daerah, jadi ketika kesempatan belajar datang, saya tidak menyia-nyiakannya.

Bertempat di Kantor Qwords Yogyakarta, didukung oleh Indosat Ooredoo, workshop sehari ini berlangsung seru. Sebagian besar peserta workshop memang berasal dari Jogya, dan wajah-wajahnya sudah amat saya kenali. Peserta dari Solo ada empat orang, saya, Hana Aina, Ana Ike dan Ika Mitayani. Satu-satunya peserta cowok datang dari Jakarta yaitu Timoty W Prawiro, katanya ke Jogya lagi ada acara jadi sekalian aja ikut Fun Blogging 10.

Materi pertama diisi oleh Mba Haya Aliya Zaki, seorang ibu dengan tiga orang anak. Dulunya Mba Haya ini seorang apoteker, penulis lepas dan editor. Jatuh cinta dengan dunia blogging dan akhirnya memutuskan untuk fokus menjadi seorang blogger. Materi dari Mba Haya berjudul “Writing Great Content”.

fun-blogging-10-haya-aliya-zaki-.jpg.jpeg

Mengapa dalam blogging, konten itu menjadi penting?. Menurut Mba Haya, orang berkunjung ke sebuah blog itu untuk membaca isi blog tersebut. Jadi, tulislah konten blog dengan baik. Tak semata memenuhi keterbacaan mesin pencari namun juga kenyamanan bagi orang yang membacanya.

“Sesungguhnya ‘napas’ dari blogmu adalah konten”—Bang Win

Bagaimana caranya membuat konten yang baik?. Ini bisa dimulai dari menentukan ide tulisan yang unik. Ide ini kemudian diolah dengan kalimat yang pendek, tidak klise,dan berupa kalimat aktif. Mba Haya juga menambahkan pentingnya diksi atau pemilihan kata. Agar kita bisa kaya diksi maka harus banyak membaca dan buka kamus besar Bahasa Indonesia.

Sebagai blogger berlatarbelakang editor, Mba Haya menekankan penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) untuk tulisan di blog. Ini bukan membatasi kreatifitas menulis lho!. Justru dengan penerapan EYD yang tepat akan memudahkan pesan dalam tulisan bisa dipahami oleh pembaca. Boleh, kok kalau menghendaki menggunakan bahasa seperti elu, gue supaya tidak kaku. Tapi, tetap harus memperhatikan penggunaan tanda baca, huruf besar kecil dan lain-lain.

“Tulis draft pertamamu dengan perasaan, lalu tulis ulang dengan pikiranmu”. —James Ellison

khusyu mendengarkan sembari livetweet foto: Timoty W.P
khusyu mendengarkan sembari livetweet
foto: Timoty W.P

Selain itu Mba Haya menyarankan untuk menggunakan seluruh panca indera dalam menyampaikan pesan agar tulisan bisa lebih hidup. Jangan lupa, untuk melakukan swasunting atau mengedit tulisan sendiri sebelum dipublikasikan agar tak lagi ada typo dan lain-lain.

Materi kedua disampaikan oleh Shintaries, ibu dua anak ini seperti biasa, sesuai dengan keahliannya membahas mengenai “Advancing Your Blog Platform”. Sepenuhnya ini materi teknis banget, bukan soal soal koding sih. Tapi mengenai membuat layout blog agar SEO friendly, ,memanfaatkan Google Tools untuk meningkatkan keterbacaan blog kita, membuat strategi dalam menulis konten agar dicari search engine dan pembaca yang membutuhkan informasi, bagaimana menggunakan Webmaster dalam mengelola blog, bagaimana membangun personal branding dan bagaimana menentukan rate card.

fun-blogging-10-shintaries-.jpg.jpeg

Aseli, ini materi padet banget dan saya butuh waktu untuk bisa memahaminya poin demi poin yang disampaikan oleh Mba Shinta, seorang enginer yang terjerumus ke dunia blogging. Bagi teman-teman yang pernah mengikuti workshop ini pasti sepakat. Banyak hal teknis yang membuat dahi berkerut.  Harus segera dipraktikan sebelum materi yang nempel di otak jadi menguap lagi.

makan dulu, lanjut materi lagi Foto : Prima Satrianto
makan dulu, lanjut materi lagi
Foto : Prima Satrianto

Dan pas banget materi terakhir tuh diisi Mba Ani Berta yaitu Memaksimalkan Benefit Sosial Media. Tadinya, mikir, materi The Ani pasti tentang duit, duit dan duit. Ternyata? Emang bener ngomongin benefit materi seperti duit tapi nggak hanya itu lho!. Bahwa aktifitas di media social tak hanya berdimensi materi tapi ada juga benefit sosial

Benefit Sosial yang dimaksud adalah memberikan informasi yang dibutuhkan banyak orang, membangun networking dan juga memberikan edukasi. Jika melihat perjalanan Teh Ani dalam menekuni dunia blogging, wajar banget jika sekarang beliau meraih pencapaian yang bagi saya itu TOP.

Dari paparan perempuan keturunan Batak dan Sunda ini saya mendapat wawasan lengkap tentang dunia blogging. Seperti halnya tentang optimasi blog, jenis pekerjaan terkait blogging, keunggulan promosi di blog, kategori review, kiat memperoleh job review, selektif menerima job, konten dan personal branding, optimasi media sosial seperti Twitter dan Facebook, bahan buzzing twitter, kiat mendapatkan job di Twitter, kiat Twitter dilirik brand, dan etika Buzzer.

Saya nggak bisa uraikan satu-satu di sini karena materinya banyak banget. Jika ada teman-teman yang tertarik coba deh liat Twitter @etyabdoel, di sana ada tweet saya tentang materi workshop Fun Blogging 10.

fun-blogging-10-ani-berta-.jpg.jpeg

Saking asyiknya mendengarkan paparan materi, sampai nggak nyadar jika sudah jam 16.00. Ini adalah waktu janjian saya dengan Mba Ojek. Benar saja, di luar gedung Mba berjaket kuning telah datang bersama kedua kawannya. Saya akhirnya memundurkan jadwal kepulangan agar ilmu yang saya dapat bisa lengkap. Sayang kan, sudah jauh-jauh tapi dapatnya nanggung!. Dengan resiko kena charge. Nggak papalah daripada Si Mba balik ke kantor dan nerima orderan lain. Bisa-bisa lama lagi dapat ojeknya.

Materi workshop kali ini telah berhasil membuka wawasan saya tentang dunia blogging dan memberi semangat buat saya untuk memperbaiki konten blog, belajar menggunakan media sosial dengan asyik dan juga memahami bahwa ada proses yang harus dilalui. Ada usaha maka ada hasil. Makasih banget buat Mba Haya, Mba Shinta dan The Ani, untuk ilmu dan kesempatan belajar. Juga buat Qwords yang sudah bekerja ekstra menyiapkan tempat buat kami.

Workshop selesai jam 5 sore, menuju ke Stasiun Maguwo naik ojek. Sesampainya di stasiun kehabisan tiket kereta keberangkatan jam 18.00 harus menunggu hingga jam 20.30. It’s too long kata Mba Ana Ike, jadi beliau memilih menunggu dijemput suami sementara saya dan Mba Hana memilih untuk naik bus. Alhamdulilah nyampai di rumah dengan selamat tepat pukul 20.40 WIB. Drama kehabisan tiket worth it dengan ilmu yang saya dapat di Fun Blogging 10.

 http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

49 thoughts on “Rela Kehabisan Tiket Demi Menyerap Lengkap Ilmu Fun Blogging 10

  1. Lho, itu menu maksinya HokBen ya? Kok sama dengan menu maksi Fun BLogging 9 di Semarang? Jangan-jangan HokBen juga sponsornya Fun Blogging ya? Hehehe.

    Btw, salam kenal, Mbak. Saya kemarin daftar pas kuota habis, alhamdulillah masih dikasih kesempatan ikut berkat kebaikan hati Mbak Haya. 🙂

    1. Hahaha, iya kali Mas Eko.
      Wah,beruntung banget njenengan biasanya kalau udah full seat harus menunggu event berikutnya.

  2. serunyaaa…aku pulang duluan pas FB 9, buru-buru soalnya Nailah les mba..huhu…ngga dengerin petuah teh ani berta…untung ada dibagi materinya, pelipur lara hiks..

  3. Penuh perjuangan ya, Mbak, untuk bisa menyerap ilmu fun blogging, mulai dari kehabisan tiket sampai rela bayar charege ojek…..Semoga materi yang didapat tetap menempel di otak dan tidak menguap 😀

  4. Padet banget materi nya tapi sesuai nama nya #funblogging bikin fun yang dengerin nya kalo menurut aku mba Ety. Hehehe
    Di bagian mba Shinta aku banyak roaming nya kemarin mba. Hahaa :p
    Btw, post nya mba Ety keren

  5. Hihi drama kehabisan tiket.
    Bener sih soal EYD, bukan membatasi tapi ternyata penggunaan EYD yang bagus bisa memberi kenyamanan pada pembaca blog.
    Saya juga suka mbak shintaries, blognya asiiik banget tampilannya 😀
    Tapi kalau materi mbak shinta ini sepertinya bakalan lebih nampol kalau dipraktekin, tapi aku liat pada ga bawa laptop sih ya 😀
    Gapapa yang penting di catet

    1. Iya Mba Laili, kepikiran sih buat bawa laptop tapi nggak boleh sama anak-anak karena si sulung ada tigasdan adiknya juga pengin pinjem buat main game.
      Ya udah akhirnya, nyimak aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *