Internetan Yang Bikin Baper

internet

Internetan yang bikin baper?. Iya, dari pengalaman pertama kenal internet sampai sekarang ini masih suka baperan. Entah kapan bakal berakhir, kalau sudah berkaitan dengan koneksi internet, rasa-rasanya kok bikin gemas-gemas sebal, benci tapi rindu bahkan tak bisa hidup tanpamu, qeqeqe. Tuh, kah! Apa saya bilang penuh drama sih.

Kebaperan saya berawal saat dulu sekali. Kala itu tahun 2002 sudah di semester akhir kuliah. Tinggal tunggu jadwal seminar dan pendadaran, daripada tegang pergilah saya ke Puskom (Pusat Komputer) di kampus almamater. Ini barang baru di kampus dan gosipnya ada sesuatu yang baru di sana, namanya Internet.

Kata dosen saya, mahasiswa bisa menggunakan fasilitas internet secara gratis untuk menunjang pembelajaran di kampus. Katanya pula ada banyak pengetahuan bisa diakses melalui internet, dan ini akan memperkaya wawasan para mahasiswa.

Bagus, dong! Bagus, atas dasar itu pula meskipun sudah selangkah lagi lulus, saya pun penasaran sama barang baru ini. Sampai di sana apa yang saya dapatkan?. Setelah mendapat pengarahan singkat bagaimana memulai berinternetan dari Mas yang jaga Puskom, saya pun mencoba barang baru ini.

Menit pertama exited, ketika pertama membuka web browser yang cuma satu-satunya itu, mulailah mengetikkan satu kata kunci berputarlah itu browser. Menit kedua masih berputar, menit ketiga, keempat akhirnya entah menit keberapa laman yang memuat informasi beasiswa itu terbuka. Lama? Lama ah, karena saya sempat ngobrol ngalor ngidul sama teman.

koneksi-lemot

gambar: teknofans.com

Untuk bisa membuka satu halaman saja, kesan saya sama internet itu kok lama ya. Koneksinya lelet, kayak siput jalan. Capek deh, menunggu satu laman terbuka. Saya komplen sama Mas nya, katanya jaringannya belum stabil, hadeeh. Saya dan teman saya karena sudah bête kelamaan nunggu, akhirnya meninggalkan ruangan tanpa mendapat informasi apa-apa. Dalam hati saya ngedumel, oh internet cuma gitu toh?. Buang waktu aja, pikir saya. Apa asyiknya?.

Setelah lulus, warnet mulai banyak bertebaran di mana-mana tapi saya tetap saja jarang berinternetan. Buang-buang waktu dan duit saja buat saya. Hingga akhirnya tahun 2009, saat menyusui anak kedua, kenalan lagi dengan internet.

Suami membelikan seperangkat komputer plus modem. Tahun itulah, awal mula saya kemudian berinteraksi intim dengan internet. Saat itu pertamakali yang saya lakukan adalah membuat email dan membuat akun Facebook. Belum punya tujuan apa-apa selain refreshing saja setelah penat dengan urusan rumahtangga.

Baper juga?. Hehehe, iya nih! Apalagi kalau bukan soal koneksi yang selalu bikin gemes-gemes sebel karena leletnya itu. Saat itu saya belum pahamlah macam-macam provider yang menyediakan layanan internet. Jadi manut saja ketika suami membelikan modem pertama itu.

Jangan tanya kecepatan koneksinya yaah, karena saat itu saya masih gaptek habis. Mau ngapain (selain facebookan) dengan internet saja masih bingung apalagi soal teknis begitu. Bagi saya ukuran lelet itu ketika browser berputar terus dan laman nggak terbuka. Sekalinya berhenti berputar, bunyinya saya harus mencoba lagi. Capeek, tahu!

koneksi-error
gambar : rinditech.com

Eh tapi, selain bête, saya toh akhirnya senang karena internet telah membawa saya ke dunia baru yaitu blog. Dunia dimana saya akhirnya bisa mengekspresikan diri melalui tulisan. Dunia yang saat itu bahkan tak pernah ada dalam rencana hidup saya. Tapi saya percaya, tak ada yang kebetulan di dunia ini. Semua sudah tersusun rapi dalam skenario NYA.

Setelah aktif menjadi netizen, apa kemudian tak baper lagi?. Masih, sebenarnya sih dari sisi kecepatan sudah lebih baik hanya saja kadang-kadang rewel, pas butuh kok ya lelet. Nah, kalau sudah begini saya suka malas berinternetan. Biasanya bakal libur dulu ngenetnya tapi akhirnya nggak tahan juga menahan rindu untuk ngeblog.

Mau nggak mau balik lagi ke laptop, bercengkerama lagi dengan koneksi yang membuat benci tapi rindu itu. Suatu ketika, pernah gagal berkali-kali kirim email untuk ikut lomba blog. Sampai akhirnya saya capek sendiri dan memutuskan rehat dulu. Sementara itu postingan untuk lomba sudah siap tayang terjadwal.

email gagal kirim
email gagal kirim

Saat koneksi bersahabat kembali, saya mengecek postingan lomba telah tayang tanpa ingat kalau email ke penyelenggara lomba justru masih ngendon di draft. Baru sadar, setelah melihat daftar peserta, nama saya tidak termasuk di dalamnya. Eng, ing, eng, ternyata saya belum mengirim email pendaftaran lomba, pantas saja nggak ada didaftar peserta. Dengan lesu akhirnya saya turunkan bannernya.

Untungnya baper nggak pakai lama. Ngeblog jalan terus meskipun suka dibuat baper sama koneksi internetnya. Saya juga banyak mendapat berkah dari berinternetan, bertambah teman, bertambah rejeki, alhamdulilah.

tambah teman gara-gara ngeblog foto: Cindy Fania
tambah teman di Fun Blogging 10
foto: Cindy Fania

Tapi saya kok masih kepikiran soal koneksi internet yang nggak stabil itu. Seandainya cepat dan stabil kan saya bakal tambah bahagia ngeblognya. Akhirnya saya pilih yang menurut saya cepat koneksinya, tapi ampun, boros. Paket data cepat sekali habis jika buat ngeblog. Yaaah, padahal mah butuh banget sama koneksinya, sedih.

Tapi namanya sudah terlanjur cinta, akhirnya saya pun merasa tak bisa berpisah darinya. Meskipun boros, saya pun menutupnya dari penghasilan job review. Terus terang belum puas sih karena kalau bisa dengan hemat kenapa harus boros, sayang sama uangnya karena masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

internetan-yang-bikin-baper

Jadi, intinya saya mendamba internet cepat, stabil dan hemat di ongkos. Ada nggak ya?. Saat acara Fun Blogging 10 yang baru lalu saya mendengar bahwa Indosat Ooredoo menawarkan paket internetan yang disebut Freedom Combo bagi pengguna IM3 Ooredoo. Paket ini menawarkan paket internet lengkap dengan bonus kuota yang berlipat.

Tak hanya itu Freedom Combo memberikan kebebasan berinternetan, menelepon maupun SMS an tanpa dibatasi waktunya. Indosat Ooredoo juga menawarkan jaringan data terkuat bagi para pengguna internet seperti saya.

Seberapa banyak bonus kuota yang ditawarkan?. Silahkan cek di brosur berikut ini ya, maaf lecek, akibat perjalanan Jogya-Solo kala itu.

indosat-ooredo

Menarik sih tawarannya, apakah ini akan menjadi solusi dari masalah koneksi dan ongkos yang saya hadapi?. Saya pikir, ini layak untuk dicoba. Apalagi saya telah memiliki kartu IM3 Ooredoo saat Fun Blogging 10 tempo hari.

Dalam masa trial ini saya ingin memastikan seberapa cepat dan seberapa hemat bisa saya dapatkan jika menggunakan paket Freedom Combo. Jika pas di hati dan pas dikantong maka bisa berjodoh dengan saya. Semoga aktifitas saya berinternetan tak lagi baper gara-gara koneksi dan ongkosnya.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

28 thoughts on “Internetan Yang Bikin Baper

    1. Hihihi, wah pada kenal sama FS ya.
      Saya itu kewarnet setelah ngeblog. Kalau dah hopeless sama koneksi di rumah.

  1. Saya pakai provider yang itu, tapi belum pakai yang freedom combo.
    Loadingnya cepet, buat thetering ke tablet dan laptop juga cepet, Yang modem anti lelet itu aja kalah jauh pokoknya. *bukan iklan berbayar* 🙂

  2. Jadi kangen jaman masih suka pergi ke warnet xixixix. Akhir-akhir ini lebih suka pake indosat ooredoo juga. Gara-gara dibilangin temen murah gokik harganya dan ini satu-satunya jaringan yang lancar jaya kalau aku bawa pulang kampung 😂 Makanya jadi cinta sekarang

  3. Dulu zaman inet masih lemot kayaknya biarpun lemot tetep aja dibela-belain, ditungguin kalo buka sesuatu. Sekarang udah zamannya internet cepat dan banyak pilihan jadi kalo ada yang lemot dikit ya ditinggalin, pindah ke yang lain.

    1. Sama mba, waktu mulai intens internetan juga dibela-belain walaupun sambil ngedumel.
      Iya itu makanya pengin pilih yang cepat dan gak bikin kantong bolong

  4. Aku sekarang pakai Speedy. Alhamdulillah, nggak lemot-lemot amat. Kalau dulu zaman kuliah pakai apa ya namanya aku lupa, Mak. Modem model USB yang dicolok. Lemotnya alamaaakkk *___*

  5. kalau pengen cepet ya pakai speedy yang kecepatannya 10 Mbps atau yang 20 Mbps pasti cepet banget. klo untuk modempakai kartu telkomsel saja, soalnya telkomsel jaringannya bagus. menurut saya jaringan yang bagus di indonesia ya telkomsel, cepet banget koneksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *