5 Alasan Mengapa Sebaiknya Perempuan Mengonsumsi Buah Manggis

5 alasan menganpa perempuan sebaiknya mengonsumsi buah manggis

Buah Manggis memang sedang musim, ya!. Tiap hari, Mas tukang sayur langganan, selalu membawa buah ini. Mumpung lagi musim, saya pun puas-puasin makan buah Manggis. Nggak cuma saya sih yang suka, anak-anak dan suami juga suka. Apalagi, buah tropis yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dan bagi perempuan seperti saya, buah ini ternyata memberi manfaat yang tak sedikit, lho!. Apa alasannya?.

Bicara mengenai buah yang berkulit ungu kemerahan ini, saya jadi ingat iklan-iklan yang bersliweran di media. Jingle iklannya sampai sempat popular itu. Saya yang pada awalnya cuek, jadi ikut penasaran. Memang benar gitu, Manggis memiliki banyak manfaat buat kesehatan?. Hingga, ada produk ekstrak kulit Manggis segala.

Kepo, dong! Akhirnya saya pun searching di internet tentang buah manggis. Semua sumber yang saya baca, positif mengatakan jika buah yang dikenal dengan sebutan Queen Of Fruits mengandung antioksidan yang tinggi.

Dalam ensiklopedi Wikipedia disebutkan jika buah yang bernama binomial Garcinia mangostana ini, berasal dari Indonesia. Pohonnya bisa tumbuh setinggi 7 hingga 25 meter. Buah Manggis memiliki daging buah yang berwarna putih dan agak berair. Rasanya manis dan ada rasa asam-asamnya sedikit. Kalau buat saya, segar karena jadi nggak terlalu manis.

Dalam setiap satu buah Manggis, terdiri dari beberapa siung daging buah. Orang kadang suka menghubungkan jumlah siung buah dengan jumlah kelopak yang ada dibagian bawah buah. Jika kelopaknya 5 maka banyaknya suing buah juga 5. Benarkah demikian? Buktikan sendiri ya, teman! Ceritanya tebak-tebak buah Manggis.

Kembali ke soal manfaat buah Manggis, ini tak lepas dari kandungan zat yang ada di dalamnya. Ternyata zat-zat tersebut bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan perempuan karena beberapa penyakit yang biasa diderita kaum hawa ini bisa dicegah oleh kandungan zat yang ada dalam buah Manggis ini.

Jadi  ada 5 alasan mengapa perempuan sebaiknya mengonsumsi buah Manggis ini:

  1. Untuk kecantikan kulit. Hm, perempuan mana yang tidak ingin kulitnya halus dan sehat. Setiap perempuan pasti pengin. Kalau nggak, klinik kecantikan nggak bakalan menjamur, kan!. Nah, dalam Manggis ini terdapat senyawa antibakteri yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, noda hitam, kulit berminyak dan eksim pada kulit. Selain itu mengandung antiokasidan katekin yang mampu menangkal radikal bebas sehingga bisa menjadikan kulit awet muda.buah_manggis
  2. Terhindar dari penyakit kanker. Sebagai perempuan, ada satu momok yang menakutkan yaitu penyakit kanker. Beberapa kanker memang menyerang kaum perempuan seperti kanker payudara. Dalam buah Manggis ini ada senyawa antikanker yang disebut sebagai Xanthone. Senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk lebih maksimal menyerap manfaatnya bisa juga dengan mengonsumsi ekstrak kulit Manggis, karena kandungan Xanthone terbesar ada pada kulitnya.
  3. Memiliki bayi yang sehat. Pada saat hamil perempuan membutuhkan asupan Asam Folat dalam jumlah cukup untuk kebutuhan tumbuh kembang otak janin dan tulang belakangnya. Asam Folat yang cukup akan menghindarkan bayi dari cacat otak dan tulang belakang. Biasanya memang, dokter akan memberikan Asam Folat, namun jika ada sumber alami akan lebih baik.
  4. Untuk daya tahan tubuh yang prima. Menjadi perempuan itu harus tangguh, karena ada banyak hal bergantung pada pundak perempuan. Merawat dan mendidik anak, bekerja, mengurus rumah, dan lain-lain membutuhkan stamina yang baik. Asupan Vitamin C yang yang cukup akan membuat perempuan tak gampang sakit. Vitamin C juga berguna mencegah sariawan.
  5. Terhindar dari Sembelit karena mengandung serat yang tinggi. Serat merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Apalagi ketika hamil, sembelit kerap dialami ibu hamil. Mengonsumsi buah Manggis bisa membantu organ pencernaan bekerja dengan baik.

Sebagai perempuan saya tentu ingin senantiasa sehat. Dijauhkan dari segala penyakit yang berbahaya dan memiliki kulit yang cantik terawat. Cara alami seperti mengonsumsi buah Manggis ini adalah cara sederhana dan murah untuk sehat.

Bicara mengenai perawatan kulit, terus terang saya ini termasuk yang belum pernah melakukan perawatan kulit di salon maupun klinik kecantikan. Padahal pengin juga merawat kulit. Bukan anti dengan perawatan di klinik kecantikan, saya berusaha berhati-hati saja karena kawatir tidak cocok dengan jenis perawatan kulit yang ditawarkan.

Sebenarnya, ada teman yang merekomendasikan sebuah klinik kecantikan tapi sayanya yang masih maju mundur cantik, hiks,hiks,hiks. Jadi, sementara rajin mengonsumsi buah Manggis saja dulu, yang mudah dan murah.

Yang paling utama sih, sebenarnya soal manfaat bagi kesehatan tubuh saya. Tugas sehari-hari banyak menyita energi dan emosi jadi memerlukan nutrisi yang menunjang stamina. Termasuk agar bisa terhindar dari penyakit kanker yang berbahaya itu.

5 alasan di atas cukup jadi motivasi saya untuk mengonsumsi buah Manggis selagi musim. Ada pengalaman dengan buah Manggis, teman-teman?. Boleh lho, share pengalaman dengan Queen Of Fruits ini di kolom komentar.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

80 Comment

  1. Banyak manfaatnya ya.
    Mau beli ach, sudah lama nggak makan buah manggis
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    1. Monggo Pakde, semoga sehat selalu

  2. Horeee…saya juga sukaaa Manggis.. Makin suka ketika tahu banyak manfaatnya.. Maturnuwun infonya, mba Ety..

    1. Tos Mba Mechta, seger pokoknya.

  3. Saya suka… saya suka..
    buah favorit saya ni mba, klo udah makan manggis ga mau berhenti, sampai2 saya nanem pohonnya dipekarangan rumah, xixi… memang selain enak, buanyak bgt khasiatnya dr si manggis ini 🙂

    1. Wah, semangat banget untuk sehat. Kereen, andai saya punya pekarangan ya..bisa nanam pohon Manggis

  4. Setuju!! Manggis emang endes…Tapi saya lebih suka manggis kecil2 soalnya bijinya suka ga ada wkwkwkwk *ga mau rugi*

    1. hihihi, untung di tempatku Manggisnya lagi kecil-kecil nih Mba ipeh, jadi enak banget.

  5. aku suka banget manggis euy..byk manfaatnya y mbak

    1. Iya mba prana. Super si Manggis ini.

  6. Biar lagi musim tapi harga tetep lumayan mahal kalau disini mbak. Mungkin karena banyak manfaatnya 🙂

    1. Oh, mungkin pohon Manggis nya jarang disitu.. Ya

  7. Habis baca postingan ttg Queen of fruits ini bikin semangat beli buahnya.makasih y mbk.Ety dpet tambahan wawasan keuntungan makan buah tsb?

    1. Halo mba putri, sudah sehat ya. Seneng liat mba putri aktif lagi.
      Ayo mba mumpung lagi musim

  8. saya suka manggis
    setelah baca artikel ini baru tahu khasiatnya
    salam sehat dan semangat

    1. Siip, Lanjutkan om Han

  9. asal tau saja bu ety, ini buah kesukaan saya 😀

    1. Wah, salah satu penggemar buah manggis ternyata

  10. Wah, saya suka banget sama manggis 😀

    1. Bagus, bagus, bagus, jadi bisa merasakan manfaatnya.

  11. aku sukaaa manggissss mak ety… yeaaayyyy…

    1. Toos, Manda

  12. Alhamdulillah, aku demen banget sama manggis 😀

    1. Alhamdulilah, makan banyak-banyak, mumpung lagi musim

  13. Aku suka buah manggis. Apalagi kalau buahnya manis. Waah enaknya. Trs dulu ingat selalu diajarin tebak-tebak buah manggis 🙂

    1. Nebak isinya manggis ada berapa biji ya, Mba Alida?

  14. Buah manggis emang banyak banget manfaatnya ya, Mba. Selain itu rasanya memang enak banget. Saya ga pernah bosan mengkonsumsinya, apalagi kalo gratis, hehe.

    1. wah, yang terakhir itu aku juga sukaaa Mba. pake banget malah, qeqeqe.

  15. Saya suka manggis yang bijinya kecil jadi bisa ditelen hehehe kalo yang gede suka sayang ga ditelen hahaha..TFS mba jadi tau manfaatnya ^^

    1. Betul Mba Herva, saya seringnya dapat yang kecil nih.
      Tukang sayurnya bawa manggisnya kecil-kecil sih.

  16. Waahhh…iya nih, kangen buah manggis
    Udah musimnya belum yaa?
    Ternyata manfaatnya banyak yaa?
    Makasih infonya mak 🙂

    1. Lagi musim nih,Mak Aya.
      Ayo ke pasar, nanti keburu habis musimnya.

  17. Di sini, banyak sekali kebun manggis, mbak! Kebetulan memang lagi musimnya. Anak-anak suka sekali buah ini, tapi kalau saya hanya berani makan beberapa aja, takut kena maag-nya mbak.

    1. Wah, senangnya dekat dengan kebun manggis.
      Kalau sayabisa puas banget makan manggis di situ.

  18. aku suka buah ini, apalagi aku tinggalnya di kampung pondok manggis, sukaaa banget

    1. Nama kampungnya pondok manggis, banyak kebon manggis kah di situ?

  19. pernah coba buat juga nih dari kulit manggis, katanya bermanfaat gitu..eh tapi gagal 🙁 sedih banget

    1. Kulit manggis memang lebih besar kandungan xanthone nya mba.
      Saya juga belum berani bikin jus kulit manggis.

  20. aku rutin loh mbak konsumsi vitamin ekstrak kulit manggis ini… dan memang terasa bgt kok efeknya… apalagi ke kulit.. kalo tdnya aku minum vitamin kulit yg mahal2 itu, skr mah cukup si kulit manggis ini udh kecover semua masalah kulit.. trs kmrn itu awalnya beli ektrak kulit manggis krn kulitku ada yg luka dan ga kering2.. tapi minum pil ektrak manggis, lgs kering lukanya.. sejak itu tuh aku jd rutin ampe skr 😉

    1. Wah, bagus ini Mba Fanny. Bisa dicoba minum ekstrak kulit manggis saat buah manggis sudah tak musim lagi.

  21. Wah iya nih lagi musim manggis, aku setiap minggu beli 1-2 kilo mumpung lagi murah. Pas baca artikel ini jadi semangat terus buat makan manggis, biar terus sehat.

    1. Di tempatku sekilo 7500 mba Ratna, hari ini aku beli lagi. hihihi.

  22. Aku sukaaaaa banget sama manggis mba hehehhe. Sekarang si mama suka kumpulin kulitnya, Trus dipotong2 , dipanggang, diblender, lalu disedu dan diminum sendiri hihihihi. Sehat katanya.

    1. Iya Mba, kulitnya juga bermanfaat kok.
      Wah, keren nih mamanya mau repot bikin jus kulit manggis sendiri.

  23. Buah kesukaan aku banget ni mbak apalagi sekarang lg hamil saatnya makan manggis sampe puas hehehhe….

    1. Horeee, konsumsi asam folat dengan cara yang enak..semoga sehat terus Mba Muna.

  24. Manggis kesukaan aku banget…

    1. Sama Mba, toss deh.

  25. Wah manggis mah kesukaan saya juga, hanya saja di sini kok kecil-kecil ya 🙁 beda dengan tmpatku, agak besar

    1. Aku juga dapetnya kecil-kecil Mba Ranny.
      Biar kecil tapi manis kok, hehehe.

  26. Wah, buah manggis kesukaanku. Buah musiman, gak setiap hari ada. Lumayan mahal disini, padahal manfaatnya banyak.

    1. Iya mba sayangnya musiman.
      Kalau nggak musim minum ekstraknya saja..eh, iklan.

  27. wah pantees banyak yang jualan ekstrak manggis hahaha

    1. Iyaaaa, kulitnya juga bermanfaatnya soalnya.

  28. Roomances Blog says: Reply

    Tanpa menyertakan alasan, buah manggis juga sudah enak kok, menyehatkan lagi , hehe

    1. Betul, buat penggemarnya tanpa alasan apapun pasti suka aja.

  29. Saya suka banget buah manggis tp baru ini tau manfaatnya klu kulit manggis dah tau lama. Sayangnya buah manggis musiman jd klu ga musim harganya mahal…

    1. kesempatan lagi musim mba, konsumsi aja yang banyak.

  30. aaah..aku mauuu..terlepas dari semua manfaatnya, aku memang doyan bangeeet buah yang satu ini. Asli enak. Sayangnya di sini jarang dan kalau ada mahal bangeet

    1. Wah, iya, ini kan buah tropis ya.
      Di situ pasti mahal banget.

  31. Wah, pantas ya waktu aku kena tumor payudara banyak yang kasih saran minum ekstrak manggis, hihihi 🙂

    1. Iya Mba Indi, sekarang banyak kan ekstrak manggis, ya karena manfaatnya itu. hehehe

  32. Banyak banget manfaat mengkonsumsi buah manggis ternyata. Untung lah aku suka buah ini. Manis-manis asem. Artinya aku langsung memetik 5 manfaat di atas. Alhamdulillah 🙂

  33. Rosanna Simanjuntak says: Reply

    Sampai sekarangpun masih suka tebak-tebakan jumlah siung manggis
    Ada hawa-hawa magis
    Masa kecilku dihabiskan manjat manggis di belakang rumah
    Kasihan mama, baju suka kotor kena getahnya.
    Terus, permanen lagi. Maaf yaMa…

    1. Wah, senangnya punya pohon manggis.
      saya segede ini, suka makan manggis tapi belum pernah liat pohonnya secara langsung, lho.
      Penasaran, pengin manjat juga, eh

  34. Wah kabar gembira ini mbak…

    1. Sekarang manggis ada ekstraknya ya, qiqiqi.

  35. suka sih makan buahnya tapi belum pernah nyoba ngolah kulitnya

    1. Sama Mba, saya juga baru makan buahnyasaja.
      belum pernah merasakan kulitnya

  36. Betul tuh Mbak. Selain banyak manfaatnya, mengonsumsi buah manggis juga berarti kita mendukung petani buah lokal. Sekarang lagi musimnya nih, jadi sering beli buah manggis

  37. beli mangggis bisa habis sendiri sama aku mbak 🙂

  38. buah manggis memang memiliki banyak manfaat

    1. Betul Mba/mas

  39. Terkadang buah mangis nya ini susah loh mbak dicari.. saya emg suka sekali mengonsumsi buah manggis.

    1. Ety Abdoel says: Reply

      Iya memang, nggak setiap daerah ada ya. Siip, itu kebiasaan bagus

  40. Saya suka manggis buah yang dijuluki siratu buah sejagat ini 😀 dari Cara Berhijab Segi Empat

    1. Betul karena bermanfaat banget kan.

  41. wah wah wah.. sangat bermanfaat keknya.. perlu di aplikasikan di keluarga

  42. wah ternyata bayak sekali manfaatnya, baru tahu saya

  43. wah bakalan rutin makan ni buah!

Leave a Reply