5 Alasan Mengapa Sebaiknya Perempuan Mengonsumsi Buah Manggis

5 alasan menganpa perempuan sebaiknya mengonsumsi buah manggis

Buah Manggis memang sedang musim, ya!. Tiap hari, Mas tukang sayur langganan, selalu membawa buah ini. Mumpung lagi musim, saya pun puas-puasin makan buah Manggis. Nggak cuma saya sih yang suka, anak-anak dan suami juga suka. Apalagi, buah tropis yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dan bagi perempuan seperti saya, buah ini ternyata memberi manfaat yang tak sedikit, lho!. Apa alasannya?.

Bicara mengenai buah yang berkulit ungu kemerahan ini, saya jadi ingat iklan-iklan yang bersliweran di media. Jingle iklannya sampai sempat popular itu. Saya yang pada awalnya cuek, jadi ikut penasaran. Memang benar gitu, Manggis memiliki banyak manfaat buat kesehatan?. Hingga, ada produk ekstrak kulit Manggis segala.

Kepo, dong! Akhirnya saya pun searching di internet tentang buah manggis. Semua sumber yang saya baca, positif mengatakan jika buah yang dikenal dengan sebutan Queen Of Fruits mengandung antioksidan yang tinggi.

Dalam ensiklopedi Wikipedia disebutkan jika buah yang bernama binomial Garcinia mangostana ini, berasal dari Indonesia. Pohonnya bisa tumbuh setinggi 7 hingga 25 meter. Buah Manggis memiliki daging buah yang berwarna putih dan agak berair. Rasanya manis dan ada rasa asam-asamnya sedikit. Kalau buat saya, segar karena jadi nggak terlalu manis.

Dalam setiap satu buah Manggis, terdiri dari beberapa siung daging buah. Orang kadang suka menghubungkan jumlah siung buah dengan jumlah kelopak yang ada dibagian bawah buah. Jika kelopaknya 5 maka banyaknya suing buah juga 5. Benarkah demikian? Buktikan sendiri ya, teman! Ceritanya tebak-tebak buah Manggis.

Kembali ke soal manfaat buah Manggis, ini tak lepas dari kandungan zat yang ada di dalamnya. Ternyata zat-zat tersebut bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan perempuan karena beberapa penyakit yang biasa diderita kaum hawa ini bisa dicegah oleh kandungan zat yang ada dalam buah Manggis ini.

Jadi  ada 5 alasan mengapa perempuan sebaiknya mengonsumsi buah Manggis ini:

  1. Untuk kecantikan kulit. Hm, perempuan mana yang tidak ingin kulitnya halus dan sehat. Setiap perempuan pasti pengin. Kalau nggak, klinik kecantikan nggak bakalan menjamur, kan!. Nah, dalam Manggis ini terdapat senyawa antibakteri yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, noda hitam, kulit berminyak dan eksim pada kulit. Selain itu mengandung antiokasidan katekin yang mampu menangkal radikal bebas sehingga bisa menjadikan kulit awet muda.buah_manggis
  2. Terhindar dari penyakit kanker. Sebagai perempuan, ada satu momok yang menakutkan yaitu penyakit kanker. Beberapa kanker memang menyerang kaum perempuan seperti kanker payudara. Dalam buah Manggis ini ada senyawa antikanker yang disebut sebagai Xanthone. Senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk lebih maksimal menyerap manfaatnya bisa juga dengan mengonsumsi ekstrak kulit Manggis, karena kandungan Xanthone terbesar ada pada kulitnya.
  3. Memiliki bayi yang sehat. Pada saat hamil perempuan membutuhkan asupan Asam Folat dalam jumlah cukup untuk kebutuhan tumbuh kembang otak janin dan tulang belakangnya. Asam Folat yang cukup akan menghindarkan bayi dari cacat otak dan tulang belakang. Biasanya memang, dokter akan memberikan Asam Folat, namun jika ada sumber alami akan lebih baik.
  4. Untuk daya tahan tubuh yang prima. Menjadi perempuan itu harus tangguh, karena ada banyak hal bergantung pada pundak perempuan. Merawat dan mendidik anak, bekerja, mengurus rumah, dan lain-lain membutuhkan stamina yang baik. Asupan Vitamin C yang yang cukup akan membuat perempuan tak gampang sakit. Vitamin C juga berguna mencegah sariawan.
  5. Terhindar dari Sembelit karena mengandung serat yang tinggi. Serat merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Apalagi ketika hamil, sembelit kerap dialami ibu hamil. Mengonsumsi buah Manggis bisa membantu organ pencernaan bekerja dengan baik.

Sebagai perempuan saya tentu ingin senantiasa sehat. Dijauhkan dari segala penyakit yang berbahaya dan memiliki kulit yang cantik terawat. Cara alami seperti mengonsumsi buah Manggis ini adalah cara sederhana dan murah untuk sehat.

Bicara mengenai perawatan kulit, terus terang saya ini termasuk yang belum pernah melakukan perawatan kulit di salon maupun klinik kecantikan. Padahal pengin juga merawat kulit. Bukan anti dengan perawatan di klinik kecantikan, saya berusaha berhati-hati saja karena kawatir tidak cocok dengan jenis perawatan kulit yang ditawarkan.

Sebenarnya, ada teman yang merekomendasikan sebuah klinik kecantikan tapi sayanya yang masih maju mundur cantik, hiks,hiks,hiks. Jadi, sementara rajin mengonsumsi buah Manggis saja dulu, yang mudah dan murah.

Yang paling utama sih, sebenarnya soal manfaat bagi kesehatan tubuh saya. Tugas sehari-hari banyak menyita energi dan emosi jadi memerlukan nutrisi yang menunjang stamina. Termasuk agar bisa terhindar dari penyakit kanker yang berbahaya itu.

5 alasan di atas cukup jadi motivasi saya untuk mengonsumsi buah Manggis selagi musim. Ada pengalaman dengan buah Manggis, teman-teman?. Boleh lho, share pengalaman dengan Queen Of Fruits ini di kolom komentar.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

78 thoughts on “5 Alasan Mengapa Sebaiknya Perempuan Mengonsumsi Buah Manggis

  1. Saya suka… saya suka..
    buah favorit saya ni mba, klo udah makan manggis ga mau berhenti, sampai2 saya nanem pohonnya dipekarangan rumah, xixi… memang selain enak, buanyak bgt khasiatnya dr si manggis ini 🙂

  2. aku rutin loh mbak konsumsi vitamin ekstrak kulit manggis ini… dan memang terasa bgt kok efeknya… apalagi ke kulit.. kalo tdnya aku minum vitamin kulit yg mahal2 itu, skr mah cukup si kulit manggis ini udh kecover semua masalah kulit.. trs kmrn itu awalnya beli ektrak kulit manggis krn kulitku ada yg luka dan ga kering2.. tapi minum pil ektrak manggis, lgs kering lukanya.. sejak itu tuh aku jd rutin ampe skr 😉

  3. Aku sukaaaaa banget sama manggis mba hehehhe. Sekarang si mama suka kumpulin kulitnya, Trus dipotong2 , dipanggang, diblender, lalu disedu dan diminum sendiri hihihihi. Sehat katanya.

  4. Banyak banget manfaat mengkonsumsi buah manggis ternyata. Untung lah aku suka buah ini. Manis-manis asem. Artinya aku langsung memetik 5 manfaat di atas. Alhamdulillah 🙂

  5. Sampai sekarangpun masih suka tebak-tebakan jumlah siung manggis
    Ada hawa-hawa magis
    Masa kecilku dihabiskan manjat manggis di belakang rumah
    Kasihan mama, baju suka kotor kena getahnya.
    Terus, permanen lagi. Maaf yaMa…

    1. Wah, senangnya punya pohon manggis.
      saya segede ini, suka makan manggis tapi belum pernah liat pohonnya secara langsung, lho.
      Penasaran, pengin manjat juga, eh

  6. Betul tuh Mbak. Selain banyak manfaatnya, mengonsumsi buah manggis juga berarti kita mendukung petani buah lokal. Sekarang lagi musimnya nih, jadi sering beli buah manggis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *