Review 7 Langkah Mudah, Sukses Menjadi Blogger Profesional And Blog Tour

 photo Review.jpg

Judul Buku                          : 7 Langkah Mudah Sukses Menjadi Blogger Profesional

Penulis                                 : Ika Mitayani

Penerbit                              : SukaBacaTulis.com

Satu pertanyaan saya selama menekuni dunia blogging adalah apakah Blogger bisa menjadi profesi yang menjanjikan?. Melihat begitu banyaknya testimoni yang menggiurkan dari mereka yang menuai hasil manis menjalani profesi Blogger sepertinya memang bisa. Tapi, jika melihat apa yang saya jalani selama ini, ehm, ada jalan panjang yang harus dilalui. Itupun belum jua sampai pada taraf seperti mereka itu.

Lalu mengapa mereka bisa sementara saya belum mencapai kesana?. Adakah syarat-syarat yang belum saya penuhi?. Atau mungkin, hal-hal yang senantiasa dilakukan blogger itu sementara saya belum melakukannya. Guna mendapatkan jawaban dari pertanyaan tadi, ikutlah workshop,diskusi, grup sharing tentang blogging. Tak ketinggalan pula baca buku tentang blogging karangan siapa pun.

Salah satunya, buku 7 Langkah Mudah Sukses Menjadi Blogger Profesional, karya Ika Mitayani, seorang Mom Blogger yang telah ngeblog sejak tahun 2005. Perempuan asli Solo ini, menuliskan pengalaman ngeblognya dari awal ngeblog hingga kini.

Ngeblog yang dulunya sebagai sarana curhat kemudian berkembang menjadi sesuatu yang menjanjikan materi. Ika pun menangkap fenomena ini dan kemudian berdasarkan apa yang dijalaninya selama ini, ia menyusun buku tersebut agar bisa menjadi panduan bagi blogger pemula yang tertarik dengan dunia monetize blog.

Buku ini terdiri dari 7 bagian, bagian pertama mengupas blog dari awal seperti tujuan ngeblog, manfaat ngeblog, cara menjadi blogger, menentukan tema blog bahkan tipe-tipe blogger menjadi poin bahasan buku ini.

Bagian kedua secara khusus membahas mengenai konten blog. Bagaimana cara membuat konten dimulai dari cara menulis judul, membuat opening artikel, isinya dan penutup agar menarik untuk dibaca oleh banyak orang.

 photo 7-langkah-menjadi-blogger-profesional1.jpg

Wajar jika konten mendapat bahasan tersendiri karena konten itu memang nafas sebuah blog. Ibarat nafas maka keberadaan konten sangat penting bagi kelangsungan sebuah blog. Konten yang menarik dan memiliki keterikatan dengan pembaca akan menarik untuk dibaca dan dibagi secara luas.

Untuk bisa membuat konten yang menarik memang ada tekniknya. Selain itu, jam terbang juga penting. Semakin sering menulis maka kemampuan membuat konten menarik akan terasah pula. So, ini memang ada prosesnya, ya.

Bagian ketiga membahas tentang ide. Memang, ide itu bertebaran sebetulnya. Contoh, ketika anak sakit, ini bisa jadi ide menarik ketika kemudian dituliangkan dalam tulisan yang tak hanya curhat tapi juga apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak sakit. Jadi, ada sisi manfaat yang bisa didapat oleh pembaca. Ini bukti bahwa ide sebetulnya banyak, yang dibutuhkan adalah kemampuan mengolah ide tadi. Sudut pandang yang menarik untuk diangkat.

Ada empat bagian lagi yang memberikan wawasan tentang kegiatan blogging secara profesional. Buku ini selain memberikan tips-tips menjadi blogger profesional juga memberikan bonus berupa daily blog checklist. Checklist ini akan membantu blogger untuk memenej aktifitas hariannya, seperti mengatur jadwal potingan, jadwal sharing jadwal blogwalking, dan lain-lain.

 photo daily-blog-checklist1.jpg

Terakhir, nih, tips-tips ngeblog banyak bertebaran. Tapi, jangan perlakukan tips itu seperti mantra, yang bisa langsung nyata efeknya. Blogging itu membutuhkan effort, jadi jangan kaget kalau untuk menjadi Blogger Profesional itu harus berpeluh bahkan berdarah-darah. Abaikan yang terakhir, itu lebay, qeqeqe.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai buku 7 Langkah Mudah Sukses Menjadi Blogger Profesional. Nah, bagi yang ingin mendapatkan buku ini secara gratis, ada nih, akan saya bagi, syaratnya, ikutan kuis, ya!. Gampang, kok!. Cukup jawab pertanyaan di bawah ini, di kolom komentar blog ini.

“Seperti apa sih, Blogger Profesional di mata teman-teman?.”

Caranya :

  1. Follow Twitter @etyabdoel dan like fanpages etyabdoel.com
  2. Follow Twitter @ikamitayani
  3. Jawab pertanyaan di kolom komentar dengan format menyebutkan akun twitter kemudian baru jawaban kuis.
  4. Periode kuis berlangsung dari tanggal 18 Mei-1 Juni 2016.
  5. Hadiah tersedia untuk dua orang pemenang, yaitu buku 7 Langkah Mudah Sukses Menjadi Blogger Profesional untuk pemenang pertama dan satu buah pashima dari Florita Hijab untuk pemenang kedua.

Pemenang blogtour akan dipilih oleh Penulis buku ini, ya dan diumumkan dua minggu setelah penutupan. Yuk, ikutan kuis ini teman-teman!

 photo 208db4e3-f52a-4152-a4b5-8b8c0edfdee7.png

36 thoughts on “Review 7 Langkah Mudah, Sukses Menjadi Blogger Profesional And Blog Tour

  1. Asikk kuisss… Menurut manda, blogger profesional itu blogger yang tahu tanggung jawab dan kerjaannya sebagai blogger. Misal event, disuruh liputan ya bikin liputannya. Misal pny blog ya blognya selalu update. Misal membranding suatu merk X, a tidak menerima job merk Y yg produknya sejenis. Bagi sya, Blogger profesional tidak meributkan fee yang diperoleh, melainkan berbuat seprofesional mungkin agar fee nya juga menyesuaikan. Lalu, blogger profesional juga akan membangun hubungan yg baik dengan sesama blogger, perusahaan yg menghire kita,dan agency. Begitu ya menurut saya. Salam, ima

  2. Akun twitter: @arinta_arinta

    Jawaban kuis: Jika menilik pada kata profesi yang memiliki arti bidang pekerjaan yang dilandasi keahlian/ketrampilan tertentu, maka menurut saya Blogger Profesional adalah blogger yang tak hanya menjadikan kegiatan blogging sebagai hobi, namun juga menjadikan keahliannya itu sebagai salah satu cara mendapatkan income. Dan untuk bisa disebut “ahli”, kemampuannya harus di atas rata-rata. 🙂

  3. Akun twitter: @ardibars
    Blogger Profesional adalah…
    Blogger: orang yang ngeblog
    Profesional: orang yang master dan mumpuni di bidangnya.
    Jadi, blogger profesional itu orang yang ngeblog secara mumpuni.
    Gimana bisa mumpuninya? Ya dengan belajar dan terus belajar. Ambil kesempatan dan perbanyak koneksi di bidang blogging. Dengan jam terbang dan pengalaman itu lama-lama nanti jadi profesional

  4. Akun twitter : @mymoyi

    Menurutku blogger profesional itu adalah orang yang bekerja dan menekuni pekerjaan ngeblog dengan sepenuh hati. Ia juga harus memiliki target tertentu yang ingin dicapai, dan membuat target yang achievable. Selain itu, seorang blogger profesional tentu sangat menghargai waktu, sehingga ia selalu disiplin dalam pekerjaannya. Dengan dedikasi tinggi dan ketekunannya tadi, blogger bahkan bisa mendapatkan benefit dalam bentuk penghasilan dari kegiatan ngeblognya. Intinya, pekerjaan yang ditekuni dengan serius juga bisa menghasilkan :).

  5. ahaaa my twitt @nchiehanie1
    Hmm blogger profesional adalah Blogger yang bisa menempatkandan membawa diri dimanapun mereka berada, baik dalam acara undangan, kopdar dllnya. Dan satu hal blogger profesional biasanya down to earth eeaaa alias ga sombong apalg nyinyir uhuk dan siap menerima saran dan kritik dari mantemannya.
    *menurutku yaaaa

  6. Blogger Profesional itu Buat Saya, blogger yang bisa menempatkan diri di beragam situasi. tepat waktu. berperilaku positif dan gemar menebar manfaat. Tidak pelit dengan ilmu, tidak merasa merugi saat berbagi. Serta ramah pada blogger pemula lainnya.

    Berdiri sama Tinggi, Duduk Sama Rendah.

    terima kasih mba Ety untuk ulasan bukunya 🙂

  7. Menurut ku, blogger professional adalah blogger yang merawat blognya dengan postingan-postingan, baik postingannya berupa : aktifitas sehari-hari, jobReview, placements dan sebagainya.

    Jadilah blogger yang menginspirasi lewat aksi dan karya 🙂

    Salam

    @kakdidik13

  8. Twitter @HarieKhairiah
    Blogger profesional, blogger yang tau tugas dan tanggung jawab sebagai blogger nggak asal nulis di blog demi sebuah trafik apalagi sampai copy paste tulisan orang tanpa menuliskan sumbernya

  9. Ikutan jawab aaah…
    Twitter : @nengnunung

    Blogger profesional menurut saya ituu :
    1. Rajin ngeblog, jangan sampai blognya banyak sarang laba-laba
    2. Pegang kode etik, kalau diundang untuk hadir di event, jangan lupa tulis reportasenya. Kalau ada kontrak dengan satu brand jangan ambil brand lain. Kalau tetep maksa pakai blog yang berbeda #etdah.
    3. Selalu mau belajar untuk upgrade kemampuan blogging.
    4. Bangun jejaring dengan blogger, buzzer, atau stakeholder (bahasanyaa) dunia blogging lainnya
    5. Tulis sesuatu yang dikuasai atau diketahui. Jangan asal nulis modal copy paste.
    6. Kudu tahu caranya how to improve their blog.

    Udeh itu aja, kurang sih, tapi udah ah #apasihneng

    :*

  10. Ikutan ya Mbak Ety…

    Professional Blogger versi aku:
    Pertama dan penting banget bahkan mutlak, buat aku ya harus menulis dengan jujur.
    Lalu, tulisan-tulisannya bermanfaat. Bermanfaat di sini enggak kudu yang sifatnya serius atau berat-berat ya. Tulisan lucu-lucuan juga bisa menjadi bermanfaat.
    Yang penting juga, harus bersedia terus belajar. Zaman bergerak terus, teknologi berubah, maka hanya yang mau belajar yang akan survive.

    Demikian menurutku Mbak. Semoga berkenan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *