Cara Check In Mandiri Di Stasiun Kereta Api

Cara Check In Mandiri Di Stasiun Kereta Api. Tanggal 6 Juni 2016, saya mengantar adik ke Stasiun Balapan. Adik saya ini mau pulang menuju Purwokerto dengan naik kereta api Joglokerto. Biasanya, setelah membeli tiket, prosedur selanjutnya adalah menuju pintu masuk dengan melalui pemeriksaan tiket terlebih dulu. Tiket akan dicocokan dengan identitas diri lalu diberi stempel. Jika ini clear maka dipersilahkan menuju jalur yang ditentukan. Ternyata, kemarin itu ada prosedur baru yang harus dilalui yaitu check in mandiri.

Terus terang saya baru tahu lho, kalau sekarang PT KAI memberlakukan check ini mandiri. Terakhir suami pulang ke Surabaya, awal Mei lalu belum ada prosedur semacam itu. Dari adik, saya mendapat informasi jika di saat berangkat dari Stasiun Purwokerto pada tanggal 28 Mei 2016, check in mandiri itu sudah diberlakukan.

Ternyata saya memang ketinggalan informasi. Prosedur check in mandiri untuk kereta api, pertama diberlakukan di Stasiun Bandung untuk keberangkatan kereta api jarak jauh, pada 22 April 2016. Sementara itu pemberlakuan sistem check in mandiri di stasiun kereta api lainnya dilakukan secara bertahap. Menurut informasi, check in mandiri di Stasiun Balapan dan Purwosari berlaku sejak awal Juni 2016.

check in mandiri

Menurut PT KAI, pemberlakuan sistem check in mandiri dimaksudkan untuk meningkatkan layanan kepada para penumpang. Cara ini diyakini akan memangkas panjangnya antrean, membasmi praktik percaloan pada pembelian tiket kereta api, maupun penjualan tiket palsu.

Menjelang musim mudik Lebaran 2016 yang sudah di depan mata, sistem baru ini harus diketahui oleh para calon penumpang. Tujuannya agar proses boarding pass bisa lancar dan tak memakan waktu yang lama. Mengingat, saat mudik biasanya terjadi lonjakan penumpang hingga lipatan kali dibanding hari-hari biasa.

Oleh karena itu, saya bermaksud berbagi pengalaman melakukan boarding pass melalui tulisan ini. Semoga bisa membantu, ya.

Bagaimana Cara Check In Mandiri?

Berbeda dengan cara check in yang berlaku sebelumnya dimana  dilakukan secara manual oleh petugas maka check in mandiri ini dilakukan oleh penumpang kereta api di counter check in Setelah ada kecocokan identitas, maka penumpang akan memperoleh boarding pas. Nah, boarding pass inilah yang digunakan oleh penumpang untuk masuk ke stasiun untuk memperoleh jasa kereta api sesuai dengan yang tertera di boarding pass.

check in mandiri
counter check in

Namanya sistem baru, pasti membutuhkan sosialisasi ya agar para penumpang kereta api mengetahui keberadaan sistem baru ini. Kalau berdasarkan pengamatan saat saya mengantar adik, banyak penumpang yang belum tahu adanya prosedur check in mandiri. Beberapa dari mereka pun masih bingung cara melakukan check in tersebut sehingga harus dibantu petugas.

Ribet nggak sih proses check in nya?. Menurut saya sih nggak ribet, hanya saja bagi yang tidak familiar dengan komputer barangkali akan kesulitan.

Jadi, begini langkah check in mandiri di stasiun kereta api:

  1. Bawa tiket asli atau struk transaksi atau email atau sms notifikasi
  2. Masukkan kode booking yang ada pada tiket resmi maupun struk bukti pembelian tiket. Cara memasukkan kode booking bisa dengan mengetikkan kodenya secara manual, atau cara kedua dengan menscan kode barcode yang ada pada tiket.
  3. Setelah muncul data identitas yang sama dengan yang tertera di tiket tinggal klik pilihan cetak/print, maka boarding pass akan tercetak.
  4. Menuju boading gate/pintu masuk untuk pemeriksaan tiket, boarding pass dan ID Card.

Cara menscan nya sama seperti yang dilakukan oleh kasir minimarket/supermarket, kode barcode yang tertera di tiket arahkan ke alat kotak berwarna hitam seperti pada gambar di atas. Jika terbaca, maka data penumpang tiket akan muncul di layar monitor. Jika belum terbaca, coba lakukan lagi.

check in mandiri
check in mandiri

Waktu saya melakukannya tempo hari sih, cepat banget sekitar 7 detik saja. Namun bagi yang belum familiar mungkin bisa lebih lama. Tapi tenang, jika ada yang kesulitan melakukan check in mandiri, akan ada petugas yang stand by di dekat counter check in dan siap membantu.

Setelah mendapatkan boarding pass maka penumpang bisa menuju ke pintu masuk stasiun dengan menyerahkan tiket, boarding pas dan identitas diri yang berfoto seperti KTP, SIM atau paspor yang masih berlaku. Bagaimana jika kartu identitas yang dipakai untuk boarding pass berbeda dengan kartu indentitas saat membeli tiket? Ternyata, bisa kok boarding dengan kartu identitas lainnya, asal berfoto dan masih berlaku.

check in mandiri
boarding pass

Kapan Boarding Pass Bisa Dilakukan?

Saat ini boarding pass bisa dilakukan 12 jam sebelum keberangkatan. Durasi ini diberikan untuk menghindari antrean panjang saat boarding pass. Lalu kapan paling lambat bording pass bisa dilakukan? Menurut saya sih ikut anjuran PT KAI saja, yang menghimbau agar penumpang sudah tiba di stasiun 15 menit sebelum keberangkatan.

Maksudnya, agar penumpang memiliki cukup waktu dan menghindari kepanikan saat keberangkatan kereta tinggal sebentar lagi. Lebih baik menunggu lebih lama di stasiun daripada mepet waktu dan ternyata ada prosedur baru yang harus dilalui. Sementara itu, kita belum paham. Apalagi jika kita pergi dengan rombongan maka waktu yang dibutuhkan untuk boarding pass akan lebih lama.

Di Stasiun Mana Saja Boarding Pass Bisa Dilakukan?

Boarding pass hanya bisa dilakukan di stasiun keberangkatan. Jadi,  perhatikan baik-baik prosedur ini agar tak ditolak saat check in di stasiun lain.

Bagaimana dengan cetak tiket mandiri?

Selama ini penumpang kereta api diberi keleluasan dalam membeli tiket. Bisa membeli tiket secara langsung di stasiun, membeli secara online maupun membeli tiket di minimarket maupun pihak yang memiliki kerjasama secara resmi.

Nah, bagi mereka yang membeli tiket secara online maupun yang membeli di minimarket dan lain-lainnya itu, selama ini kan harus cetak tiket mandiri setelah mendapat bukti pembayaran. Dengan adanya check in mandiri maka penumpang dengan bukti struk pembayaran tidak perlu lagi cetak tiket mandiri. Bisa langsung check in dengan menggunakan kode booking pada struk pembayaran.

Stasiun Mana Saja Yang Menerapkan Check in Mandiri?

Untuk sementara ini belum semua stasiun kereta api menerapkan prosedur check in mandiri. Berikut ini daftar stasiun yang menerapkan check in mandiri:

DAOP 1

  • Stasiun Gambir mulai diberlakukan tanggal 23 Juni 2016

DAOP 2 

  • Stasiun Bandung
  • Stasiun Kiaracondong
  • Stasiun Cimahi
  • Stasiun Purwakarta
  • Stasiun Banjar
  • Stasiun Cipendeuy
  • Stasiun Tasikmalaya
  • Stasiun Ciamis
  • Stasiun Cibatu

Daop 5

  • Stasiun Slawi
  • Stasiun Bumiayu
  • Stasiun Purwokerto
  • Stasiun Kroya
  • Stasiun Cilacap
  • Stasiun Gandrungmangun
  • Stasiun Sumpiuh
  • Stasiun Gombong
  • Stasiun Kebumen
  • Stasiun Kutoarjo
  • Stasiun Karanganyar

DAOP 6

  • Stasiun Tugu
  • Stasiun Lempuyangan
  • Stasiun Purwosari
  • Stasiun Balapan

Informasi ini saya dapatkan dari PT KAI melalui akun twitter @KAI121. Untuk stasiun lainnya, belum ada keterangan lebih lanjut. Nanti kalau ada informasi terbaru, akan saya update di sini.

Sebagai penumpang setia kereta api, dan berencana mudik dengan kereta api menjelang lebaran nanti, saya memiliki harapan pada PT KAI. Harapan saya mungkin jadi harapan penumpang lainnya yaitu pelaksanaan setiap prosedur yang berlaku di stasiun bisa berjalan lancar, aman dan nyaman.

check in mandiri
petugas membantu para penumpang melakukan check in

Ada beberapa poin, yang ingin saya sampaikan, diantaranya:

  1. Sosialisasi lebih intens mengenai sistem check in mandiri.
  2. Mesin check in hendaknya tersedia dalam jumlah memadai agar tak terjadi antrean panjang.
  3. Sediakan petugas yang jumlahnya memadai untuk membantu para penumpang yang kesulitan melakukan check in mandiri. Terutama di musim arus mudik dan arus balik. Agar penumpang yang kesulitan tak menghambat proses check in penumpang lain

Kereta api seperti yang biasa kita lihat, memang menjadi moda transportasi andalan bagi banyak orang termasuk saya sekeluarga. Selain harga tiketnya terjangkau, kereta api sekarang semakin baik layanannya. Bahkan untuk penumpang kelas ekonomi sekalipun.

Kereta api tak mengenal kemacetan, sehingga efisien dari sisi waktu. Apalagi, PT KAI terus berupaya untuk membuat jalur ganda (double track) untuk memangkas waktu tempuh. Jika ada dua kereta api yang melaju dari arah yang berlawanan maka tak perlu lagi seperti dulu. Salah satu kereta api harus berhenti dulu menunggu kereta lain lewat. Kalau dulu, biasanya kereta kelas ekonomi yang harus mengalah. Itulah mengapa, naik kereta api ekonomi jaman dulu tuh suka lamaaaa nyampenya.

Teman-teman bermaksud melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kereta api?. Perhatikan cara check in mandiri di stasiun kereta api, ya! agar perjalanan teman-teman lancar dan nyaman.

Selamat Mudik!

kulit tetap lembab dan elastis

51 Comment

  1. Maak… Tengkyu banget. Pas banget ini. Aku baru cari info soal boarding pass kereta. Kemarin cuma baca sekilas di Balapan. Pas di Stasiun Senen belum diberlakukan.

    Oya tambahan info, pengalaman kakakku di Bandung. Di tiket tertulis St Kiara Condong, tapi dia check in mandiri di St Kota Bandung. Alhasil ditolak karena ga sesuai. Jadi musti ke St Kota

    1. Oke Mbaaa. Makasih tambahan infonya ya.
      Dah kutambahkan infonya..

  2. Yoga Purnama Putra Perdana says: Reply

    bermanfaat sekali informasinya buat saya yang mudik ke solo lebaran nanti, thanks mbak, baru tau pertama kali kalau sekarang bisa cek in mandiri

    1. Iya Mas Yoga. Memang masih baru saja kok.

  3. Kepngen naik kereta api lagi…
    kira-kira di jember ada apa nggak yah, hhee
    Emang lebih hemat dan nyaman bprgian menggunakan transportasi kereta api 😀

    1. Silahkan Mba Rohmah…Anak-anakku suka naik kereta.

  4. wah membantu ini ulasannya, kebetulan tanggal 1 juli mau berangkat ke surabaya naik kereta api. thanks infonya..

    1. Sama-sama.
      Untuk Surabaya sptnya belum menerapkan check in mandiri. Blm ada update lagi dr PT KAI

  5. Lebih praktis pake cara begini menurutku siy ya, jadi calon penumpang juga bisa lebih tertib saat check in. Dan yang paling penting, belajar untuk lebih mandiri, kayak di luar negeri. Hehehe :D.

    1. Nah, itu dia Mba Molly, biar kalau ke luar negeri gak kaget ya..

  6. Jadi lebih gampang ya, membiasakan juga biar ga kaget kalo ke luar negeri :D. Btw, mak Ety pulang kampung juga ga?? Mudik mudik…

    1. Iya Mba Ipeh. Latihan dulu biar gak bingung.
      Aku mudik dong..

  7. Wahh… TFS Mba. Baru tahu prosedur ini.

    1. Sama-sama mba.

  8. Enak kalo ga antri kelamaan ya Mba..
    Makasih banget infonya.. Tapi semarang belum ya.. Baru jalur selatan kalo di liat di atas ^^

    1. Iya Mba, semoga nggak padamepet check in nya biar nggak antri.
      Iya mba, untuk jalur utara belum ada update.

  9. terakhir perjalanan dari solo balapan belum check in mandiri, 4 bulan yang lalu sih 🙂

    1. Kalau 4 bln lalu memang blm Mba Mariana. Bari awal Juni ini berlakunya.

  10. Waahh, nambah terus pelayanan KAI yaa. Memudahkan banget buat mempercepat waktu. Tapi buat yg kesulitan, bisa bikin macet euyyy

    1. Tenang, ada petugas yg mbantuin kok Mba Maya.

  11. Rasanya … kami belum pernah melakukan check in seperti ini.

    Bunda kemarin caranya adalah … beli tiket di “Mini Market” sejuta umat itu …
    Lalu pas hari H … merapat ke mesin tiket … ketik kode booking (atau yang semacamnya)
    Keluar deh tiket asli …

    Ini sama nggak ya ?

    Salam saya

    1. Kalau sekarang gak perlu cetak tiket asli Om kalau beli tiket lewat minimarlet.
      Jadi langsung masukkan kode booking nanti yg keluar boarding pass.

  12. Makasih mak ety, infonya..

    1. Sama-sama Manda..

  13. Wah, ini pengetahuan baru untuk saya, Mbak.
    Jadi, nanti tiket kita ditukar dengan boarding pass itu ya..? Boarding pass-nya di print di tempat check in mandiri itu?
    Malah banyak menggunakan kertas ya, Mbak. he..he..he..

    1. Betul Mba Nurul.
      Ya itu konsekuensinya.

  14. Enaknya kalau kyk gini lbh tertib dan penumpang sesuai tiket. Nggak enaknya klo pas lg bawa barang berat, yg antar gk bisa bantuin bawa. Mau sewa porter gk jelas tarifnya 🙁

    thx infonya mbak 😀

    1. Betul Mba April, harus pinter-pinter nawar.

  15. Check in mandiri sebenarnya sangat mudah, tapi banyak yg tak tahu caranya.
    Makasih sudah bagi info yang bermanfaat mbak

    1. Iya Mba Susi hanya perlu sosialisasi dan pembiasaan saja.

  16. Aku kok jadi bingung ya mbak.. Kan kemarin cetak mandiri ya abis cetak kan tunjukin ktp sama tiket terus masuk.
    Sekarang check in mandiri, cetak tiket lalu ke mesin check in dan keluar boarding pass, lalu antri masuk lagi.. heh >.<
    Jadi : cetak tiket – check in mandiri – antri masuk, gitu kah mbak?
    Memang bagus sih check in mandiri ini untuk meminimalisir calo itu, hanya saja perlu disosialisasikan lagi biar step by step nya itu diketahui sama masyarakat. Apalagi sekarang udah berlaku dan sosialisasi kayaknya minim, apa ini nggak masalah baru lagi kah saat di statsiun? di mana orang pada bingung 🙁

    1. Kalau di stasiun itu sudah menerapkan check in mandiri maka penumpang gak perlu lagi cetak tiket mandiri.
      Langsung masukkan kode booking yg ada pada struk pembayaran. Nanti dpt boarding pass nya.

  17. Aku udah jarang banget naik kereta api, mba. Tapi saudaraku sering naik ekreta api. Ini berguna baget bagi pengguna kereta api. Makasih infoonya ya, mba. Skarang sudah semakin canggih ya stasiun-stasiun kereta apinya 🙂

    1. Betul Mba, layanannya semakin baik dari hari ke hari.

  18. beberapa tahun lalu pas pertama kali system check in mandiri diterapkan di gambir sy udah pernah niha praktikin poas liburan sm anak2 ke Cirebon
    ada petunjukknay di samping jd lumayan terbantu
    tp dah lama sekarang lupa lagi hahaha

    1. Hehehe, kalau ada petunjuk semoga nggak bingung, ya.

  19. Info yg penting bgt nih mba untuk para mudikers 🙂
    Saya sendiri pernah coba beberapa bulan lalu.
    Nyaman ya, relatif mudah pula.
    So far, PJKA udah banyak inovasinya.. 🙂

    1. Iya Mba, semoga para mudikers bisa lancar perjalanannya.

  20. sudah sering chek in juga, tapi lebih sering beli tiket paramex bu eh pramex :))

    1. Hehehe, sakit kepala kali Pak kalau Paramex

  21. Elkilani Kurnia says: Reply

    oooohhh begini, kemarin beberapa waktu yang lalusaya kikuk mau check ini mandiri gak bisa caranya hahah.. sekarang udah bisa, makasih mbak

    1. Alhamdulillah kalau gitu.
      Sama-sama Mba.

  22. Terimakasih infonya..
    saya mau tanya misal naik kereta dari kroya ke senen .chek in nya di banjar bisa gak ya..terimakasih

    1. Sama-sama Mas Rasimin.
      Padaawal diberlakukannya sistem ini sih bisa Mas, check in nya di stasiun lain asal stasiun itu beradadi jalur yang akan dilewati. Tapi, pernah ada teman yang mengatakan kalau itu nggak boleh.
      Saran saya, cb tanya ke humas PT KAI di twitter nya, agar lebih jelas.

  23. Mbak tanya, kalo saya check in mandiri di stasiun asal misal St kota Surabaya, kan keluar tiket tuh, tp saya naik dari st gubeng bs ngga ya?

    1. Coba tanya ke twitter PT KAI Mas Irfan, untuk lebih jelasnya.

  24. hehehe, infonya sanagat bermanfaat mbak, thanks yah. n satu lagi mbak, berarti setelah dapet struk misalnya dari Indomaret,apakah di stasiun masih harus mencetak tiket seperti biasanya? atau langsung Check in? thanks atas jawabannya

    1. Langsung cetak boarding pass Mas.

      1. enggak cetak mandiri dulu yah?

  25. di sta madiun kini ada 2 ruang tunggu.sebelum dan sesudah boarding pass.jadi prosedurnya adl penumpang datang, check in cetak tiket boarding,duduk menunggu jadwal boarding -+ 1jam sblm jadwal berangkat,boarding,duduk menunggu jadwal masuk peron -+5mnt sblm kereta datang.kini tidak ada lagi tempat duduk di peron.cara ini membuat saya merasa nyaman sekali.tidak ada hiruk pikuk orang bingung panik takut ketinggalan atau salah kereta

  26. CaraTerbaru.ID says: Reply

    Nampaknya bisa menjadi panduan supaya saya bisa beli tiket kereta api kedepannya. Makasih sudah berbagi 😀

Leave a Reply